Jokowi Janji Genangan Banjir di Kabupaten Bandung Lebih Cepat Surut

Terowongan Nanjung dinilai efektif tanggulangi banjir

Bandung, IDN Times - Presiden Joko 'Jokowi' Widodo meninjau Terowongan Nanjung, di Kabupaten Bandung, Rabu(29/1). Terowongan ini merupakan proyek dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk mempercepat penurunan genangan air dan dampak dari banjir di sekitar Bandung dan Kabupaten Bandung.

Dia menuturkan, pemerintah saat ini tengah fokus penanganan di hulu, salah satunya adalah penyelesaian terowongan Nanjung yang bisa mengalirkan air lebih cepat. Setelah ini, pemerintah pusat dibantu daerah bakal mempercepat pengerjaan proyek lainnya seperti kolam retensi di Cienteung, Gedebage, dan Andir.

"Untuk di Andir ini sudah selesai 100 persen. Kemudian ada pengerjaan sodetan Cisangkuy. Setelah ini semua selesai baru kita bicara genangan itu akan betul-betul sangat terkurangi banyak," ujar Jokowi usai melakukan tinjauan, Rabu (29/1).

1. Luasan lahan yang tergenang pun semakin berkurang

Jokowi Janji Genangan Banjir di Kabupaten Bandung Lebih Cepat SurutIDN Times/Debbie Sutrisno

Jokowi mengatakan, dari data yang dihimpun pemerintah daerah, luasan daerah yang tergenang banjir tahunan di Kabupaten Bandung dan Kota Bandung juga kian berkurang. Dari sekitar 490 hektare saat ini hanya menyisakan 80 hektare saja.

"Memang masih ada karena beberapa masih proses," ujarnya.

Misalnya, untuk kolam retensi dan sodetan seluruhnya akan diselesaikan tahun ini. Harapannya dengan program yang diselesaikan di bagian hulu ke depan pemerintah tinggal merampungkan program di bagian hilir.

"Ya memang tahapan-tahapannya seperti itu. Tahun ini Insyaallah selesai," kata dia.

2. Pengerjaan proyek penanggulangan banjir butuh waktu

Jokowi Janji Genangan Banjir di Kabupaten Bandung Lebih Cepat SurutIDN Times/Debbie Sutrisno

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan, pengerjaan proyek pengendalian banjir di Bandung raya memang tidak bisa cepat. Untuk proyek Terowongan Nanjung saya membutuhkan waktu sekitar tiga tahun.

Selesai di bagian atas, maka proyek akan berlanjut ke daerah bawah. Pengurangan dampak banjir pun harus berbarengan dengan rehabilitas lahan di kawasan hulu.

"Reboisasi semuanya. Kemudian kita sudah mulai pada track yang betul sehingga jangan sampai dalam penyelesaian ini ada yang menghambat proses," kata dia.

3. Jokowi sebut proyek Nanjung berjalan efektif

Jokowi Janji Genangan Banjir di Kabupaten Bandung Lebih Cepat SurutIDN Times/Debbie Sutrisno

Terkait dengan proyek Terowongan Nanjung, Jokowi juga mendapat informasi bahwa hasilnya positif. Proyek ini sangat membantu karena dari pengalaman biasanya jumlah kepala keluarga yang terendam mencapai 160 ribu Kk. Sedangkan dengan adanya proyek ini hanya mencapai 77 ribu KK.

"Ini angka-angkanya sudah kelihatan kalau sistem proyek yang tadi ssya sampaikan bisa diselesaikan," ujarnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya