Sempat Banjir, Air di Monas Kini Sudah Surut  

BMKG peringatkan masyarakat waspadai hujan disertai petir

Jakarta, IDN Times - Hujan masih mengguyur wilayah Jakarta hingga Jumat (24/1) siang. Termasuk di kawasan Monuman Nasional (Monas) Jakarta Pusat.

Meski masih terjadi hujan, namun banjir yang sempat menggenangi kawasan Monas, tepatnya di pintu masuk Jalan Merdeka Barat, sudah surut.

Sebelumnya, pada Jumat pagi, Dishub DKI Jakarta melaporkan melalui akun Instagramnya, telah terjadi banjir di pintu masuk Monas, Jalan Merdeka Barat. Ketinggian air hingga 25 cm.

"Jalan Medan Merdeka Barat, pintu masuk monas, ketinggian air 20-25cm. #dishubdkijakarta," tulis Dishub DKI Jakarta memberi keterangan video yang diunggah di akun Instagram, @dishubdkijakarta.

Baca Juga: [BREAKING] Monas Banjir Akibat Hujan Deras Sepanjang Jumat Pagi

1. Pukul 14.00 WIB banjir sudah surut, tapi masih menyisakan genangan air di beberapa titik

Sempat Banjir, Air di Monas Kini Sudah Surut  Monas (IDN Times/Cindi Nopitasari)

Saat IDN Times menyambangi lokasi sekitar pukul 14.00 WIB lebih, banjir telah surut, menyisakan genangan-genangan di beberapa titik.

Begitu pun arus lalu lintas di Jalan Medan Merdeka Barat, sudah bergerak, tidak sepadat saat banjir melanda.

2. BMKG peringatkan masyarakat waspadai potensi hujan disertai kilat dan angin kencang

Sempat Banjir, Air di Monas Kini Sudah Surut  Monas (IDN Times/Cindi Nopitasari)

Hujan telah mengguyur hampir semua wilayah Jakarta sejak Jumat pagi. Berdasarkan prakiraan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), hujan akan mengguyur hingga dini hari.

BMKG memperingatkan agar masyarakat mewaspadai potensi hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang, dengan durasi singkat di wilayah Jakarta Utara dan Jakarta Pusat pada pagi hari, dan Jakarta Selatan serta Jakarta Timur pada sore hingga malam hari.

3. Banjir melanda sejumlah titik di Jakarta usai hujan deras

Sempat Banjir, Air di Monas Kini Sudah Surut  Banjir di Jalan Bungur Raya, Jakarta Pusat (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Akibat hujan deras, sejumlah wilayah di Jakarta digenangi banjir. Antara lain di Cawang UKI, Jakarta Timur, Pecenongan dan Gunung Sahari Jakarta Pusat, dan di Kelapa Gading Jakarta Utara.

Di Jalan Bungur Raya atau tepatnya di depan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, ketinggian air bahkan telah mencapai 30 cm pada pukul 10.20 WIB.

Sejumlah kendaraan yang hendak melintas baik roda dua dan empat, terpaksa harus mengurangi kecepatannya ketika melintasi jalan tersebut.

Sejumlah pengendara ada juga yang memilih berputar karena tidak ingin mengambil risiko kendaraannya terendam banjir.

Baca Juga: Hujan Deras, Banjir Landa Jakarta Timur, Pusat hingga Utara

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya