Comscore Tracker

Pegawai Mogok Kerja, Operasional Bandara Soekarno-Hatta Tetap Lancar

Area counter check in maskapai Garuda Indonesia tampak sepi

Tangerang, IDN Times - Aktivitas penumpang di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, berlangsung lancar tanpa adanya kendala, Selasa (31/12). Meski ratusan pekerja Ground Handling yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) melakukan aksi mogok kerja sejak dini hari tadi.

Pantauan IDN Times di area counter check in maskapai Garuda Indonesia, sejak pukul 09.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB sepi dari aktivitas penumpang.

1. Tidak ada pengumuman keterlambatan penerbangan

Pegawai Mogok Kerja, Operasional Bandara Soekarno-Hatta Tetap Lancar(Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta) IDN Times/Candra Irawan

Salah satu pengguna jasa maskapai Garuda Indonesia, Yopi, mengatakan dia bersama keluarganya hendak menuju Kota Yogyakarta dan berangkat pukul 12.00 WIB nanti. Yopi belum mengetahui adanya informasi gangguan maupun keterlambatan penerbangan terkait dengan adanya aksi mogok kerja.

"Sejauh ini belum ada informasi mengenai gangguan penerbangan baik delay maupun hal lain, biasanya kalau memang ada gangguan, diinformasikan melalui pesan singkat," jelasnya kepada IDN Times.

Baca Juga: [BREAKING] Pekerja Anak Perusahaan Garuda Indonesia Gelar Aksi Mogok

2. Operasional Bandara Internasional Soekarno-Hatta berjalan lancar

Pegawai Mogok Kerja, Operasional Bandara Soekarno-Hatta Tetap Lancar(Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta) IDN Times/Candra Irawan

Tidak hanya di area check in, pantauan di depan area pemeriksaan juga tampak sepi dan lancar tanpa hambatan maupun antrean pengguna jasa.

Senior Manager Of Branch Communication and Legal Bandara Internasional Soetta Febri Toga Simatupang mengungkapkan, berdasarkan laporan yang diterimanya sampai dengan pagi hari ini, operasional Bandara Internasional Soekarno-Hatta masih berjalan lancar.

"Dengan On Time Performance (OTP) maskapai di atas 90 persen, demikian dilaporkan terima kasih," ucap Febri.

3. Aksi mogok kerja pegawai anak perusahaan Garuda Indonesia diklaim bakal ganggu penerbangan

Pegawai Mogok Kerja, Operasional Bandara Soekarno-Hatta Tetap Lancar(Aksi mogok kerja karyawan di Bandara Soekarno-Hatta) IDN Times/Candra Irawan

Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang diduga dilakukan PT Gapura Angkasa kepada empat pekerja Ground Handling Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, membuat ratusan pekerja lainnya yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) mogok kerja. Mereka memprotes keputusan yang dilakukan PT Gapura Angkasa kepada empat rekan mereka tersebut.

PT Gapura Angkasa diketahui merupakan perusahaan patungan yang didirikan pada 26 Januari 1998 oleh tiga BUMN, yaitu PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, PT Angkasa Pura I (Persero) dan PT Angkasa Pura II (Persero).

Pekerja yang mogok tersebut merupakan pekerja yang berposisi di Ground Handling dan diklaim FSPMI dapat mengganggu jalannya aktivitas penerbangan.

“Dampaknya sangat luas, operasional dan penumpang akan menumpuk. Itu di kita tidak hanya Garuda saja, itu ada Korean Airlines, China Airlines, Japan Airlines, dan di Gapura Angkasa itu mempunyai 50 maskapai penerbangan,” kata salah satu dari empat pekerja yang di-PHK.

Baca Juga: Kronologi PHK Pekerja di Bandara Soekarno-Hatta, Penerbangan Terancam 

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya