Comscore Tracker

4 Acara Besar Ini Diduga Jadi Tempat Penyebaran Virus Corona di Jabar

Siapa pun yang ikut 4 acara itu diimbau segera rapid test

Bandung, IDN Times - Penyebaran virus corona COVID-19 terus meluas di Jawa Barat. Berdasarkan data di pikobar.jabarprov.go.id, Rabu (25/3) pukul 15.11 WIB, hingga saat ini sudah tercatat 60 kasus positif virus corona di Tanah Pasundan. Sementara yang meninggal 10 orang dan pasien sembuh 5 orang. 

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, beberapa orang yang positif virus corona adalah mereka yang menghadiri Musyawarah Daerah (Musda) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) di Kabupaten Karawang pada 9 Maret 2020, termasuk Bupati Karawang dan Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana.

Dengan data yang didapat, Ridwan Kamil yang akrab disapa Kang Emil, mengimbau siapa pun yang datang ke acara tersebut untuk segera melakukan rapid test atau tes cepat untuk mengetahui apakah terpapar virus corona COVID-19 atau tidak.

"Yang mendengar saya di media agar segera lapor kepada dinas kesehatan di kota/kabupaten masing-masing. Segera hari ini atau besok untuk dilakukan tes," ujar Emil dalam konferensi pers, Selasa (24/5).

Baca Juga: Pasien Positif Virus Corona di Jawa Barat Bertambah Jadi 10 Orang

1. Ada dua acara di Bogor yang sempat dihadiri orang pasitif virus corona dan satu di Lembang

4 Acara Besar Ini Diduga Jadi Tempat Penyebaran Virus Corona di JabarGrafik Virus Corona Jabar (IDN Times/Arief Rahmat)

Selain Musda HIPMI di Kabupaten Karawang, Emil mengatakan, ada dua acara besar lain di Bogor yang juga sempat didatangi pasien positif COVID-19. Satu merupakan acara keagamaan Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GIPB) yang dihadiri puluhan jemaat, kemudian satunya lagi acara seminar ekonomi syariah.

Selain itu, ada juga acara keagamaan yang dilakukan di Lembang, Kabupaten Bandung, di mana ada orang positif juga yang hadir di sana.

"Sehingga kami imbau kepada peserta yang ada di Lembang juga ikut melapor ke Dinkes untuk melakukan rapid test," imbau Emil.

2. Sudah ada tiga kepala daerah di Jabar terjangkit virus corona

4 Acara Besar Ini Diduga Jadi Tempat Penyebaran Virus Corona di JabarWali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto (Tangkapan Layar Video Instagram @bimaaryasugiarto)

Dengan diketahuinya status kesehatan Bupati Kawarang Cellica Nurrachdiana yang positif COVID-19, maka saat ini sudah ada tiga kepala daerah di Jabar yang terjangkit virus corona.

Dua kepala daerah lainnya adalah Wali Kota Bogor Bima Arya dan Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana.

3. Jumlah pasien meninggal akibat virus corona di Indonesia 55 orang

4 Acara Besar Ini Diduga Jadi Tempat Penyebaran Virus Corona di Jabar

Juru Bicara Penanganan Virus Corona COVID-19, Achmad Yurianto, sebelumnya menyampaikan jumlah korban meninggal akibat virus corona di Indonesia bertambah menjadi 55 orang. Sebelumnya, jumlah pasien meninggal 49 orang.

"Ada penambahan kasus meninggal, sehingga total kasus meninggal adalah 55 orang," ujar Yurianto melalui siaran langsung TVRI, Selasa (24/3).

Yuri melanjutkan, untuk jumlah kasus sembuh dari virus corona sejak Senin (23/3) pukul 12.00 WIB sampai Selasa pukul 12.00 WIB, masih belum ada penambahan.

"Tidak ada penambahan kasus sembuh, masih tetap sama 30 tetapi ada beberapa yang sudah sekali diperiksa spesimen negatif, kita akan tunggu ," kata Yuri.

https://www.youtube.com/embed/Bg4nZkBuZzQ

Baca Juga: [BREAKING] Bupati Karawang Positif Terpapar COVID-19

Topic:

  • Sunariyah
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya