Comscore Tracker

Saudi Tutup Pintu, 1.300 Calon Jemaah Umrah Gagal Berangkat Hari Ini

Sebanyak 700 calon jemaah sudah terbang ke Arab Saudi

Tangerang, IDN Times - Sebanyak 1.300 calon jemaah umrah pada hari ini, Kamis (27/2), batal berangkat ke Arab Saudi untuk melaksanakan ibadah umrah. Mereka sempat menumpuk di Bandara Soekarno-Hatta usai Arab mengeluarkan keputusan menutup akses kunjungan dari seluruh negara, baik untuk umrah atau tujuan wisata, demi mencegah penyebaran virus corona. 

Ribuan calon jemaah tersebut berasal dari sembilan penerbangan yang awalnya dijadwalkan berangkat pada hari ini. PT Angkasa Pura (AP) II  pun memulangkan calon jemaah yang sempat tertahan itu ke daerah masing-masing menggunakan transportasi darat dan udara.

Baca Juga: Cek Jemaah di Bandara Soetta, Menhub: Mereka Kecewa, Tapi Menerima

1. Sebanyak 8 penerbangan langsung ke Arab Saudi dan satu dengan transit, seluruhnya batal berangkat

Saudi Tutup Pintu, 1.300 Calon Jemaah Umrah Gagal Berangkat Hari IniChief Officer In Charge Bandara Soekarno-Hatta, Achmad Chairul (IDN Times/Candra Irawan)

Dari sembilan penerbangan yang gagal membawa calon jemaah umrah itu, ada delapan penerbangan yang langsung (direct) ke Arab Saudi sedangkan satu penerbangan lainnya transit di Singapura.

"Empat dari Garuda Indonesia, tiga dari Saudia Airlines, satu dari Lion Air dan satu lagi Batik Air yang transit ke Singapura. Itu semua terpaksa ditunda sesuai dengan keputusan pemerintah Arab Saudi," jelas Chief Officer In Charge Bandara Soekarno-Hatta, Achmad Chairul di Terminal 3, Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

2. Calon jemaah yang batal berangkat diberikan fasilitas khusus dan diurus kepulangannya

Saudi Tutup Pintu, 1.300 Calon Jemaah Umrah Gagal Berangkat Hari IniIDN Times/Candra Irawan

Menurut Chairul, pengelola Bandara Soetta juga sudah memberikan fasilitas khusus untuk para jemaah, yakni sebuah tempat di kawasan Gate 5 Terminal 3 untuk mereka berkumpul dan saling bertukar informasi dengan mudah.

Pihaknya juga berkoordinasi dengan maskapai penerbangan untuk menanggulangi tertahannya 1.300 calon jemaah itu kembali ke daerah mereka masing-masing.

"Jangan sampai ada penumpukan yang sia-sia di sini dengan catatan kami telah informasikan ke airline, koordinasi secara kooperatif terkait dengan penumpukan-penumpukan," ucap Chairul.

3. Sebelumnya ada 700 calon jemaah yang sudah terbang ke Arab Saudi

Saudi Tutup Pintu, 1.300 Calon Jemaah Umrah Gagal Berangkat Hari IniChief Officer In Charge Bandara Soekarno-Hatta, Achmad Chairul (IDN Times/Candra Irawan)

Selain 1.300 calon jemaah itu, kata Chairul, ada 700 calon jemaah umrah yang sudah berangkat lebih dahulu menuju Arab Saudi. Ratusan jemaah itu menggunakan maskapai Garuda Indonesia dan Saudia Airlines. 

"Tapi memang hingga saat ini belum ada informasi kepada kami, akan tindak lanjutnya. Sejauh ini kami terus memantau," ungkapnya.

Baca Juga: Gagal Umrah Hari Ini, Jemaah Berharap Kemenlu Negosiasi dengan Saudi

https://www.youtube.com/embed/WU33KpnB9ok

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya