Comscore Tracker

Antisipasi Longsor Susulan, Calon Makam Sultan akan Ditutupi Terpal

Butuh waktu 3 hari untuk menutup seluruh bagian yang longsor

Bantul, IDN Times - Mengantisipasi longsoran susulan di area yang bakal jadi makam Sri Sultan HB X –hingga nantinya bisa berdampak pada rumah warga yang berada di sekitar Pajimatan, Imogiri, Kabupaten Bantul– BPBD DI Yogyakarta akan menutup sebagian bangunan calon makam Sultan HB X hingga titik longsor terakhir di RT 02, Dusun Kedung Buweng.

Baca Juga: Pemasangan Terpal Dinilai Tak Akan Efektif Cegah Longsor Susulan

1. Pemasangan terpal dimulai dari sisi barat bangunan calon makam HB X‎

Antisipasi Longsor Susulan, Calon Makam Sultan akan Ditutupi TerpalIDN Times/Daruwaskita

Menurut keterangan ‎Kepala Pelaksana BPBD DI Yogyakarta Biwara Yuswantana, penutupan bagian tanah yang longsor akan dimulai dari sisi barat tangga tertinggi dari calon makam Sri Sultan HB X hingga bangunan yang longsor.

Selanjutnya akan dipasang lagi terpal pada tanah yang longsor di bawah calon makam Sultan HB X hingga di titik terakhir longsoran di RT 02, Dusun Kedung Buweng.‎

"Ada tiga bagian nantinya terpal yang akan dipasang. Bagian paling atas atau di bangunan calon makam Sultan HB X, satu bagian terpal dengan lebar sekitar 50 meter, dilanjutkan terpal bagian bawah makam yang tanahnya turut longsor dengan menyesuaikan lebarnya," ucap Biwara.

2. Pemasangan dan penjahitan terpal melibatkan 70 relawan‎

Antisipasi Longsor Susulan, Calon Makam Sultan akan Ditutupi TerpalIDN Times/Daruwaskita

Demi menutup area longsoran tersebut dengan sempurna, BPBD DIY menyiapkan 200 potongan terpal yang dijahit menjadi tiga bagian.

"Kita menargetkan dalam satu hari bisa bisa memasang satu bagian terpal dan untuk mencapai target itu BPBD dibantu tak kurang dari 70 relawan untuk menjahit terpal," ujarnya.‎

Sedangkan pemasangan terpal pada bagian makam yang longsor, dengan lebar hampir 50 meter dan kedalaman lebih dari 100 meter, BPBD akan dibantu oleh relawan yang ahli dalam vertical rescue.

"Mereka sudah siap dan peralatan untuk pemasangan terpal pada bagian makam yang longsor," ungkapnya.

3. Pemasangan terpal ditargetkan selesai dalam 3 hari

Antisipasi Longsor Susulan, Calon Makam Sultan akan Ditutupi TerpalIDN Times/Daruwaskita

Biwara mengakui, menjahit terpal dengan jumlah 200 lembar tidaklah gampang meski sudah menggunakan mesin penjahit. Sehingga dia cukup puas jika timnya dapat memasang satu terpal per hari.

"Kita targetkan tiga hari paling cepat terpal bisa terpasang seluruhnya namun semua itu tergantung cuaca. Jika hujan pasti kita hentikan pemasangan terpal karena sangat berbahaya bagi relawan yang turut memasang terpal," kata Biwara.‎

Baca Juga: Dua Korban Longsor di Bantul Ditemukan Seperti Berpelukan

Topic:

  • Yogie Fadila

Just For You