Warga Antusias Gunakan Hak Pilihnya di TPS 4 Kumendung, Rembang

#1000MillennialsKawalPemilu Suasananya kekeluargaan

Hari ini, Rabu 17 April 2019 pemilu serentak digelar di seluruh pelosok negeri. Pemilihan umum tahun ini memiliki kesan yang spesial bagi ratusan juta rakyat Indonesia, karena pertama kali dalam sejarah pemilu Indonesia, rakyat bisa memilih presiden dan calon legislatif secara bersamaan dalam sekali waktu.

Euforia pesta demokrasi amat terasa di berbagai penjuru negeri, tak terkecuali di Desa Kumendung, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang. Rakyat berbondong-bondong datang ke TPS untuk menyalurkan hak suaranya dengan riang gembira tanpa ada rasa kecemasan dan ketakutan.

Dari 3 dusun yang ada di Desa Kumendung, terdapat 5 TPS yang dapat dipergunakan warga untuk menyalurkan aspirasinya, salah satunya adalah TPS 04 Desa Kumendung. Meskipun tergolong TPS baru, akan tetapi bukan menjadi halangan para pemilih untuk menyalurkan suaranya. Simak yuk keseruannya!

1. Sejak pagi warga berbondong-bondong datang ke TPS

Warga Antusias Gunakan Hak Pilihnya di TPS 4 Kumendung, RembangDok. IDN Times/Candrika Ilham W

TPS 04 Dusun Mbalong Wetan, Desa Kumendung, Kabupaten Rembang merupakan hasil pemekaran akibat dari diadakannya pemilu serentak tahun 2019. Dulunya, di dusun ini hanya terdapat dua Tempat Pemungutan Suara tetapi di tahun ini terdapat 3 TPS, salah satunya adalah TPS 04 yang terletak di halaman rumah seorang warga dengan menaungi 224 orang Daftar Pemilih Tetap.

Di TPS ini terdapat 4 bilik suara yang dapat digunakan para pemilih untuk memilih 5 surat suara. Warga pun sejak pagi berbondong-bondong datang ke TPS 04 ini untuk segera menggunakan hak pilihnya. Meskipun sempat terjadi antrean panjang karena membludaknya antusiasme warga, hal itu bukan masalah. Bahkan, suasana itu malah digunakan warga untuk saling bersilahturahmi dan srawung bersama.

Hal lain yang menarik adalah semangat lansia untuk menyalurkan suaranya patut diacungi jempol. Meskipun harus berjalan berduyun-duyun menuju Tempat Pemungutan Suara, para lansia tetap antusias mengikuti pemilu. Mereka membuktikan usia tak menjadi halangan untuk memilih pemimpin bangsa. Sikap yang tentunya perlu dicontoh oleh generasi muda sekarang.

2. Tak mau ketinggalan, pemilih pemula juga giat salurkan suaranya

Warga Antusias Gunakan Hak Pilihnya di TPS 4 Kumendung, RembangDok. IDN Times/Candrika Ilham W

Selain antusiasme pemilih lansia yang masih tergolong besar, pemilih pemula juga tak mau ketinggalan untuk mencoblos di TPS 04 Desa Kumendung lho. Dalam kesempatan pemilu kali ini, IDN Times berhasil mewawancarai salah satu pemilih pemula mengenai kesannya mengikuti pemilu pertama kali, sesaat setelah ia menggunakan hak pilihnya. Wanita yang biasa disapa Devie,18 mengungkapkan bahwa ada rasa deg-degan dan sedikit bingung ketika di dalam bilik suara.

"Agak deg-degan sih. Mungkin karena saking banyaknya surat suara kali ya, jadi bingung sendiri," jawabnya sambil terkekeh kepada IDN Times.

Meskipun sempat bingung, wanita yang sebentar lagi menempuh bangku perkuliahan itu mengungkapkan bahwa ia merasa senang dan bangga bisa berpartisipasi untuk memilih pemimpin negeri. Ia juga punya harapan untuk siapa pun yang terpilih kelak semoga bisa membawa bangsa Indonesia menjadi lebih baik, lebih maju, dan perekonomiannya bisa meningkat.

Satu lagi, ia juga menitipkan pesan kepada seluruh anak muda Indonesia yang sudah punya hak pilih agar jangan sampai golput dan ikut serta menggunakan suaranya untuk kemajuan bangsa.

Baca Juga: Pemilu di Osaka: Nuansa Jepang yang Kental dan Hal Unik Lainnya

3. Panitia yang friendly membuat suasana jauh dari kata gaduh

Warga Antusias Gunakan Hak Pilihnya di TPS 4 Kumendung, RembangDok. IDN Times/Candrika Ilham W

Panitia pemungutan suara yang kebanyakan golongan millenials membuat suasana TPS 04 Desa Kumendung, Rembang ini terasa amat energik. Ditambah dengan memakai batik yang seragam membuat panitia tampak kompak ketika menjalankan tugas.

"Selain menaati larangan karena tidak diperbolehkan memakai hitam-putih, kami juga ingin tampil serasi sebagai Panitia Pemungutan Suara sehingga bisa menarik hati para pemilih," ungkap Soeprapto.

KPPS TPS 04 Kumendung ini juga mengungkapkan dalam pemilu serentak kali ini total kehadiran pemilih sebesar 213 orang dengan 210 dari 224 DPT dan 3 orang terdaftar DPK atau sebanyak 94 persen total kehadiran ditambah dengan Daftar Pemilih Khusus sebesar 3 orang. Menurut pengakuannya, kebanyakan yang tidak menyalurkan hak suaranya adalah orang-orang yang merantau keluar daerah dan tak sempat mengurus formulir A5 sehingga tak bisa mencoblos.

Beliau menambahi agar pemilu berjalan kondusif dan aman, panitia bekerja sama dengan linmas dan aparat terkait sehingga pemilu dapat berjalan dengan damai serta terhindar dari berbagai praktik kecurangan. Tak ketinggalan warga juga dilibatkan dalam pengawalan pemilu sehingga pesta demokrasi dengan kesan kekeluargaan amat terasa di TPS 04 Desa Kumendung ini.

4. Penghitungan suara berjalan dengan lancar tanpa halangan apapun

Warga Antusias Gunakan Hak Pilihnya di TPS 4 Kumendung, RembangDok. IDN Times/Candrika Ilham W

Pembukaan surat suara dimulai pukul 13.30 WIB dengan disaksikan oleh para saksi, pengawas TPS, dan masyarakat Kumendung yang tak sabar untuk melihat jagoannya menang atau kalah. Proses pemungutan dan penghitungan suara berjalan dengan lancar tanpa halangan berarti.

Selang satu jam penghitungan suara untuk pilpres pun selesai. Di TPS 04 Desa Kumendung, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang paslon 01 Jokowi-Ma'aruf Amin unggul telak dengan memeroleh 179 suara atau 84persen. Sementara Prabowo-Sandiaga memeroleh 19 suara atau 9 persen dan surat suara tidak sah 15 atau 7 persen.

Sehingga jumlah surat suara sesuai dengan daftar hadir pemilih sebesar 213 orang. Di sisi lain, hingga berita ini ditulis perhitungan suara untuk legislatif masih dilakukan di TPS 04 Desa Kumendung, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang.

Nah, itu dia keseruan pemungutan suara di TPS 04 Desa Kumendung, Rembang dalam pemilu serentak tahun ini. Bagaimana daerahmu?

Baca Juga: Pesta Demokrasi, Pemilu di TPS 13 Jombang Didominasi Emak-emak

Candrika Ilham Wijaya Photo Verified Writer Candrika Ilham Wijaya

Menghargai kata @cndrikailhm_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya