Comscore Tracker

Hadir di Jabar, IDN Times Hyperlocal Disambut Antusias Millennial

IDN Times Hyperlocal akan hadir di 34 provinsi tahun ini

Bandung, IDN Times - Setelah empat tahun berdiri sebagai media daring yang mengusung pemberitaan untuk millennials dan gen z, IDN Times Hyperlocal Jabar akhirnya diresmikan, Selasa (26/3).

Peresmian yang dimeriahkan ratusan millennial dan gen z ini menghadirkan langsung Founder and CEO IDN Media Winston Utomo, Editor in Chief IDN Times Uni Lubis, Wakil Rektor III Universitas Telkom Bidang Admission, International Partnership, and Career, Dida Diah Damajanti, serta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Acara yang berlangsung meriah dengan dikemas dalam acara Millennial Forum dengan tema "Unleashing Inovation: Embracing Enterpreneurship DNA" itu berlangsung di Auditorium Damar, Telkom University, Jalan Buah Batu, Kota Bandung.

Dalam acara itu, ratusan millennial dan gen z yang hadir terlihat antusias untuk mendengarkan langsung pengalaman Winston yang berani memutuskan mengembangkan media, serta Ridwan Kamil sebagai pemimpin di Jawa Barat dengan kebijakannya demi kebaikan dan pembangunan di daerah.

Kedua pembicara ini juga memberikan tips kepada para millennials yang hadir untuk berani memperjuangkan cita-cita mereka, salah satunya menjadi seorang wirausaha di bidang apa pun.

1. Millennials antusias menghadiri acara ini

Hadir di Jabar, IDN Times Hyperlocal Disambut Antusias MillennialIDN Times/Galih Persiana

Sejak pukul 14.00 WIB, millennial dan sejumlah mahasiswa dari berbagai jurusan di Universitas Telkom terlihat antusias menghadiri peresmian IDN Times Hyperlocal Jabar. Hingga pukul 15.00 WIB antrean masuk gedung, bahkan masih mengular hingga ke lapangan parkir kendaraan di depan Auditorium Damar.

Kapasitas ruangan yang hanya mampu menampung sekitar 350 orang pun penuh sesak dalam waktu satu jam. Antusias yang cukup tinggi untuk menyaksikan pengalaman para pembicara, membuat mereka harus rela duduk di lantai, anak tangga, atau sedikit ruang agar bisa nyaman duduk. Bahkan tidak sedikit juga peserta yang hadir rela berdiri hingga acara usai.

Baca Juga: Ridwan Kamil dan IDN Times Ajak Millennial Bersama Membangun Negeri

2. Tahun ini jumlah hyperlocal mencapai 34

Hadir di Jabar, IDN Times Hyperlocal Disambut Antusias MillennialIDN Times/Galih Persiana

Editor in Chief IDN Times Uni Lubis menuturkan, hyperlocal di daerah seperti di Jabar memang menjadi salah satu kekuatan IDN Times agar bisa menyajikan berbagai pemberitaan terkini, sesuai yang ada di daerah tersebut. Bulan ini, jumlah hyperlocal diproyeksikan mencapai 10.

"Nah, sampai seluruh daerah ada hyperlocal kita upayakan tahun ini, 34 hyperlocal di seluruh Indonesia," ujar Uni.

Sebagai media untuk para millennial dan gen z, IDN Times pun membuat berbagai acara hingga mengembangkan konten Millennial Memilih yang menampung pertanyaan seputar pemilihan umum (pemilu) dari anak muda. Bahkan, pertanyaan terbaik mendapat hadiah uang tunai yang diundi setiap akhir pekan.

3. DNA millennial ada di Universitas Telkom

Hadir di Jabar, IDN Times Hyperlocal Disambut Antusias MillennialIDN Times/Galih Persiana

Wakil Rektor III Universitas Telkom Bidang Admission, International Partnership, and Carrer Dida Diah Damajanti mengatakan, DNA yang diusung IDN Times berkaitan dengan millennial sebenarnya sangat cocok dengan perkembangan Universitas Telkom, di mana jumlah mahasiswa yang termasuk lebih muda dari millennial mencapai 29 ribu.

Bahkan, dari total mahasiswa Telkom University sudah ada sekitar 30 persen yang mampu berwirausaha. "Visi kami pada 2023 pun ingin menjadi research and entrepreunerial university, cocok dengan teman hari ini," tutur Diah.

Untuk menunjang mahasiswa yang ingin mengembangkan usaha, Telkom University pun mempunyai program inkubasi bisnis hingga mempertemukan mereka dengan sejumlah investor yang bisa diajak bekerja sama.

"Kita membentuk ekosistem kampus untuk menciptakan entrepreneur baru," ujar dia.

4. Melakukan lima hal ini kalau hidup kamu ingin sukses

Hadir di Jabar, IDN Times Hyperlocal Disambut Antusias MillennialIDN Times/Galih Persiana

Selain memaparkan mengenai IDN Media, Winston mengajak mahasiswa agar bersedia mempelajari lima hal yang dalam lima tahun terakhir didapatnya ketika menahkodai IDN Media.

1. Itu semua adalah salahmu

Ungkapan ini disampaikan Winston agar setiap orang, termasuk mahasiswa yang mayoritas adalah generasi gen z bisa mengambil hikmah dari semua yang didapat, bahwa itu adalah salah mereka. Jangan sampai ketika ada musibah atau sesuatu yang tidak sesuai dengan keinginan, kemudian menyalahkan orang lain.

Mengapa demikian? Winston menuturkan, selama ini banyak orang, khususnya anak muda kerap menyalahkan pihak lain ketika mendapatkan hal yang tidak menyenangkan.

"Jangan berpikir apa yang terjadi karena salah orang lain, salah dosen, salah orang tua dan lain-lain. Hidupmu kayak gimana pun adalah urusan kamu sendiri, bukan orang lain," ujar dia.

2. Pilih pengalaman dari pada uang

Hal kedua yang dipaparkan Winston kepada mahasiswa adalah bagaimana dia sempat bimbang mengambil pekerjaan dengan gaji yang besar sebagai konsultan manajemen di Jakarta, dan menjadi salah satu karyawan di Google yang berkantor di Singapura.

Ketika sudah pada tahap akhir untuk masuk menjadi konsultan manajemen, Winston kemudian mendapat masukan dari sang ayah yang meminta dia berpikir ulang ketika mengambil semua pekerjaan.

"Coba kamu pilih mana yang paling mendekatkan mu dengan goal kamu," ujar Winston menirukan kata-kata sang ayah.

Setelah menimbang-nimbang, akhirnya Winston memutuskan menerima tawaran Google, yang kemudian memberikannya banyak pengalaman untuk membangun IDN Media hingga sebesar sekarang.

3. Jangan takut gagal, tapi takutlah tidak mencoba

Menurut Winston, sebagai anak muda, khususnya mahasiswa tidak ada salahnya melakukan berbagai macam hal. Dengan cara ini maka ke depan kita bisa mengurangi dampak negatif dalam membuat suatu keputusan.

4. Kontrol ego dan perbanyak mendengarkan

Untuk menjadi orang sukses, Winston juga meminta anak muda menurunkan ego dan lebih banyak mendengarkan, meskipun itu sebuah kritik atas kerja yang sudah dilakukan. Sebab kemampuan menerima kritik adalah hal yang bisa berdampak besar ketika kita ingin menjadi orang besar.

5. Tahu tujuan hidupmu

Terakhir, Winston mengimbau mahasiswa atau generasi millennials dan gen z agar bisa membuat tujuan hidup sedari awal. Dan jangan lupa mempersiapkan langkah yang ingin dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

"Mungkin tujuan satu orang dengan yang lainnya sama, tapi menjalaninya ada banyak jalan dan cara," kata Winston.

Baca Juga: Menteri Rudiantara Sebut IDN Times sebagai Model Bisnis Media Baru

Topic:

  • Rochmanudin
  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya