Comscore Tracker

Bank DBS Indonesia Beri Bantuan untuk Pekerja Harian Lepas

Bank DBS Indonesia terus berikan bantuan di tengah pandemik

IDN Times, Jakarta – Pandemik COVID-19 tak hanya merupakan bencana kesehatan, tetapi juga bencana ekonomi. Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan di banyak kota di Indonesia dengan tujuan memutus mata rantai penyebaran virus memaksa orang tetap tinggal di rumah, bekerja, belajar dari rumah. 

Dampak yang dialami oleh pedagang kaki lima Jakarta adalah hilangnya para pelanggan. Para pekerja harian termasuk dalam kelompok yang terdampak besar. Bank DBS Indonesia pun turut campur tangan guna membantu para pekerja harian lepas yang terdampak pandemik. Lantas, apa yang dilakukan Bank DBS Indonesia untuk membantu para pekerja harian lepas yang terdampak COVID-19 dari segi ekonomi?

1. Bank DBS Indonesia pun bekerjasama dengan FoodBank of Indonesia

Bank DBS Indonesia Beri Bantuan untuk Pekerja Harian LepasIDN Times / Auriga Agustina

Bank DBS Indonesia menghargai kegigihan FoodBank of Indonesia (FOI) dan mendukung mereka dalam menyalurkan makanan siap saji bagi para buruh lepas dan pekerja harian melalui donasi Stronger Together Fund. 

Kita harus menyadari bahwa untuk mengatasi pandemik ini kita perlu upaya kolektif semua pihak. Semangat DBS Group Stronger Together’ diwujudkan ke dalam bentuk gotong royong dan berbagi untuk mengurangi dampak buruk wabah Covid-19,” kata Presiden Direktur PT Bank DBS Indonesia, Paulus Sutisna.

Mari kita bersama-sama menyalurkan bantuan kepada pekerja harian lepas, yang menghadapi tantangan berat di saat ini,” tambahnya.

Baca Juga: Usaha Bank DBS Indonesia Bantu Pekerja Harian Lepas dengan Cara Ini 

2. Upaya mengurangi beban masyarakat

Bank DBS Indonesia Beri Bantuan untuk Pekerja Harian LepasShutterstock/LightField Studios

Foodbank of Indonesia (FOI) adalah organisasi kemasyarakatan yang berupaya mengurangi beban yang dihadapi sektor informal seperti pedagang kaki lima. Tujuan FOI adalah untuk memerangi kelaparan seperti yang tercantum sebagai salah satu dari 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. 

Tujuan yang merupakan bagian dari komitmen global ini tak hanya mengatasi kelaparan, tapi juga mencapai ketahanan pangan, meningkatkan gizi, dan mempromosikan pertanian yang berkelanjutan. Sejak pandemik COVID-19 memukul Indonesia, FOI meningkatkan upaya mereka melayani kelompok paling rentan, termasuk pedagang kaki lima, dengan cara mewujudkan slogan “Pangan untuk harapan, pangan untuk semua.”

3. Manfaat yang diberikan dari program ini

Bank DBS Indonesia Beri Bantuan untuk Pekerja Harian LepasIDN Times/Bank DBS Indonesia

Temasek kemudian bergabung dengan Bank DBS Indonesia untuk turut menyumbangkan makanan siap saji bagi mereka yang sekarang kehilangan pekerjaannya maupun yang kehilangan pelanggannya. FOI bersyukur mendapatkan kepercayaan untuk berupaya membuka akses pangan bagi masyarakat terbawah agar mereka tetap mendapatkan hak dasar atas pangan. 

Hal ini adalah esensi gerakan “Mereka Butuh Kita” yang disuarakan oleh FOI seperti yang disampaikan oleh pendiri Foodbank Indonesia, Hendro Utomo. “Hal ini juga menjadi model kerjasama bertetangga antara rakyat Singapura yang diwakili oleh Yayasan Temasek, sektor swasta yang diwakili Bank DBS Indonesia, dan organisasi kemasyarakatan seperti FOI dalam mengelola persoalan sosial saat ini dan di masa depan secara bersama.

4. Kata mereka

Bank DBS Indonesia Beri Bantuan untuk Pekerja Harian LepasShutterstock/Maharani afifah

Banyak pekerja sektor informal merasakan manfaat dari program ini. Salah satunya adalah Tembem, pengemudi ojek online. Ia mengaku terbantu dengan adanya kampanye Stronger Together Fund ini. 

Mengemudi ojek adalah mata pencaharian saya, tetap harus dijalani dalam situasi sulit ini. Sekarang sehari cuma bisa dapat 3 penumpang. Saya senang program pembagian makanan ini karena tak perlu ngeluarin uang untuk makan, jadi penghasilan bisa buat anak di rumah. Terima kasih Bank DBS Indonesia dan Temasek. Semoga programnya lancar terus,” kata Tembem.

Wah, semoga semakin banyak program bermanfaat seperti ini ya. Apakah kalian berminat membuat program seperti ini juga? (CSC)

Baca Juga: Bank DBS Terapkan 4 Hal Ini di Tengah Pandemik 

Topic:

  • Tisa Ajeng Misudanar Azryatiti

Berita Terkini Lainnya