Comscore Tracker

Bandara Soekarno-Hatta Tetapkan Status Siaga Virus Corona

2.500 penumpang setiap hari datang dari bandara di Tiongkok

Tangerang, IDN Times - Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, menetapkan status siaga terhadap virus corona. Virus yang berasal dari Kota Wuhan, Tiongkok dan telah mewabah hingga ke sejumlah negara di dunia tersebut diantisipasi karena dapat menulari para pengguna jasa penerbangan.

Bandara Internasional Soekarno-Hatta tidak ingin kecolongan dengan keberadaan penumpang yang menjadi suspect virus corona. Pengawasan dan pemeriksaan pun diperketat dengan bantuan alat thermal scanner, karena setiap harinya sebanyak 2.500 penumpang pesawat datang dari Tiongkok.

Hingga saat ini status siaga tersebut masih bertahan dan masih menunggu instruksi lebih lanjut dari pemerintah untuk ditingkatkan menjadi travel warning, dimana status tersebut dapat membatasi aktivitas penerbangan dari dan menuju Tiongkok.

1. Bandara Soetta bekerja sama dengan KKP melakukan pengawasan melalui thermal scanner di Terminal 3 dan 2 kedatangan Internasional

Bandara Soekarno-Hatta Tetapkan Status Siaga Virus Corona(Penumpang beraktivitas di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten) ANTARA FOTO/Fauzan

Senior Manager Of Branch Communication and Legal Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Febri Toga Simatupang menjelaskan, manajemen Bandara Internasional Soekarno-Hatta sudah melakukan koordinasi secara intensif dengan stakeholder terkait, terutama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Airlines dan sebagainya.

"KKP mempunyai otoritas penuh untuk melakukan pencegahan penyebaran penyakit, seperti sosialisasi bahaya virus corona di media digital di seluruh bandara dan di media sosial. Kedua kami juga mendukung penuh kegiatan pengawasan oleh KKP melalui thermal scanner di Terminal 3 dan 2 (kedatangan Internasional)," jelasnya saat dihubungi IDN Times, Senin (27/1).

Baca Juga: Khawatir Terjangkit Virus Corona, WNI di Wuhan Ingin Dievakuasi Keluar

2. Petugas frontliner di bandara berisiko tinggi terinfeksi virus corona

Bandara Soekarno-Hatta Tetapkan Status Siaga Virus Corona(Ilustrasi) ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Febri mengatakan, melalui thermal scanner, penumpang yang kurang sehat dan sesak napas akan diperiksa. Selain terhadap penumpang, petugas di bandara juga sudah diberi sosialisasi agar terhindar dari penularan wabah penyakit tersebut.

"Bagi petugas frontliner yang ada di bandara yang mempunyai risiko tinggi penyebaran penyakit itu dibekali masker, kedua menjaga pola hidup sehat agar stamina terjaga. Ketiga, kami juga diperintahkan untuk menghadapi virus corona itu apabila ada penumpang yang mengetahui gejala virus corona, segera melaporkan ke petugas terkait," ujarnya.

3. Bandara Soetta pastikan belum ada penumpang yang terinfeksi

Bandara Soekarno-Hatta Tetapkan Status Siaga Virus CoronaIDN Times/Candra Irawan

Menurut Febri, sejauh ini penerbangan dari dan ke Tiongkok ada 34 sampai 36 penerbangan dan sudah termasuk ke Hong Kong, dengan penumpang yang mencapai 5.000 per hari. Dari data tersebut, hampir setengahnya atau 2.500 penumpang datang dari Bandara Tiongkok dan juga Hong Kong.

"Memang status kami itu status siaga, kita tunggu update apabila dari pemerintah sudah menyatakan travel warning atau sebagainya, kita siap mengikuti sebagaimana pemerintah. Sementara sampai saat ini penerbangan masih normal, pencegahan dan pengawasannya kami tingkatkan dan kami tegaskan bahwa sampai saat ini tidak ada suspect penumpang, yang diduga dari virus corona tersebut," katanya.

4. Penumpang yang diduga terinfeksi akan dilarikan ke rumah sakit di sekitar Bandara Soetta

Bandara Soekarno-Hatta Tetapkan Status Siaga Virus CoronaIDN Times/Arief Rahmat

Sementara itu, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Tangerang, Naniek Isnaini menambahkan, rumah sakitnya menjadi salah satu rumah sakit yang akan menerima sementara penumpang diduga suspect virus corona.

"Tadi saya baru selesai rapat dengan Kemenkes, semuanya di Kemenkes. Dari rumah sakit ini nantinya akan direkomendasikan lagi ke RS Soeroso Jakarta, dan untuk masyarakat Kabupaten Tangerang belum ada yang terinfeksi," ucap Naniek.

Baca Juga: Wabah Corona, Jokowi Minta Pengawasan Ketat di Semua Bandara

https://www.youtube.com/embed/peYO9b8N3dA

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya