Presiden Jokowi Pantau Penyaluran Bansos di Balikpapan 

BLT BBM tersalurkan 99,7% dan BSU 72%

Balikpapan, IDN Times - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan bantuan langsung tunai (BLT) BBM dan bantuan subsidi upah (BSU) kepada 200 perwakilan penerima bantuan di Kantor Pos Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), Selasa, (25/10).

"Hari ini menyampaikan bantuan subsidi upah dan BLT BBM," kata Presiden Jokowi.

Penyerahan bantuan tersebut dilakukan di sela kunjungan kerja Presiden Jokowi di Balikpapan dan IKN Nusantara. Turut hadir pada penyaluran bantuan tersebut Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah, Direktur BPJS Ketenagakerjaan Anggoro Eko Cahyono, dan Gubernur Kaltim Isran Noor.

1. Jumlah penerima BLT BBM sebanyak 13 ribu orang dan penerima BSU 49 ribu orang

Presiden Jokowi Pantau Penyaluran Bansos di Balikpapan Presiden Jokowi pantau penyaluran bansos di Balikpapan (Dok. PT Pos Indonesia)

Adapun bantuan yang diberikan yakni BLT BBM Rp300 ribu per orang dan BSU sebesar Rp600 ribu per orang. Di Balikpapan jumlah penerima BLT BBM sebanyak 13 ribu orang, dan penerima BSU 49 ribu orang.

Di sela menyerahkan bantuan, Presiden Jokowi menyempatkan berdialog dengan warga Balikpapan penerima BLT BBM.

"Bantuan yang diberikan ini agar dapat digunakan sebaik-baiknya, untuk membeli keperluan bahan pokok, anak sekolah, dan kebutuhan lainnya," tutur Presiden Jokowi.

Baca Juga: Penyaluran BLT Tahap II, PT Pos Indonesia Siapkan Strategi Khusus

2. Presiden Jokowi juga memberikan bantuan modal kerja (BMK) sebesar Rp1,2 juta

Presiden Jokowi Pantau Penyaluran Bansos di Balikpapan Presiden Jokowi membagikan bantuan modal kerja di Istana Merdeka (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Tak hanya menyerahkan BLT BBM dan BSU, Presiden Jokowi juga memberikan bantuan modal kerja (BMK) sebesar Rp1,2 juta.

Terkait progress penyaluran BLT BBM, Presiden menyebutkan hampir rampung seluruhnya.

"Sampai saat ini BLT BBM sudah tersalurkan sebesar 99,7 persen. Jadi, hampir selesai. Sedangkan untuk subsidi upah sudah tersalurkan sebesar 72 persen, sisanya terus akan dikebut. Diharapkan dengan bantuan ini tingkat konsumsi dan daya beli masyarakat tetap terjaga, sehingga akan memengaruhi pertumbuhan ekonomi di daerah maupun secara nasional," kata Presiden Jokowi.

3. Menaker Ida Fauziyah menyebutkan penyaluran BSU sudah di tahap ke enam

Presiden Jokowi Pantau Penyaluran Bansos di Balikpapan Presiden Jokowi pantau penyaluran bansos di Balikpapan (Dok. PT Pos Indonesia)

Sementara itu, Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Ida Fauziyah menyebutkan penyaluran BSU sudah di tahap ke enam melalui Hank Himbara dengan total 71,46 persen.

"Sisanya mereka yang tidak memiliki rekening bank akan disalurkan melalui PT Pos Indonesia dan akan disalurkan dalam dua hari ke depan," kata Menaker Ida. 

Untuk BSU, pemerintah menganggarkan Rp8,8 triliun yang akan diberikan kepada 12,8 juta pekerja. BSU yang sudah tersalurkan sebesar Rp5,5 triliun. Khusus di Kaltim, calon penerima 393.819 orang, dan telah tersalur 251.300 orang, atau 63,81 persen.

4. BLT BBM dan BSU disalurkan melalui PT Pos Indonesia (Persero)

Presiden Jokowi Pantau Penyaluran Bansos di Balikpapan Penerima bansos di Balikpapan (Dok. PT Pos Indonesia)

BLT BBM dan BSU disalurkan melalui PT Pos Indonesia (Persero). Eksekutif General Manger Kantor Pos cabang Balikpapan Wendy Nugroho mengatakan pemberian bantuan di Balikpapan dilakukan langsungkan oleh Presiden, yaitu BLT BBM untuk 100 keluarga penerima manfaat (KPM) dan penerima BSU sebanyak 100 pekerja. 

"Teknisnya penerima bantuan membawa undangan dan diverifikasi datanya, kemudian baru bisa mendapatkan bantuan," ujar Wendy. (WEB)

Baca Juga: Pos Indonesia Kebut Penyaluran BLT BBM di Daerah 3T

Topik:

  • Cynthia Kirana Dewi

Berita Terkini Lainnya