Buruh Desak Ridwan Kamil Berikan Surat Penolakan UU Ciptaker ke Jokowi

Buruh minta Jokowi terbitkan Perppu

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menerima aspirasi ribuan buruh untuk mendesak Presiden Joko "Jokowi" Widodo membatalkan Omnibus Law Undang-Undang (UU) Cipta Kerja(ciptaker) dengan mengeluarkan Perppu.

Ribuan buruh melakukan aksi di depan Gedung Sate menolak tegas pelaksanaan Omnibus Law Undang-undang (UU) Cipta Kerja (Ciptaker) di depan Gedung Sate, Kamis(8/10/2020). UU ini dianggap sangat merugikan buruh karena banyak pasal yang akan menyengsarakan mereka di kemudian hari.

Emil menuturkan, aspirasi dari para buruh yang menolak UU Ciptaker harus didengarkan secara seksama dan baik-baik. Buruh menilai banyak aturan seperti pesangon, hak cuti, dan pelatihan yang tidak dibayar.

"Dan itu dianggap merugikan mereka (buruh)," ujar Emil dalam konferensi pers, Kamis (8/10/2020).

1. Presiden diminta terbitkan Perppu

Buruh Desak Ridwan Kamil Berikan Surat Penolakan UU Ciptaker ke JokowiIDN Times/Debbie Sutrisno

Menurut Emil, buruh pun paham bawah ada proses hukum yang bisa ditempuh untuk menghentikan pelaksanaan UU Ciptaker. Salah satunya dengan menerbitkan Peraturan Presiden Pengganti Undang-undang (Perppu) secepat mungkin.

"Jadi UU ini jangan dulu disahkan untuk dijalankan," ujar Emil.

Saat ini sudah ada surat yang ditandatangani Ridwan Kamil terkait dengan permintaan para buruh ini. Menurutnya, ada dua poin utama yang diinginkan para buruh.

"Pertama, menolak dengan tegas UU Omnibus Law. Kedua, meminta presiden mengeluarkan Perppu pengganti UU terhadap permasalahan ini," ujarnya.

2. Mudah-mudahan surat ini dibaca Presiden Jokowi

Buruh Desak Ridwan Kamil Berikan Surat Penolakan UU Ciptaker ke JokowiPresiden Jokowi kunjungan kerja ke Kalimantan Tengah (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Surat ini nantinya akan diberikan kepada Presiden Jokowi dan DPR. Emil pun berharap surat ini dibaca para petinggi, termasuk Presiden Joko Widodo.

Menurutnya, masih ada kesempatan untuk pemerintah tidak menjalankan UU ini. Maka, harapannya surat dari buruh dan masukan mereka bisa didengarkan.

3. Jangan sampai ada aksi anarkis dalam demo ini

Buruh Desak Ridwan Kamil Berikan Surat Penolakan UU Ciptaker ke JokowiIDN Times/Debbie Sutrisno

Di sisi lain, mantan Wali Kota Bandung ini pun berharap para buruh maupun massa lainny yang menolak UU Cipta Kerja bisa melakukan aksi dengan tertib. Aspirasi yang disampaikan jangan sampai berujung pada aksi anarkis yang merugikan orang lain.

"Kepada mereka yang bukan buruh untuk mengendalikan diri karena substansi dari permasalahan ini. Mudah-mudahan besok tidak ada lagi demo dan bisa kembali produktif," ujarnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya