Comscore Tracker

2 Jurnalis Foto Alami Kekerasan pada Peringatan Hari Buruh di Bandung

Tim Prabu 3 menyangkal melakukan kekerasan terhadap jurnalis

Bandung, IDN Times - Dua jurnalis foto mengalami kekerasan saat meliput acara peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Kota Bandung, Jawa Barat. Diduga, kedua jurnalis itu dipukul oleh oknum Tim Prabu Polrestabes Bandung, Rabu (1/5).

Berdasarkan informasi, aksi kekerasan itu dialami dua jurnalis tersebut saat tengah meliput peringatan Hari Buruh Internasional yang berpusat di sekitar Gedung Sate. Kedua jurnalis foto itu yakni fotografer Tempo Prima Mulia dan jurnalis freelance Iqbal Kusumadireza (Reza).

Aksi kekerasan terhadap jurnalis itu terjadi sekitar pukul 11.30 WIB. Saat itu Reza dan Prima sedang berkeliling di sekitar Gedung Sate untuk memantau kondisi pergerakan massa buruh, yang akan berkumpul dan akan melakukan unjuk rasa. Saat tiba di Jalan Singaperbangsa, sekitar Dipatiukur, Prima dan Reza melihat ada keributan antara polisi dan massa yang didominasi berbaju hitam-hitam.

Reza dan Prima mengaku melihat massa berbaju hitam tersebut dipukul oleh polisi. Momen seperti ini jelas tidak ingin dilewatkan, dan keduanya pun langsung membidikan kamera ke arah kejadian tersebut.

Setelah pindah lokasi untuk mengabadikan gambar lain, Reza tiba-tiba dipiting oleh seorang anggota polisi. Menurut Reza, polisi tersebut dari satuan Tim Prabu Polrestabes Bandung dan menggunakan sepeda motor Klx dengan pelat nomor D 5001 TBS.

1. Kamera diambil dan tulang kaki kering diinjak berkali-kali

2 Jurnalis Foto Alami Kekerasan pada Peringatan Hari Buruh di Bandung(Ilustrasi kekerasan terhadap perempuan) IDN Times/Sukma Shakti

Reza menuturkan, ketika kejadian tersebut dia sempat ditanya dari mana. Reza pun menjawab kalau dia merupakan jurnalis yang tengah meliput, sembari menunjukkan kartu tanda pengenal.

Sayangnya, meski sudah menjelaskan profesi sebagai jurnalis, polisi tersebut justru mengambil kamera yang dipegang Reza sambil menginjak lutut dan tulang kaki kering kanannya berkali-kali.

"Sebelum kamera diambil juga udah ditendang-tendang. Saya mempertahankan kamera saya. Sambil bilang saya jurnalis,” kata Reza.

Setelah menguasai kamera Reza, polisi tersebut menghapus sejumlah gambar yang sudah diabadikan Reza.

Prima Mulia juga mengalami hal yang sama. Hanya saja, Prima tidak mendapat kekerasan fisik dari polisi. Prima mengaku disekap oleh tiga orang polisi dan mereka mengancam akan menghapus foto yang ada dalam kamera Prima.

2. Kapolrestabes Bandung sebut jurnalis yang bersangkutan tidak menunjukan kartu pengenal

2 Jurnalis Foto Alami Kekerasan pada Peringatan Hari Buruh di BandungPixabay.com/Alexas_Fotos

Dikonfirmasi, Kapolres Bandung Kombes Irman Sugema menyangkal dengan mengatakan, jurnalis yang bersangkutan tidak menunjukkan kartu tanda pengenal jurnalis saat ditanya oleh anggota kepolisian yang ada di tempat kejadian.

"Karena kan ada juga (pelaku) yang mengambil gambar. Jadi sebaiknya teman-teman media mohon kerja samanya," ujarnya.

Menurut Irman, kejadian ini terjadi karena koordinasi yang kurang tepat. Sebab pada saat kejadian, selain jurnalis ada juga pihak lain yang ikut mengambil gambar di mana mereka mengaku sebagai jurnalis padahal bukan.

Baca Juga: [Breaking] Ratusan Pelajar Diamankan Lakukan Vandalisme saat Mayday

3. Tim Prabu 3 menyangkal melakukan kekerasan

2 Jurnalis Foto Alami Kekerasan pada Peringatan Hari Buruh di BandungIDN Times/Debbie Sutrisni

Di sisi lain, Ketua Tim Prabu Tiga, Ipda Suyanto, menyangkal mengenai penyebutan nomor polisi kendaraan timnya. Menurut dia, tim ini justru yang membantu jurnalis bersangkutan ketika kameranya diambil polisi.

"Saya yang membantu salah satu awak media itu karena dia minta tolong diambilkan kembali kameranya. Ini malah saya yang jadi kena buntut maung," ujar Suyanto.

Dia menuturkan, dalam peristiwa seperti ini memang sulit memisahkan mana jurnalis yang benar dan tidak. Sebab, banyak pihak yang mengambil gambar pada saat itu. Dia pun memastikan, Tim Prabu 3 tidak akan melakukan kekerasan kepada jurnalis.

Baca Juga: 10 Tuntutan Buruh di May Day 2019

Topic:

  • Sunariyah

Just For You