Comscore Tracker

Bandara Adisutjipto Tak Terdampak Larangan Terbang Boeing 737 Max

Maskapi sudah antisipasi dengan pesawat cadangan‎

Sleman, IDN Times - Sejumlah negara melarang penggunaan semua pesawat Boeing 737 Max, termasuk pemerintah Indonesia. Kementerian Perhubungan RI melarang semua pesawat jenis Boeing 737 MAX mengudara di Indonesia. Seperti diketahui, pesawat tipe ini digunakan oleh dua maskapai di Indonesia yaitu Garuda Indonesia dan Lion Air.

Lalu, apakah dampak pelarangan pesawat Boeing 737 Max akan berdampak pada menumpuknya penumpang atau keterlambatan pesawat di Bandara Adisutjipto Yogyakarta?

Baca Juga: Kemenhub Larang Semua Boeing 737 MAX Mengudara di RI Mulai 14 Maret

1. Pesawat Boeing 737 Max‎ tidak digunakan oleh maskapai yang beroperasi di Bandara Adisutjipto

Bandara Adisutjipto Tak Terdampak Larangan Terbang Boeing 737 Maxjetphotos.com/Dirk Gothe

General Manajer PT Angkasa Pura I, Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Agus Pandu Purnama mengatakan tidak ada dampak yang dirasakan oleh calon penumpang baik adanya penumpukan penumpang atau keterlambatan keberangkatan dan kedatangan.

"Jadi kita bersyukur karena selama ini seluruh maskapai penerbangan yang beroperasi di Bandara Adisutjipto Yogyakarta tidak ada yang menggunakan pesawat Boeing 737 Max sehingga tidak ada dampak sama sekali," ungkapnya kepada IDN Times, Jumat (15/3).

2. Penerbangan internasional juga tidak menggunakan Boeing 737 Max‎

Bandara Adisutjipto Tak Terdampak Larangan Terbang Boeing 737 MaxAktivitas di Bandara Adisutjipto - IDN Times/Daruwaskita

Sementara, maskapai yang melayani rute internasional dari dan menuju Yogyakarta juga tidak terbang dengan pesawat tersebut. Bandara Adisutjipto melayani rute Yogya - Kuala Lumpur dan sebaliknya, serta Yogya - Singapura dan sebaliknya.

"Penerbangan domestik dan luar negeri tidak ada maskapai yang menggunakan pesawat Boeing 7373 Max," kata pria yang berpangkat Kolonel Penerbang TNI AU ini.

3. Maskapai telah antisipasi dengan pesawat cadangan‎

Bandara Adisutjipto Tak Terdampak Larangan Terbang Boeing 737 MaxIDN Times/Daruwaskita

Dengan pelarangan terbang pesawat Boeing 737 MaX dan tidak adanya keterlambatan di Bandara Adisutjipto, dapat dipastikan maskapai yang selama ini menggunakan pesawat Boeing 737 Max sudah mempersiapkan pesawat cadangan sehingga tidak mengganggu operasional maskapai tersebut yang berdampak pada keterlambatan pesawat.

"Pasti kalau itu (pesawat cadangan) sudah disiapkan oleh maskapai menyusul keputusan pelarangan terbang sementara pesawat Boeing 737 Max," tuturnya.‎

Baca Juga: Amerika Serikat Setop Sementara Penggunaan Semua Boeing 737 MAX

Topic:

  • Yogie Fadila

Just For You