Comscore Tracker

Tiongkok Kirim Alat Kesehatan untuk Atasi Virus Corona di Indonesia

Sudah diberangkatkan dari Shanghai, Tiongkok

Jakarta, IDN Times - Merebaknya virus corona COVID-19 di Indonesia dengan jumlah kasus yang terus meningkat, menyebabkan alat-alat kesehatan untuk menangani virus tersebut langka.

Untuk pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis yang berjuang mengatasi virus corona, Pemerintah Indonesia bekerja sama dengan Pemerintah Tiongkok untuk mendatangkan alat-alat kesehatan ke Indonesia untuk mengatasi wabah COVID-19.

Dikutip dari akun media sosial Chineseembassy, @ChineseEmbassyIndonesia, Selasa (24/3), Pemerintah Tiongkok telah memberangkatkan menuju Indonesia sejumlah alat dan fasilitas kesehatan dalam rangka memerangi wabah virus corona COVID-19.

Tiongkok sendiri dikatakan sudah berhasil menangani wabah virus corona di negara mereka.

Baca Juga: Korea Selatan Sukses Tekan Penyebaran Virus Corona, Ini Rahasianya

1. Pemberian alat dan fasilitas kesehatan sebagai ucapan terima kasih dari Tiongkok

Tiongkok Kirim Alat Kesehatan untuk Atasi Virus Corona di IndonesiaIlustrasi (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Disebutkan, pengiriman ini sebagai ucapan terima kasih dari Tiongkok, karena baik Pemerintah Indonesia maupun masyarakatnya telah mendukung Tiongkok untuk memerangi wabah tersebut.

Alat dan fasilitas kesehatan yang dikirimkan berupa alat tes virus corona, masker N95, masker bedah, baju pelindung, dan ventilator portabel.

Baca Juga: Tenaga Medis dan Alat-alat Disiapkan Cegah Virus Corona di Jawa Tengah

2. Tiongkok menganggap Indonesia sebagai teman dan tetangga

Tiongkok Kirim Alat Kesehatan untuk Atasi Virus Corona di IndonesiaANTARA FOTO/Kyodo via REUTERS

Tidak hanya sebagai teman, Tiongkok juga menganggap Indonesia sebagai tetangga dan juga mitra.

Tiongkok percaya, dengan adanya pimpinan dan arahan yang kuat dari Presiden Jokowi, Indonesia akan mampu melawan dan mengatasi wabah virus corona COVID-19.

Disebutkan juga, pemerintah daerah, perusahaan, dan perorangan di Tiongkok juga sedang aktif bertindak memberikan dukungan kepada masyarakat Indonesia.

3. Prabowo berterima kasih kepada Tiongkok

Tiongkok Kirim Alat Kesehatan untuk Atasi Virus Corona di IndonesiaMenteri Pertahanan Prabowo Subianto (kedua kanan) berbincang dengan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto (kanan) disaksikan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksdya TNI Yudo Margono (kiri) dan Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal (kedua kiri) saat tiba di Pangkalan Udara TNI AU Raden Sadjad, Ranai, Natuna, Kepualauan Riau, Rabu (5/2/2020) (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berterima kasih kepada Pemerintah Tiongkok atas kerja samanya mendatangkan sejumlah alat kesehatan ke Indonesia untuk mengatasi wabah virus corona COVID-19.

“Karena itu hari ini kami berterima kasih kepada semua unsur yang bekerja sama dan berterima kasih kepada Pemerintah RRT (Republik Rakyat Tiongkok) yang memfasilitasi semua,” kata Prabowo di Lanud Halim Perdanakusuma yang disiarkan langsung oleh Metro TV, Senin (23/3).

Menurut Prabowo, dalam situasi pandemik global ini, sudah seharusnya seluruh negara saling bekerja sama untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona COVID-19.

Baca Juga: Wabah COVID-19, Cristiano Ronaldo Borong Alat Medis untuk Sumbangan

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya