InJourney Optimis Ekosistem Aviasi dan Pariwisata Pulih Lebih Cepat

Jumlah kunjungan wisatawan mulai tumbuh di semester I

Jakarta, IDN Times - PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney menjadikan  momentum peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 dengan penuh optimisme untuk dapat meraih kinerja lebih baik hingga akhir tahun 2022. 

InJourney mencatat peningkatan pergerakan jumlah kunjungan wisatawan mulai tumbuh pada periode semester I tahun 2022. Pertumbuhan ini ditopang oleh pemulihan ekonomi nasional dan menggeliatnya kembali industri pariwisata dalam negeri dengan program penanganan Covid-19 yang semakin terkendali juga dibarengi dengan semakin tingginya angka vaksinasi dan booster

1. Sektor aviasi, heritage management dan ritel dari InJourney mengalami peningkatan

InJourney Optimis Ekosistem Aviasi dan Pariwisata Pulih Lebih Cepat

Kondisi pertumbuhan ini mendorong aktivitas sektor usaha di anak perusahaan InJourney seperti sektor aviasi (PT Angkasa Pura I dan PT Angkasa Pura II), destinasi pariwisata heritage management (PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko), hotel (PT Hotel Indonesia Natour), dan ritel (PT Sarinah) mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Tercatat bahwa pergerakan pesawat dari Bulan Januari - Juni 2022 terealisasi sebesar 448.520 pergerakan atau meningkat 21,4% dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Sejalan dengan tumbuhnya angka pergerakan pesawat dan penumpang, di sektor perhotelan yang dikelola oleh anak perusahaan InJourney, PT Hotel Indonesia Natour, tercatat jumlah tamu yang datang sebanyak 10.675 orang atau meningkat 31,2% dari realisasi tahun lalu yang hanya sebanyak 8.137 orang.

Baca Juga: Indeks Pariwisata Bali Sudah Kalahkan Thailand, Vietnam, dan Malaysia 

2. Peningkatan ini sejalan dengan kebijakan pelonggaran mobilitas, promosi wisata serta berbagai event yang mulai ramai

InJourney Optimis Ekosistem Aviasi dan Pariwisata Pulih Lebih Cepat

"Peningkatan jumlah tamu yang datang serta jumlah kamar yang dihuni ini memberikan kontribusi yang baik untuk tingkat occupancy rate di sektor bisnis perhotelan anak usaha InJourney. Occupancy rate mengalami peningkatan sebesar 31,9% dari realisasi tahun sebelumnya di periode yang sama. Peningkatan ini sejalan dengan kebijakan pelonggaran mobilitas pada awal tahun lalu, promosi kawasan wisata serta mulai banyaknya kegiatan Meeting, Incentive, Convention, Exhibition (MICE) serta event-event lainnya yang diadakan di destinasi wisata," jelas Dony Oskaria, Direktur Utama InJourney.

Pada sektor destinasi wisata heritage management, tercatat jumlah pengguna jasa pada heritage park seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan, Candi Ratu Boko yang dikelola PT TWC sebanyak 1.737.213 orang yang terdiri sebanyak 1.722.918 orang wisatawan domestik dan sebanyak 14.925 orang wisatawan mancanegara. Angka tersebut juga menunjukkan peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.  

3. Industri retail: wajah baru Sarinah jadi ekosistem bisnis unggulan untuk industri kreatif dan merek lokal

InJourney Optimis Ekosistem Aviasi dan Pariwisata Pulih Lebih CepatPresiden Jokowi resmikan Gedung Sarinah (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Selain itu, kinerja Retail Management yang dikelola oleh PT Sarinah juga menunjukkan peningkatan signifikan, terutama semenjak dibukanya kembali Mall Sarinah pada pertengahan Maret 2022 lalu. Tercatat di semester I tahun 2022 dari sisi penjualan ritel sebesar Rp 21,45 miliar atau meningkat sebesar 484,7% dari realisasi periode yang sama tahun sebelumnya yang hanya sebesar Rp 3,67 miliar.

“Dengan telah diresmikannya wajah baru Sarinah oleh Presiden Republik Indonesia pada Juli 2022 lalu, hingga akhir tahun 2022 ini kami yakin pertumbuhan bisnis di sektor retail management yang dikelola oleh Sarinah akan terus meningkat, terlebih dengan telah bertransformasi menjadi ekosistem bisnis unggulan untuk industri kreatif dan merek lokal yang mengoptimalkan pada bisnis retail, trading, digital, dan property. Dengan konsisten untuk terus berinovasi, kami yakin bisnis ritel modern Sarinah ini akan terus tumbuh dan menguntungkan,” ujar Dony.

4. InJourney dibentuk sebagai salah satu upaya dari proses pemulihan bisnis sektor aviasi dan pariwisata

InJourney Optimis Ekosistem Aviasi dan Pariwisata Pulih Lebih CepatPresiden Jokowi Luncurkan Injourney Holding Pariwisata dan Pendukung di Lombok Tengah pada Kamis (13/1/2022). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Dony Oskaria menjelaskan bahwa InJourney sebagai Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung dibentuk sebagai salah satu upaya dari proses pemulihan bisnis sektor aviasi dan pariwisata. InJourney secara proaktif mendorong pertumbuhan traffic wisatawan di bandara, hotel, dan destinasi wisata dengan berkolaborasi dengan seluruh stakeholder pariwisata untuk aktivasi dan promosi pariwisata daerah, serta mengkonsolidasikan dan mengembangkan kemampuan guna secara optimal mampu  menangkap peluang dan monetisasi trafik yang tumbuh.

Untuk mengakselerasi pemulihan pariwisata di Indonesia, InJourney bersama anak usahanya dan berkolaborasi dengan stakeholders menciptakan beragam atraksi-atraksi di destinasi wisata agar dapat menciptakan magnet bagi para wisatawan untuk datang.

5. Berbagai inisiatif strategis dilakukan dalam upaya pemulihan bagi ekosistem aviasi dan pariwisata

InJourney Optimis Ekosistem Aviasi dan Pariwisata Pulih Lebih CepatBudaya Indonesia jadi daya tarik wisata (Dok. InJourney)

Pada semester II, InJourney terus konsisten untuk menciptakan atraksi dan memberikan  keberagaman hiburan bagi masyarakat dengan penyelenggaraan event dalam ‘three key tourism’ programs yaitu sport, art & music, cultural & culinary. Selain itu, InJourney tengah berfokus untuk kesiapan presidensi KTT G20 yang akan diselenggarakan pada November mendatang, perhelatan World Superbike 2022 di Mandalika, serta beberapa event seperti Toba Fun Bike di Sumatera Utara  pada Bulan September mendatang, dukungan untuk Festival Film Indonesia di Candi Borobudur dan Sarinah serta Re-Launching Taman Mini Indonesia Indah yang direncanakan pada bulan Oktober 2022.

Inisiatif strategis lainnya yang tengah InJourney lakukan untuk pengembangan pariwisata yakni transformasi bisnis Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kesehatan di Grand Inna Bali Beach (GIBB) Sanur,  pengembangan destinasi wisata di 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP), Kawasan Kota Lama Semarang, Bakauheni Harbour City, Sungai Siak Pekanbaru, dan sebagainya.

“Berbagai inisiatif strategis yang kami lakukan ini diharapkan dapat mendukung upaya pemulihan bagi ekosistem aviasi dan pariwisata lebih cepat dan bangkit lebih kuat pasca pandemik Covid-19 yang  menghantam lebih dari 2 tahun ini,” pungkas Dony. (WEB)

Baca Juga: Erick: Holding Pariwisata InJourney Akan Memaksimalkan Turis Nusantara

Topik:

  • Cynthia Kirana Dewi

Berita Terkini Lainnya