Comscore Tracker

Temui Massa, Ridwan Kamil Janji Kirim Surat Aspirasi Buruh ke Jokowi

Jokowi diminta terbitkan Perppu untuk hentikan UU Ciptaker

Bandung, IDN Times - Demonstrasi buruh menolak Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) atau Omnibus Law di Jawa Barat, berpusat di depan Gedung Sate, Bandung. 

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menemui dan berdialog dengan buruh yang menggeruduk Gedung Sate, Kamis(8/10/2020). Dalam pertemuan itu, Emil sapaan akrab Ridwan Kamil, menerima surat aspirasi buruh untuk mendesak Presiden Joko "Jokowi" Widodo membatalkan UU Cipta Kerja dengan mengeluarkan Perppu.

Buruh menilai, UU Ciptaker sangat merugikan karena banyak pasal yang akan menyengsarakan mereka di kemudian hari. Di antaranya soal pesangon, hak cuti, dan pelatihan yang tidak dibayar.

Emil pun mengatakan, aspirasi buruh harus didengarkan secara seksama dan baik-baik. "Itu dianggap merugikan mereka (buruh)," ujar Emil saat menggelar konferensi pers.

Baca Juga: [BREAKING] Demo Omnibus Law Bandung Anarkis, 209 Orang Diamankan Polisi

1. Buruh desak Presiden Jokowi segera terbitkan Perppu untuk hentikan UU Ciptaker

Temui Massa, Ridwan Kamil Janji Kirim Surat Aspirasi Buruh ke JokowiIDN Times/Debbie Sutrisno

Menurut Emil, buruh paham bahwa ada proses hukum yang bisa ditempuh untuk menghentikan pelaksanaan UU Ciptaker. Salah satunya dengan menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) secepat mungkin.

"Jadi UU ini jangan dulu disahkan untuk dijalankan," ujar Emil.

Dia mengungkapkan, telah menerima surat aspirasi dari buruh dan telah menandatanganinya. Dalam surat itu, ada dua poin utama yang diinginkan para buruh.

"Pertama, menolak dengan tegas UU Omnibus Law. Kedua, meminta Presiden mengeluarkan Perppu pengganti UU terhadap permasalahan ini," ujar Ridwan Kamil.

2. Ridwan Kamil berharap Presiden Jokowi dan pejabat tinggi negara membaca surat aspirasi buruh

Temui Massa, Ridwan Kamil Janji Kirim Surat Aspirasi Buruh ke JokowiPresiden Jokowi kunjungan kerja ke Kalimantan Tengah (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Surat tersebut akan diberikan kepada Presiden Jokowi dan DPR. Ridwan Kamil pun berharap surat ini dibaca para pejabat tinggi negara, terutama Presiden Jokowi.

Menurutnya, masih ada kesempatan bagi pemerintah untuk tidak menjalankan UU Ciptaker. Karena itu, Emil berharap surat dari buruh dan masukan mereka bisa didengarkan.

3. Jangan sampai ada aksi anarkis dalam demo ini

Temui Massa, Ridwan Kamil Janji Kirim Surat Aspirasi Buruh ke JokowiIDN Times/Debbie Sutrisno

Di sisi lain, mantan Wali Kota Bandung ini berharap, massa demonstran yang menolak UU Cipta Kerja bisa melakukan aksi dengan tertib. Dia mengingatkan, jangan sampai penyampaian aspirasi ini berujung aksi anarkis yang merugikan orang lain.

"Kepada mereka yang bukan buruh untuk mengendalikan diri, mudah-mudahan besok tidak ada lagi demo dan bisa kembali produktif," ujar Ridwan Kamil.

Baca Juga: [BREAKING] Halte Bundaran HI Merah Membara Dibakar Massa Demonstran

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya