Comscore Tracker

Densus 88 Amankan Bom Panci dari Terduga Teroris Gunungkidul

Petugas temukan senpi rakitan, busur panah, dan buku tauhid

Gunungkidul, IDN Times - Detasemen Khusus (Densus) 88 mengamankan panci yang diduga berisi bahan peledak saat menggerebek rumah milik Markino, warga Dusun Ngunut Tengah, Desa Ngunut, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Rabu (20/11). Petugas juga meledakkan bahan peledak yang diamankan tersebut.

Petugas mengamankan senapan, senjata api rakitan, dan bahan berbahaya lainnya dalam penggeledahan yang berlangsung sekitar enam jam tersebut.

1. Aparat meminta Ketua RT menyaksikan penggeledahan di rumah milik mertua Markino‎

Densus 88 Amankan Bom Panci dari Terduga Teroris GunungkidulKetua RW 02 Dusun Ngunut Tengah Sunarto. IDN Times/Daruwaskita

Ketua RT 02, Dusun Ngunut Tengah, Sunarto menjelaskan dirinya dihubungi oleh petugas saat sedang berada di ladang sekitar pukul 08.30 WIB. Sunarto kemudian diajak untuk menyaksikan penggeledahan di rumah mertua Markino, Marto Wasidi (80) dan juga barang milik Markino yang berada di belakang rumah.

"Jadi yang dibawa petugas ada panci yang jumlahnya ada empat kalau tidak salah. Di dalam panci itu ada bahan-bahan peledak namun saya kurang tahu. Ada kabel-kabel juga," ujarnya.

Dia mengungkapkan, satu panci yang ada bahan peledaknya diledakkan di depan rumah. "Saya disuruh minggir dulu saat peledakan," ujar dia.

Baca Juga: Bom Bunuh Diri Medan, Polri Tangkap 71 Terduga Teroris

2. Petugas mengamankan senjata api rakitan, busur panah hingga buku tauhid

Densus 88 Amankan Bom Panci dari Terduga Teroris Gunungkidul(Ruko tempat jualan kelontong milik terduga teroris di Gunungkidul) IDN Times/Daruwaskita

Dalam penggeledahan tersebut petugas juga mengamankan barang seperti buku, senapan angin laras panjang, senjata api rakitan, beberapa peluru, busur panah dan bahan peledak.

"Buku-buku ada 4. Saya baca sekilas tentang tauhid gitu," terang Sunarto.

3. Markino dan istri sudah diamankan petugas‎

Densus 88 Amankan Bom Panci dari Terduga Teroris GunungkidulSuasana dusun Ngunut, di sekitar rumah terduga teroris di Gunungkidul - IDN Times/Daruwaskita

Markino diketahui tidak kembali sejak pergi membeli bensin yang biasanya dia jual kembali di warungnya. Menurut Sunarto, dia sudah diamankan petugas Densus 88. Sementara istri Markino, Sukiyem (45) juga diamankan petugas.

"Markino dan istri tinggal satu rumah sedangkan anaknya kuliah di Kota Yogyakarta," terangnya.‎

Seperti diberitakan IDN Times sebelumnya, Densus 88 melakukan penggerebekan ke sebuah rumah di Dusun Ngunut Tengah, Desa Ngunut, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul.

Baik rumah yang jadi sasaran maupun jalan menuju Dusun Ngunut Tengah pun dipenuhi anggota polisi, sebagian menggunakan pakaian sipil. Polisi juga memasang garis polisi di sekitar rumah itu untuk mensterilkan lokasi.

Salah satu warga Dusun Ngunut Tengah, Jordan, mengaku petugas sudah berada di lokasi sejak pagi hari.  Sedangkan rumah yang digrebek polisi adalah semacam ruko yang ditinggali sepasang suami istri yang sehari-hari membuka warung kelontong.

Baca Juga: Densus 88 Gerebek Rumah Diduga Terkait Tindak Terorisme di Gunungkidul

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You