Comscore Tracker

IMS 2020: Aktif di Medsos, Ganjar Pranowo: Sendal Hilang pun Mengadu

#IMS2020 Pemimpin harus siap terima segala keluhan

Jakarta, IDN Times - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan menjadi seorang pemimpin harus bisa menjalin komunikasi dengan masyarakat yang dipimpinnya. Ganjar memilih gaya kepemimpinan yang menjadikan warganya seperti teman. Dengan begitu, 

"Gaya itu saya coba tunjukan setiap hari dengan cara, mudah berkomunikasi. Kalau jadi pemimpin, kita harus menerima segala keluhan rakyat yang datang. Karena rakyat yang datang sebagian besar akan mengeluh dan meminta kita mencarikan solusinya," ujar Ganjar menjadi pembicara di Indonesia Millennial Summit (IMS) 2020, Sabtu (18/1).

Menurut Ganjar, untuk bisa menjadi pemimpin yang baik maka komunikasi dengan masyarakat harus gampang. Dengan bantuan teknologi, mengadu pada pemimpin bisa langsung dilakukan melalui media sosial.

"Maka saya buka kemudian komunikasinya," terangnya.

Saat ini, Ganjar pun mempermudah akses komunikasi bagi masyarakat melalui aplikasi chat Whatssap (WA), pesan singkat (SMS), telepon, hingga penggunaan aplikasi. Berdasarkan rekapan data, semakin banyak masyarakat yang melaporkan keluhan mereka melalui aplikasi Lapor Gub.

Ganjar mengatakan keluhan yang masuk kepadanya saat ini tak melulu soal infrastruktur atau fasilitas lain yang dianggap tak layak. "Semua diomongin sampai soal sandal hilang. Ada yang bilang, Pak Ganjar gimana ini suami saya sudah seminggu gak pulang," ujarnya setengah guyon.

Menurutnya itu semua terjadi karena pemimpin itu ialah simbol solusi. Warga menyampaikan berbagai keluhan itu karena mereka berharap bisa mendapatkan solusinya.

"Maka kita harus berikan solusi. Satu saja yang saya bikin. Gak ada jaimnya, kita komunikasi apa adanya. Kalau gak bisa ngomong di depan mereka," kata dia.

IDN Times menggelar Indonesia Millennial Summit 2020. Acara dengan tema "Shaping Indonesia's Future" ini berlangsung pada 17-18 Januari 2020 di The Tribrata, Dharmawangsa, Jakarta.

IMS 2020 menghadirkan lebih dari 60 pembicara kompeten di berbagai bidang, dari politik, ekonomi, bisnis, olahraga, budaya, lintas agama, sosial, lingkungan sampai kepemimpinan millennial.

Ajang millennial terbesar di Tanah Air ini dihadiri oleh lebih dari 5.000 pemimpin millennial. Dalam IMS 2020, IDN Times juga meluncurkan Indonesia Millennial Report 2020 yang melibatkan 5.500 responden di 11 kota di Indonesia.

Survei yang dilakukan oleh IDN Research Institute bersama Nielsen bertujuan untuk memahami perilaku sekaligus menepis mitos stereotip di kalangan millennial.

Simak hasilnya di IMS 2020 dan ikuti perkembangannya di IDN Times.

https://www.youtube.com/embed/qR6JaX6AhQI

Baca Juga: [Foto] Begini Cara Ganjar Rayakan Hari Anti Korupsi Bareng Para Siswa

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya