Comscore Tracker

[FOTO] Begini Tahap-tahap Pemakaman Jenazah COVID-19 di TPU Tegal Alur

Keluarga jenazah hanya bisa melihat dari kejauhan

Jakarta, IDN Times - Hingga pukul 18.00 WIB, 9 jenazah virus corona COVID-19 sudah dikebumikan di Tempat Pemakaman Umum Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat, pada Selasa (7/2) kemarin. Petugas menyebutkan, kemungkinan pemakaman masih berlangsung hingga malam hari, dengan total jumlah jenazah lebih dari 15 yang dibawa menggunakan ambulans.

TPU Tegal Alur yang berada di Kecamatan Kalideres memang menjadi salah satu tempat pemakaman jenazah COVID-19 di Jakarta. Meski banyak jenazah dimakamkan, namun suasana di pemakaman sepi tanpa kehadiran keluarga jenazah. Tak ada tangis, tak ada sanak saudara. 

Hanya terlihat beberapa petugas yang mengenakan alat pelindung diri (APD), terus sibuk menggali tanah dan kemudian memasukkan peti jenazah ke liang lahat. Berikut foto-foto tahap pemakaman jenazah COVID-19 yang berhasil direkam IDN Times.

Baca Juga: Banten Siapkan Lahan Khusus untuk Jenazah COVID-19 di Kota Serang 

1. Di TPU Tegal Alur terdapat dua area pemakaman yang berbeda, satu untuk umat Islam satunya lagi untuk umat Kristen. Masing-masing tempat menyediakan lahan pemakaman untuk jenazah COVID-19 dengan protokol pemakaman khusus

[FOTO] Begini Tahap-tahap Pemakaman Jenazah COVID-19 di TPU Tegal AlurLiang lahat untuk jenazah COVID-19 memiliki ke dalaman berbeda dari liat lahat untuk jenazah pada umumnya (DN Times/Candra Irawan)

2. Para petugas makam bersiap-siap menggunakan pakaian hazmat dan masker (APD) untuk melindungi diri dari virus corona sebelum ambulans pembawa jenazah tiba

[FOTO] Begini Tahap-tahap Pemakaman Jenazah COVID-19 di TPU Tegal AlurSetiap hendak memakamkan jenazah COVID-19 petugas menggunakan pakaian dekontaminasi atau Hazard, serta Alat Pelindung Diri (APD) lainnya. (IDN Times/Candra Irawan)

3. Begitu ambulans datang, petugas sigap mengeluarkan peti jenazah COVID-19

[FOTO] Begini Tahap-tahap Pemakaman Jenazah COVID-19 di TPU Tegal AlurMenggunakan sarung tangan, petugas membawa peti jenazah yang terlapisi plastik keluar dari dalam kendaraan ambulans. (IDN Times/Candra Irawan)

4. Peti jenazah pasien COVID-19 tampak dibalut plastik untuk mencegah cairan tubuh jenazah keluar

[FOTO] Begini Tahap-tahap Pemakaman Jenazah COVID-19 di TPU Tegal AlurLahan pemakaman jenazah COVID-19 untuk kluster unit Kristen hanya berjarak lima meter dari jalanan kendaraan ambulans berhenti. (IDN Times/Candra Irawan)

5. Petugas menurunkan peti jenazah menggunakan tali tambang dan alat bantu papan kayu, agar peti masuk ke dalam liang lahat dengan sempurna

[FOTO] Begini Tahap-tahap Pemakaman Jenazah COVID-19 di TPU Tegal AlurSeperti pemakaman umumnya yang menggunakan peti, proses memasukan peti ke dalam liang lahat juga menggunakan alat bantu berupa tali tambang. (IDN Times/Candra Irawan)

6. Sesuai protap, tak ada anggota keluarga korban yang hadir di sekitar liang lahat. Kerumuman yang biasanya ada saat pemakaman, kini tak tampak

[FOTO] Begini Tahap-tahap Pemakaman Jenazah COVID-19 di TPU Tegal AlurSebelum dikubur dengan tanah, peti jenazah tersebut dilapisi dengan papan kayu. (IDN Times/Candra Irawan)

7. Satu atau dua anggota keluarga hanya bisa melihat dari kejauhan. Sementara petugas silih berganti memasukkan tanah ke dalam liang lahat

[FOTO] Begini Tahap-tahap Pemakaman Jenazah COVID-19 di TPU Tegal AlurProses pemakaman tersebut tidak berlangsung lama, terhitung sekira 15 sampai 20 menit peti jenazah sudah dikubur petugas. (IDN Times/Candra Irawan)

8. Seorang petugas menyemprotkan cairan disinfektan ke sekitar area makam

[FOTO] Begini Tahap-tahap Pemakaman Jenazah COVID-19 di TPU Tegal AlurSesudah prosesi pemakaman petugas menyemprotkan disinfektan di sekitar area. (IDN Times/Candra Irawan)

9. Dua petugas tampak disemprot disinfektan usai memakamkam jenazah COVID-19

[FOTO] Begini Tahap-tahap Pemakaman Jenazah COVID-19 di TPU Tegal AlurPenyemprotan disinfektan dilakukan sebelum dan sesudah memakamkan jenazah COVID-19. (IDN Times/Candra Irawan

10. Setiap harinya lebih dari 10 jenazah COVID-19 dimakamkan di TPU Tegal Alur

[FOTO] Begini Tahap-tahap Pemakaman Jenazah COVID-19 di TPU Tegal AlurSetiap harinya terdapat belasan jenazah COVID-19 yang dimakamkan TPU Tegal Alur. (IDN Times/Candra Irawan)

Rest in peace...

Baca Juga: [LINIMASA] Wabah COVID-19 Hantui Warga Banten

Topic:

  • Sunariyah
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya