Antisipasi Virus Corona, Pelindo 1 Periksa Seluruh Orang di Pelabuhan

Dilakukan di seluruh pelabuhan pintu masuk ke Indonesia

Jakarta, IDN Times - Untuk mengantisipasi menyebarnya Covid-19, PT Pelabuhan Indonesia 1 (Pelindo 1) meningkatkan kewaspadaan dan memperketat pengawasan di seluruh pelabuhan yang menjadi pintu masuk ke Indonesia. Baik dari domestik maupun internasional.

Pelindo 1 melaksanakan tugas sesuai arahan pemerintah dalam surat edaran Kementerian BUMN dengan Nomor SE-1/MBU/03/2020 tentang kewaspadaan terhadap penyebaran Covid-19. Dari data Worldometers, hingga saat ini, di Indonesia terdapat 6 kasus Covid-19 dari total lebih dari 110 ribu kasus di seluruh dunia.

1. Pelindo 1 memantau seluruh orang yang berada di lingkungan Pelindo 1

Antisipasi Virus Corona, Pelindo 1 Periksa Seluruh Orang di PelabuhanSuasana pelabuhan penyebrangan ke Nusa Penida dan Lembongan yang tetap ramai dikunjungi wisatawan terutama dari Eropa, Sabtu (7/3). (IDN Times/Ayu Afria)

Pelindo 1 melakukan berbagai upaya pencegahan penyebaran Covid 19. Dengan memantau seluruh penumpang kapal beserta awak kapalnya untuk mendeteksi Covid-19. Untuk area terminal penumpang, disiapkan thermal scanner untuk pemeriksaan suhu tubuh penumpang. Dilakukan pengecekan di Terminal Penumpang Tanjungpinang, Belawan, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Balai Asahan, dan Dumai.

Tak hanya orang-orang yang berada di dalam kapal, seluruh pegawai serta stakeholders terkait yang berada di lingkungan Pelindo 1 juga tak lepas dari pengawasan. Pengawasan dilakukan untuk antisipasi Covid-19. Pelindo 1 mewajibkan seluruh petugas operasional dan para pandu untuk menggunakan masker khusus, Alat Pelindung Diri (APD), kaca mata, serta sarung tangan.

2. Pelindo 1 bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dalam melakukan pengawasan

Antisipasi Virus Corona, Pelindo 1 Periksa Seluruh Orang di PelabuhanKantor Kesehatan Pelabuhan Kota Semarang. IDN Times/Fariz Fardianto

Upaya pengawasan dilakukan sejak kapal akan bersandar di pelabuhan. Khususnya untuk pelabuhan yang melayani bongkar muat cargo domestik maupun internasional, terutama dari daerah yang terdampak Covid-19. Dalam melakukan pengawasan, Pelindo 1 dibantu oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

Selain dengan KKP, Pelindo 1 juga bekoordinasi dengan Bea Cukai, Karantina, Imigrasi, dan Kementerian Perhubungan melalui Otoritas Pelabuhan dan Kantor Syahbandar serta sejumlah instansi yang terkait dalam pengawasan dan pencegahan Covid-19.

Akan ada pemeriksaan kesehatan untuk seluruh awak kapal, sebelum berstatus bebas karantina, kapal tidak akan dilayani. Upaya ini diterapkan di seluruh pelabuhan milik Pelindo 1, Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau, dan Kepulauan Riau.

3. Upaya pencegahan Covid-19 telah dilakukan sejak awal 2020

Antisipasi Virus Corona, Pelindo 1 Periksa Seluruh Orang di PelabuhanANTARA FOTO/Anis Efizudin

Pelindo 1 melakukan sosialisasi tentang pemeriksaan suhu tubuh para pegawai saat memasuki wilayah kantor, tata cara mencuci tangan secara teratur, menyediakan hand sanitizer di beberapa tempat, memasang poster informasi, menghimbau kepada pegawai yang terkena batuk dan flu untuk menggunakan masker. Bagi pegawai yang sakit boleh cuti. Selain itu juga menangguhkan perjalanan ke luar negeri terutama ke negara yang terdampak COVID-19.

SVP Sekretariat Perusahaan Pelindo 1, M. Eriansyah menjelaskan bahwa upaya untuk mencegah menyebarnya Covid-19 telah dilakukan Pelindo 1 sejak awal 2020. Pelindo 1 mendukung pemerintah dalam pencegahan dan penanganan Covid-19.

"Pelindo 1 turut aktif melakukan pengawasan dan sosialisasi pencegahan penyebaran Covid-19. Baik untuk penumpang, awak kapal, pegawai, dan juga melalui media sosial untuk masyarakat umum," ujar Eriansyah.

Baca Juga: 4 Penjara Protes Aturan Virus Corona, Seorang Napi di Italia Tewas

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya