Ngeri! 2 Pesawat Garuda Hampir Tabrakan di Bandara Soetta

Kedua pesawat Garuda sudah dalam posisi berhadapan

Tangerang, IDN Times - Dua pesawat Garuda Indonesia nyaris tabrakan di salah satu jalan penghubung landasan pacu dengan apron atau taxiway, Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (12/12) kemarin.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 11.00 WIB, saat pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA649 (PK-GMH) rute Ternate (TTE) - Bandara Soetta (CGK) baru saja mendarat di bandara. Sementara pesawat GA246 (PK-GRR) rute Bandara Soetta (CGK) - Banyuwangi (BWX), hendak lepas landas.

1. Pilot disinyalir tidak memahami arahan dari Air Traffic Controller (ATC) karena diduga kelelahan

Ngeri! 2 Pesawat Garuda Hampir Tabrakan di Bandara SoettaAcara Peluncuran Pesawat Garuda Airbus A330-900neo (IDN Times/Kevin Handoko)

Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah I Soekarno-Hatta (Soetta) Herson mengatakan, pilot pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA649 asal Ternate, disinyalir tidak memahami arahan dari Air Traffic Controller (ATC) hingga peristiwa itu pun terjadi.

"Pesawat yang baru landing yang salah, tidak mendengar perintah tower (ATC), diduga karena kelelahan. Tetapi itu tidak mengganggu penerbangan yang lain, pesawat GA649 asal Ternate akhirnya di-towing keluar dari taxiway untuk menuju apron," jelas Herson, saat dihubungi IDN Times, Jumat (13/12).

2. Kedua pesawat sudah dalam posisi berhadapan hampir tabrakan

Ngeri! 2 Pesawat Garuda Hampir Tabrakan di Bandara SoettaAcara Peluncuran Pesawat Garuda Airbus A330-900neo (IDN Times/Kevin Handoko)

Herson mengatakan, seharusnya pesawat dengan GA649 asal Ternate tersebut masuk ke jalur NP2, sesuai instruksi yang diberikan ACT. Di sisi lain, pesawat GA246 hendak take off dan sudah berada di NP2.

"Sehingga membuat kedua pesawat dalam kondisi berhadapan (head on)," ujarnya.

3. Tabrakan berhasil dihindari karena kedua pesawat berjalan pelan

Ngeri! 2 Pesawat Garuda Hampir Tabrakan di Bandara SoettaIDN Times/Sunariyah

Masih kata Herson, tabrakan antar pesawat tidak terjadi karena jalannya sama-sama pelan, dan insiden itu saat ini tengah diinvestigasi.

"Sebagai tindak lanjut kejadian tersebut, saat ini sedang dilakukan investigasi terhadap kejadian ini. Sesudah ditarik mundur pesawatnya (GA649), semua normal kembali," ucap Herson.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya