Santri KH Ma'ruf Amin Nobar Pelantikan Presiden di Ruang Kelas Ponpes

Abah Ma'ruf menjadi inspirasi dan motivasi bagi para santri

Serang, IDN Times - Ratusan santri KH Ma'ruf Amin nonton bareng (nobar) siaran pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia, periode 2019-2024 di ruang kelas Pondok Pesantren (Ponpes) Syeikh Nawawi, Kecamatan Tanara Kabupaten Serang, Banten, Minggu (20/10).

Mereka memanfaatkan laptop dan ponsel untuk melihat momen penting pendiri Ponpes Syeikh Nawawi mereka itu menjadi Wakil Presiden RI. Berdasarkan pantauan IDN Times di kompleks Ponpes Syeikh Nawawi, para santri mulai nobar sejak pukul 14.00 WIB. Tampaklah santri Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Madrasah Aliyah (MA) diajak bergabung untuk nonton oleh mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Fiqih (STIF) Syeikh Nawawi yang menggelar acara itu.

"Kami mempersilakan nobar di sini bagi para santri, untuk melihat momen Abah (Ma'ruf Amin) dilantik. Karena beliau kan kyiai kami jadi kami ingin melihat beliau dan ini sangat antusias teman-teman yang lain," tutur Muhammad Yusuf, salah seorang mahasiswa Fakultas Hukum Ekonomi, Syariah Sekolah Tinggi Ilmu Fiqih (STIF) Syeikh Nawawi, kepada IDN Times di lokasi.

Momen penting bagi KH Ma'ruf Amin yang biasa mereka sapa Abah itu, menurut Yusuf, sekaligus menjadi pembelajaran dan motivasi kepada para santri lainnya agar terus menimba ilmu sehingga cita-cita mereka dapat tercapai. Ma'ruf Amin menjadi contoh bahwa kalangan santri dan ulama tetap mampu menjabat wakil presiden.

"Apalagi entar ke depannya, dari kalangan santri mungkin bisa jadi presiden. Bahkan bisa menjadi lebih (tokoh) penting lainnya," ujarnya.

Yusuf berharap, pelantikan KH Ma'ruf Amin menjadi Wakil Presiden memberikan dampak positif bagi para santri termasuk dirinya. Sosok Abah, dinilai Yusuf, tidak hanya memberikan kata-kata motivasi tetapi juga membuktikan dengan tindakan seperti mengambil keputusan dari sisi ekonomi, politik dari sisi kebangsaan.

"Jadi kita sendiri langsung melihat gerakan beliau, kata-kata beliau. Jadi nyata tidak sekadar omongan saja," katanya.

Usai nobar, para santri akan melaksanakan doa bersama untuk keselamatan dan kelancaran KH Ma'ruf Amin sebagai Wakil Presiden RI.

"Kami mendoakan semoga beliau amanah dalam mengemban tugas ini," ucap Yusuf.

https://www.youtube.com/embed/fxUV5VWpkBI

Baca Juga: Ma'ruf Amin Deg-Degan Jelang Dilantik Jadi Wapres

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya