Comscore Tracker

Diperiksa Soal Laporan Ade Armando, Ini Penjelasan Fahira Idris

Fahira Idris melaporkan Ade Armando terkait meme Joker Anies

Jakarta, IDN Times - Polda Metro Jaya memanggil anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Fahira Idris, Jumat (8/11) terkait laporan yang dilayangkannya terhadap dosen Universitas Indonesia (UI) Ade Armando soal meme 'Joker' Anies Baswedan. tersebut dilaporkan melalui laporan LP/7057/XI/2019/PMJ/Dit. Reskrimsus, tanggal 1 November 2019

Fahira datang ke Gedung Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya sekitar pukul 10.20 WIB dengan didampingi oleh tiga orang dari tim kuasa hukumnya.

1. Penuhi panggilan Polda, Fahira bawa bukti tangkapan layar 'Joker' Anies Baswedan

Diperiksa Soal Laporan Ade Armando, Ini Penjelasan Fahira IdrisTwitter.com/Fahiraidris

Fahira menjelaskan, kedatangannya ke Polda Metro Jaya untuk memenuhi panggilan pihak kepolisian atas laporannya terhadap Ade Armando. Fahira mengaku sudah menyiapkan bukti-bukti terkait kasus itu, salah satunya ialah tangkapan layar foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan wajah diedit menjadi tokoh Joker di akun Facebook atas nama Ade Armando.

"Ini kan baru melakukan klarifikasi pertama, saya tidak tahu apa yang ditanyakan tetapi saya bawa semua bukti yang dibutuhkan," kata Fahira di Polda Metro Jaya, saat dilansir dari Antaranews.com, Jumat (8/11).

Baca Juga: Fakta-Fakta Kasus Meme Joker Ade Armando untuk Anies Baswedan

2. Fahira apresiasi laporannya diproses dengan cepat oleh polisi

Diperiksa Soal Laporan Ade Armando, Ini Penjelasan Fahira IdrisFacebook.com/AdeArmando

Fahira mengatakan proses kasus tersebut saat dilaporkannya pada 1 November kemarin, terbilang cepat diproses oleh pihak kepolisian. Terhitung kurang dari kurun waktu 10 hari, ia sudah mendapatkan surat kiriman pada 6 November untuk pemanggilan polisi pada hari ini.

"Saya di sini ucapkan terima kasih banyak ke kepolisian Indonesia atas respon cepat khususnya Polda Metro, saya ucapkan terimakasih. Saya juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak ragu menyerahkan kasus-kasus ke kepolisian dan jangan takut jika kasusnya lama diproses oleh polisi," ujarnya.

3. Sempat tertunda salat Jumat, Fahira dicecar empat pertanyaan

Diperiksa Soal Laporan Ade Armando, Ini Penjelasan Fahira Idris(Ade Armando) IDN Times/ Indiana Malia

Sebelumnya, Fahira diketahui melaporkan Ade Armando ke Polda Metro Jaya lantaran mengungah mengunggah foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan wajah diedit menjadi tokoh Joker, di akun Facebooknya.

Namun, saat pemeriksaan Fahira sempat tertunda karena waktunya bertepatan dengan ibadah salat Jumat. Fahira terlihat keluar dari Gedung Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya sekitar 11.45 WIB. Pemeriksaan pun kembali dilanjutkan usai ibadah salat Jumat selesai.

Fahira mengungkapkan, pemeriksaan terkait klarifikasi tersebut belum selesai dilakukan, karena terpotong Shalat Jumat. Dari pukul 10.00 WIB Fahira sudah dicecar pertanyaan oleh petugas sebanyak empat pertanyaan.

"Tiga pertanyaan yang sudah diberikan penyidik masih berupa pertanyaan umum, soal pekerjaan dan apakah dalam keadaan sehat, dan kronologi pelaporan. Ditanyakan masih belum spesifik, seperti saya ditanya kerja dimana, saya bilang saya kerja di MPR RI, jabatan saya wakil ketua badan pengkajian MPR RI," ungkapnya.

4. Dari empat pertanyaan, Fahira ditanyakan barang bukti dan pasal dari laporannya

Diperiksa Soal Laporan Ade Armando, Ini Penjelasan Fahira IdrisIDN Times/Axel Jo Harianja

Fahira menambahkan, pertanyaan terakhir yang diajukan penyidik lebih mendetail. Pertanyaan itu menyoal barang bukti dan pasal yang dilanggar oleh terlapor.

"Seperti apa saya jelaskan, lebih detail melihat foto dan bahas pasal-pasal yang dilanggar jadi baru setengahnya," ucap Fahira.

Baca Juga: Laporkan Ade Armando Soal Anies Joker, Polda Panggil Fahira Besok

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You