Wabup Ciamis Ajak Masyarakat Berantas Peredaran Rokok Ilegal

Peredaran rokok tanpa izin cukai sangat merugikan negara

Ciamis, IDN Times - Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra mengajak seluruh masyarakat untuk memerangi peredaran rokok ilegal di Kabupaten Ciamis. Menurutnya, peredaran rokok tanpa izin cukai sangat merugikan negara.

"Pendapatan terbesar negara saat ini masih dari cukai rokok, dengan adanya peredaran rokok ilegal ini akan membuat pendapatan negara menurun,” ujarnya pada Selasa (23/05).

1. Beredar luasnya rokok ilegal akan berdampak secara signifikan pada penerimaan negara

Wabup Ciamis Ajak Masyarakat Berantas Peredaran Rokok Ilegalilustrasi cukai rokok (IDN Times/Arief Rahmat)

Hal tersebut diungkapkan Wabup, saat memberikan arahan, sekaligus membuka kegiatan Sosialisasi Peraturan Perundang-Undangan Bidang Cukai yang digelar oleh Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Ciamis di Aula Adipati Angganaya Bappeda Kabupaten Ciamis.

Wabup menuturkan beredar luasnya rokok ilegal akan berdampak secara signifikan pada penerimaan negara yang diakibatkan oleh hilangnya potensi penerimaan negara melalui cukai.

"Pada hakikatnya, cukai merupakan pungutan negara yang dikenakan terhadap barang-barang yang mempunyai sifat dan karakteristik tertentu sesuai undang-undang yang menjadi penerimaan negara untuk mewujudkan kesejahteraan, keadilan dan keseimbangan," katanya.

Baca Juga: Bupati Ciamis: Nasionalisme Harus Ditanamkan Sejak Dini

2. Peredaran rokok ilegal di Kabupaten Ciamis tahun 2022, rata-rata ilegal tanpa pita cukai

Wabup Ciamis Ajak Masyarakat Berantas Peredaran Rokok Ilegalwww.google.com

Dalam hal ini termasuk produk-produk yang masuk dalam kategori cukai hasil tembakau yang dibagikan kepada daerah provinsi penghasil cukai hasil tembakau sebesar dua persen dari penerimaan cukai.

Wabup menjelaskan, berdasarkan hasil kegiatan pengumpulan informasi dan operasi bersama terhadap peredaran rokok ilegal di Kabupaten Ciamis pada tahun 2022, rata-rata temuan di lapangan adalah beredarnya rokok ilegal tanpa pita cukai.

3. Wabup Ciamis meminta agar para peserta yang mengikuti sosialisasi mengikuti dengan sungguh-sungguh

Wabup Ciamis Ajak Masyarakat Berantas Peredaran Rokok IlegalHumas Ciamis

Menurutnya, temuan ini sebenarnya bisa dijadikan pedoman bagi masyarakat bahwa rokok yang tanpa pita cukai yang ditawarkan adalah rokok ilegal sehingga masyarakat bisa langsung menolaknya apabila ada yang menawarkan.

Oleh sebab itu, Wabup Ciamis meminta agar para peserta yang mengikuti sosialisasi tersebut dapat mengikutinya dengan sungguh-sungguh, sehingga informasi yang diberikan dapat tersampaikan dengan baik yang akhirnya mampu mengedukasi masyarakat secara akurat.

"Semakin banyak masyarakat yang diedukasi maka semakin besar harapan akan berkurangnya peredaran rokok ilegal di Kabupaten Ciamis," katanya. (WEB)

Baca Juga: Awas! Beli Rokok Ilegal Bisa Dipenjara 5 Tahun

Topik:

  • Cynthia Kirana Dewi

Berita Terkini Lainnya