Libur Imlek, Arus lalu Lintas Cawang-Semanggi Terpantau Lancar

Hujan mengguyur wilayah Jakarta Selatan

Jakarta, IDN Times - Tahun baru Imlek 2020 yang jatuh pada hari ini, Sabtu (25/1), arus lalu lintas arah Semanggi – Cawang terpantau lancar. Pada Sabtu pagi, di jalur menuju Cawang, Jakarta Timur, kendaraan bisa melaju dengan kecepatan lebih dari 40 km/jam. Tak dijumpai titik kemacetan sepanjang jalan menuju Cawang maupun Semanggi, Jakarta Selatan. Sementara kondisi cuaca, di wilayah Jakarta Selatan hujan gerimis.

Berbeda dengan situasi pada Jumat (24/1) malam, saat itu arus lalu lintas yang menuju Cawang maupun Semanggi terpantau padat merayap. Lalu lintas padat akibat hujan deras yang terus menerus mengguyur wilayah Jakarta sejak Jumat pagi hingga sore hari, dan menyebabkan banjir di sejumlah titik.

Baca Juga: [BREAKING] Monas Banjir Akibat Hujan Deras Sepanjang Jumat Pagi

1. KRL tujuan Bogor maupun Jakarta Kota dan Transjakarta juga lengang

Libur Imlek, Arus lalu Lintas Cawang-Semanggi Terpantau LancarIDNTimes/Anjani Eka Lestari

Tak seperti biasanya, kondisi di KRL juga lengang. KRL tujuan Bogor maupun Jakarta Kota, tidak penuh sesak. Berbanding terbalik dengan malam sebelum Imlek, hingga pukul 21.00 WIB terjadi penumpukan penumpang di sejumlah stasiun seperti Stasiun Jakarta Kota dan Stasiun Manggarai, yang merupakan stasiun transit terbesar. 

Begitu pula dengan Transjakarta, saat jam-jam sibuk, biasanya penumpang Transjakarta penuh sesak. Namun, pada Tahun baru Imlek ini, Transjakarta juga tampak lengang. Bus Transjakarta juga melaju tanpa hambatan dari pengendara motor maupun mobil yang menyerobot jalur busway.

2. Warga memilih menghabiskan waktu berburu diskon Imlek ke pusat perbelanjaan

Libur Imlek, Arus lalu Lintas Cawang-Semanggi Terpantau LancarMall Taman Anggrek (IDN Times/Cindi Nopitasari)

Libur Imlek yang bertepatan dengan libur akhir pekan, dimanfaatkan warga untuk berlibur. Tampak pusat-pusat perbelanjaan ramai dikunjungi warga. Terlebih lagi emak-emak yang suka belanja, memanfaatkan libur Imlek untuk berburu diskon spesial Imlek.

Selain pusat perbelanjaan, warga juga memilih menghabiskan waktu libur di tempat-tempat wisata seperti kawasan Kota Tua dan Ancol, yang selalu menjadi pilihan favorit warga karena dinilai murah dan merakyat.

3. Sejumlah wilayah Jakarta diguyur hujan

Libur Imlek, Arus lalu Lintas Cawang-Semanggi Terpantau LancarHujan melanda Kota Jakarta (IDN Times/Sunariyah)

Pada Tahun Baru Imlek ini, sejumlah wilayah Jakarta diguyur hujan pada Sabtu siang. BMKG memprediksi, hujan akan turun di wilayah Jaksel, Jakbar, dan Jaktim. Suhu udara di Jakarta berkisar 24-32 derajat Celcius dengan kelembaban sekitar 80-100 persen.

BMKG memperingatkan masyarakat tetap mewaspadai potensi hujan sedang-lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur pada malam hingga dini hari.

Baca Juga: Tahun Baru Imlek, Jakarta Akan Diguyur Hujan

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya