Tergelincir hingga Senggolan Sayap, Ini Insiden yang Libatkan Lion Air

Semoga ini yang terakhir, ya

Surabaya, IDN Times - Kecelakaan pesawat kembali terjadi Senin (29/10). Kali ini, pesawat Lion Air JT 610  rute Jakarta- Pangkalpinang dinyatakan hilang selang 13 menit seusai keberangkatan pukul 06.20 WIB. Tak lama setelah itu, puing yang diduga serpihan pesawat ditemukan di perairan Karawang, Jawa Barat. 

Hal ini seolah menambah deretan kecelakaan pesawat yang melibatkan maskapai Lion Air. Berikut adalah deretan kecelakaan pesawat berlogo kepala singa tersebut dalam kurun waktu lima tahun. 

1. Tahun 2013, Lion Air tergelincir dan masuk ke laut di Bali

Tergelincir hingga Senggolan Sayap, Ini Insiden yang Libatkan Lion AirANTARA FOTO/HO-Polda Bali

Pada Minggu, 13 April 2013,  Lion Air dengan rute Bandung-Bali tergelincir di Bandara Ngurah Rai, Denpasar Bali. Pesawat dengan yang membawa 108 penumpang itu gagal mendarat mulus dan tergelincir ke laut. Meski badan pesawat patah, tak ada korban dalam kejadian tersebut.

2. Lion nyaris bertabrakan dengan Garuda

Tergelincir hingga Senggolan Sayap, Ini Insiden yang Libatkan Lion AirIDN Times/Bayu D. Wicaksono

Kecelakaan Lion Air terjadi sebanyak dua kali di tahun 2016. Pertama, pada 10 Februari pesawat nyaris mengalami tabrakan dengan Garuda di langit Bali akibat cuaca buruk. Dalam kejadian itu, dua pesawat yang berpapasan hanya berjarak 121 meter

3. Tergelincir karena kesalahan pilot

Tergelincir hingga Senggolan Sayap, Ini Insiden yang Libatkan Lion AirIlustrasi/Istimewa

Masih di tahun yang sama, tepatnya tanggal 14 Desember 2016, ban pesawat tergelincir akibat adanya kesalahan pilot. Kejadian itu terjadi saat pesawat akan mengudara menuju Jakarta dari bandara Tjilik Riwut Palangkaraya. Meski tak ada korban, para penumpang sempat terjebak di dalam kabin pesawat selama 1,5 jam tanpa AC. 

Baca Juga: Kondisi Pesawat Lion Air JT 610 Disebut Layak Terbang

4. Sayap pesawat Lion Air bersenggolan dengan Wings Air di Medan

Tergelincir hingga Senggolan Sayap, Ini Insiden yang Libatkan Lion AirInstagram.com/fitricarlina

Kamis 3 Agustus 2017, insiden yang melibatkan Lion Air kembali terjadi. Kali ini, sayap pesawat Lion Air dan Wings Air bersenggolan di Bandara Kualanamu Medan, Sumatera Utara.  Meski tak ada korban, akibat adanya kecelakaan tersebut, ujung sayap kedua pesawat tersebut hancur.

5. Dekompresi bikin Lion Air mendarat darurat

Tergelincir hingga Senggolan Sayap, Ini Insiden yang Libatkan Lion AirANTARA FOTO/HO-Pertamina/wsj.

Sebelum adanya kecelakan pesawat Lion Air hari ini, Senin (29/10),  kecelakaan pesawat Lion Air sebelumnya juga pernah terjadi pada 1 april 2018 lalu. Saat itu, akibat adanya tekanan udara yang berkurang (dekompresi), pesawat Lion Air mendarat darurat di Bandara Sultan Mahmud Baharuddin II Palembang. 

Baca Juga: Puing Case HP Dikabarkan Korban Lion Air JT610 Ungkap Kisah Pilu

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya