Comscore Tracker

Dibuat Khusus, Begini Desain Peti Jenazah Korban Virus Corona

Pengrajin banjir pesanan peti jenazah korban COVID-19

Tangerang, IDN Times - Korban meninggal akibat virus corona atau COVID-19 di Indonesia terus bertambah. Pengrajin peti jenazah di Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Banten, pun kebanjiran pesanan.

Pengrajin peti jenazah bernama Saring Siswanto mengatakan sejauh ini ia sudah memproduksi delapan peti jenazah untuk rumah sakit di Kota Tangerang Selatan, dan  Kabupaten Tangerang.

Ada sedikit perbedaan untuk peti jenazah korban COVID-19. Seperti apa? Simak wawancara IDN Times dengan pengrajin peti jenazah.

1. Peti jenazah khusus korban COVID-19 terdiri dari tiga lapisan

Dibuat Khusus, Begini Desain Peti Jenazah Korban Virus CoronaIDN Times/Candra Irawan

Saring peti jenazah untuk korban wabah virus corona sedikit berbeda dari peti jenazah pada umumnya, khususnya di bagian dalam.

"Cuman untuk dalamannya itu ada lapisan aluminium foil, kain putih, dan plastik wrap," kata dia saat ditemui IDN Times, Rabu (25/3).

Dibuat Khusus, Begini Desain Peti Jenazah Korban Virus CoronaYang perlu kamu perhatikan jika terpaksa keluar dari rumah. (IDN Times/Sukma Shakti)

Baca Juga: Jika Terdiagnosis Positif Virus Corona, Ini yang Harus Kamu Lakukan!

2. Saring sudah menerima pesanan delapan peti jenazah dari Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan

Dibuat Khusus, Begini Desain Peti Jenazah Korban Virus CoronaIDN Times/Candra Irawan

Saring menjelaskan selama tiga hari terakhir, ia terus memproduksi peti jenazah untuk korban COVID-19. Sejauh ini, sudah ada delapan peti jenazah yang sudah dibawa ke RSUD Balaraja Kabupaten Tangerang dan rumah sakit di Kota Tangerang Selatan.

"Dari delapan peti mereka masing-masing nyetok empat peti. Saat ini, baru rumah sakit itu yang pesan. Mereka juga stok untuk kebutuhan di Banten, jadi di Serang sana kalau mau peti ngambilnya nanti di Balaraja," ujar dia.

3. Tiga lapisan di dalam didesain agar aroma dan cairan dari jenazah tidak keluar dari peti jenazah

Dibuat Khusus, Begini Desain Peti Jenazah Korban Virus CoronaIDN Times/Candra Irawan

Menurut Saring, peti jenazah untuk korban virus corona serupa dengan kualitas peti jenazah untuk pengiriman jenazah melalui penerbangan. Peti jenazah ini kedap udara, sehingga aroma atau cairan yang keluar dari jenazah tidak tembus ke luar peti.

"Kaya ini kan nanti yang bawa peti matinya petugas ya, jadi pasti ke situ amannya (safety). Selain itu juga nanti peti matinya akan dibungkus lagi oleh plastik lagi," kata pria 51 tahun itu.

4. Saring menjual peti jenazah seharga Rp1,2 juta hingga Rp1,5 juta

Dibuat Khusus, Begini Desain Peti Jenazah Korban Virus CoronaIDN Times/Candra Irawan

Saring menyebutkan harga peti jenazah khusus ini per unit dijual kisaran Rp1,2 hingga Rp1,5 juta. Menurut dia harga ini sudah relatif murah, karena seharusnya dia menjual per unit Rp2 juta.

"Dan pembuatannya paling cepat itu satu hari satu peti," ucap dia.

https://www.youtube.com/embed/eFLpdE7HfWQ

Baca Juga: OJK Larang Sementara Debt Collector Tarik Kendaraan, Efek Virus Corona

Topic:

  • Rochmanudin
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya