Comscore Tracker

Ikut Antar Parasite Raih Oscars, Ini Sosok Perempuan Hebat di Baliknya

Latar belakangnya bukan seorang penerjemah, lho!

Jakarta, IDN Times - Penerjemah film Parasite, Sharon Choi, sepertinya layak disebut sebagai Most Valuable Player (MVP), setelah Parasite menang besar pada gelaran Academy Awards tahunan ke-92. Ia adalah aktor di balik layar yang mempunyai peran besar dalam kesuksesan film tersebut. Ia berjasa besar dalam pembuatan film yang disutradarai oleh Bong Joon-ho itu.

Film asal Negeri Ginseng ini berhasil membuat sejarah baru dengan membawa pulang empat piala utama di Oscars 2020, yakni Best Picture, Best Director, Best International Feature, dan Best Original Screenplay. Ini adalah pertama kalinya film non-bahasa Inggris yang memenangkan penghargaan terbaik untuk performa yang luar biasa.

Berikut fakta menarik tentang Sharon Choi.

1. Sharon Choi belum lama bekerja dengan sutradara Bong Joon-ho

Ikut Antar Parasite Raih Oscars, Ini Sosok Perempuan Hebat di Baliknyazimbio.com

Menurut The Guardian, meski nampak sudah klop dan banyak yang mengira kalau Choi dan Bong sudah berpartner sejak lama, nyatanya mereka bekerja sama belum ada setahun.

Ketika Parasite memenangkan Palme d'Or di Festival Film Cannes pada Mei 2019, saat itulah Choi mulai bekerja sama dengan Bong untuk menjadi penerjemah dengan kemampuan bahasa Inggris yang dimilikinya.

Saat ini, gadis yang berusia 25 tahun itu menjadi andalan Bong karena telah berjasa besar dalam membantu Bong dalam meraih banyak penghargaan atas kesuksesan film yang dibuatnya. Selain menerjemahkan film, Choi juga menjadi penerjemah langsung untuk Bong sepanjang keseluruhan musim penghargaan 2020.

Baca Juga: Sempat Jatuh Bangun, 10 Fakta Awal Karier Bong Joon Ho Parasite

2. Choi pernah belajar perfilman saat masih duduk di bangku kuliah

Ikut Antar Parasite Raih Oscars, Ini Sosok Perempuan Hebat di Baliknyazimbio.com

Meski pun Choi melakukan pekerjaan yang mengagumkan sebagai penerjemah andal, panggilan utama untuknya bukanlah pekerjaan seorang penerjemah.

“Kau sudah tahu dia pembuat film, dia belajar film di universitas. Saya sangat penasaran dengan script-nya, seberapa panjang dia menulis naskah fitur,” kata Bong di belakang panggung Oscars.

Bong juga menambahkan kalau Choi adalah pembuat film sendiri, Choi merupakan sosok yang sempurna dan semua bergantung padanya.

3. Seorang penerjemah yang mempunyai fandom

Ikut Antar Parasite Raih Oscars, Ini Sosok Perempuan Hebat di Baliknyatwitter.com/_louisalim_

Sutradara Bong bukanlah satu-satunya orang yang mengapresiasi dan mendukung Choi. Semenjak pencapaiannya yang gemilang bersama Bong, gadis yang tinggal di Seoul ini mencuri perhatian publik. Ia menuai banyak perhatian positif dari media sosial.

Choi menerima pujian di media sosial dari orang-orang yang memperhatikannya karena menganggap ia melakukan pekerjaan dengan mulus menerjemahkan film yang meraih banyak penghargaan bergengsi. Beberapa penggemar Choi yang tidak terkenal berbicara dengan BuzzFeed News tentang mengapa mereka mengaguminya.

"Bagaimana dengan Sharon Choi, penerjemah yang sama hebatnya berbicara untuk Bong Joon-ho musim penghargaan ini!," dikutip dari tulisan pengguna Twitter.

Yang lainnya mengajukan permintaan pertemanan Choi. Para penggemar juga telah melakukan pengeditan foto untuk menghormati Choi sebagai pemenang Penerjemah Terbaik di Oscars 2020 , dan telah membuat video seperti meme yang memuji Choi karena kecerdasan dan sikapnya.

Baca Juga: 4 Lokasi Syuting Parasite yang Wajib Dikunjungi Saat ke Korea Selatan

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya