Comscore Tracker

Di Sela-sela Demo, Mahasiswa Salat Ashar di Jalan Beralas Terpal

Mahasiswa salat asar sebelum bergerak menuju Istana Negara

Jakarta, IDN Times - Massa aksi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) tertahan di Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat, Senin (21/10). Mereka pun tak bisa mencapai depan Istana untuk menyampaikan orasi. Memanfaatkan kondisi ini, mahasiswa pun menunaikan salat asar berjamaah di belakang mobil komando. Mereka salat beralaskan terpal.

Rencananya usai menunaikan salat, mahasiswa akan melanjutkan pergerakan mereka ke Istana Negara, meskipun mereka tahu jika di depan Gedung Sapta Pesona aparat polisi sudah memasang kawat berduri.

Pantauan IDN Times di lokasi, salah satu orator di atas mobil komando menyerukan kepada massa aksi untuk bergantian menunaikan ibadah salat ashar. Satu per satu massa yang memakai almamater kampus masing-masing mulai berwudu.

"Bagi yang mau salat silakan ke belakang mobil komando," teriak sang orator.

Demonstrasi pun terhenti sementara, karena beberapa mahasiswa memilih untuk beristirahat di sekitar lokasi. Selain itu, massa aksi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) juga sudah berdatangan ke Patung Kuda sambil membawa replika boneka jelangkung berseragam SMP.

Hingga pukul 15.35 WIB, massa aksi mulai merapatkan barisan kembali dan bersiap-siap bergerak menuju Istana Negara.

Salah satu orator lainnya menegaskan, barisan harus dirapatkan kembali terutama bagi massa yang membawa spanduk. "Ayo kawan-kawan rapatkan barisan, kita buat border," teriaknya.

Baca Juga: Demo ke Istana, Mahasiswa Diadang Blokade Polisi di Patung Kuda

Topic:

  • Sunariyah

Just For You