Pertamina Suplai 20 Ribu Liter BBM untuk Polri Bantu Penanganan Gempa 

BBM yang disuplai yakni jenis Dexlite dan Pertamax

Jakarta, IDN Times - PT Pertamina turut mendukung langkah Polri dalam upaya penanggulangan bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Pertamina menyalurkan 20 ribu liter BBM untuk kendaraan operasional Polda Jawa Barat dalam kegiatan penanggulangan bencana tersebut.

Penyerahan 20 ribu liter BBM untuk kendaraan operasional Polda Jawa Barat itu sudah dilakukan dalam 2 tahap. Tahap pertama yakni 10 ribu liter BBM pada Rabu (23/11), dan tahap kedua yakni 10 ribu liter pada Sabtu (26/11) yang disalurkan dari Depot Pertamina Padalarang, Jawa Barat. BBM yang disuplai yakni jenis Dexlite dan Pertamax. Bantuan tersebut diterima langsung oleh Dirpamobvit Polda Jabar Kombes Pol M Hidayat.

"Pertamina menyalurkan total 20 ribu liter BBM untuk Polda Jawa Barat dalam rangka mendukung upaya penanggulangan bencana yang dilakukan Polri di Cianjur," kata Pjs VP Corporate Communication Pertamina Heppy Wulansari, Minggu (27/11).

1. BBM juga disalurkan untuk kendaraan operasional Kopassus dan seluruh mobil logistik Posko BUMN

Pertamina Suplai 20 Ribu Liter BBM untuk Polri Bantu Penanganan Gempa Penyerahan 20 ribu liter BBM untuk kendaraan operasional Polda Jawa Barat dalam upaya penanggulangan bencana gempa bumi (Dok. Pertamina)

Tak hanya untuk Polri, Pertamina juga menyalurkan BBM untuk kendaraan operasional Kopassus dan juga seluruh mobil logistik Posko BUMN yang mendistribusikan bantuan ke 40 desa terdampak gempa di Kabupaten Cianjur.

Pasca gempa Magnitudo 5,6 yang mengguncang Cianjur pada Senin (21/11) lalu, total bantuan yang sudah disalurkan Pertamina sebanyak Rp1,2 miliar. Bentuk bantuan yang disalurkan berupa BBM dan LPG, kesehatan (tim medis dan obat-obatan), perlengkapan harian serta sembako dan makanan siap saji.

Baca Juga: Pertamina Terus Salurkan Bantuan Korban Gempa Cianjur

2. Pertamina juga mengerahkan 6 orang dokter dan 4 orang tenaga medis, ambulans dan lainnya

Pertamina Suplai 20 Ribu Liter BBM untuk Polri Bantu Penanganan Gempa Kondisi tenda pengungsian darurat, Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Rabu (23/11/2022). Pada pukul 17.00 WIB Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memperbaharui data warga yang terdampak gempa Magnitudo 5,6 di Cianjur, per sore ini ada 61.908 orang yang mengungsi (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Beberapa barang yang disalurkan di antaranya, 156 tabung LPG 12 Kg, 1 Unit tenda pleton, 2 unit tenda serba guna, 130 lembar kasur lantai, 185 paket terpal, 740 lembar selimut, 355 lembar terpal, 300 lembar matras, 20 pasang sepatu boot, 3 unit genset, 3 unit velbed, 3 unit meja. 

Pertamina juga mengerahkan 6 orang dokter dan 4 orang tenaga medis (perawat) untuk membantu penanganan korban. Selain itu, Pertamina juga mengerahkan 2 unit ambulans dan 7 orang Perwira Pertamina untuk menjadi relawan BBM.

3. Merupakan aksi peduli dari Pertamina Grup untuk penanggulangan korban bencana Cianjur

Pertamina Suplai 20 Ribu Liter BBM untuk Polri Bantu Penanganan Gempa ilustrasi obat-obatan (IDN Times/Aditya Pratama)

Tak hanya itu, Pertamina Peduli juga telah memberikan bantuan sebanyak 1.339 pak popok bayi (diapers), 350 pak obat-obatan, 51 kotal masker media, 80 lembar kain bayi, 80 pak pembalut, 300 paket perlengkapan mandi, 200 pak diapers dewasa, 125 pak disposable pants, 20 pak hansaplast, 200 botol obat luka (Betadine), 35 pak Salonpas, 300 pak Tolak Angin, 250 lembar multivitamin, 250 kotak minyak kayu putih, 150 kotak makanan bayi, 150 kotak susu bayi.

"Semua bantuan ini merupakan aksi peduli dari Pertamina Grup untuk penanggulangan korban bencana Cianjur. Semoga upaya bersama ini bisa berdampak baik untuk masyarakat Cianjur," kata Heppy. (WEB)

Baca Juga: Pertamina Salurkan Beras dan Kebutuhan Umum untuk Korban Gempa Cianjur

Topik:

  • Cynthia Kirana Dewi

Berita Terkini Lainnya