Comscore Tracker

TKI Etty Toyib Bebas, Ridwan Kamil: Diyat Rp15 M Tak Sebanding Nyawa

Jangan sampai ada kejadian terulang terhadap pekerja migran

Bandung, IDN Times - Tenaga kerja Indonesia ( TKI) asal Majalengka, Jawa Barat, Etty bin Toyib bebas dari hukuman mati atas dakwaan membunuh majikannya, Faisal al-Ghamdi pada 2001. Etty dibebaskan setelah membayar diyat tebusan sebesar Rp15,5 miliar pada keluarga korban.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersyukur akhirnya Etty bin Toyib tiba di Tanah Air pada Senin 6 Juli 2020. Berkat upaya dari masyarakat Indonesia yang ikut menyumbang diyat, Etty akhirnya terbebas dari hukuman mati.

"Saya sudah tugaskan Disnaker menjemput, memfasilitasi kepulangan Etty Toyib ini. Saya ucapkan terima kasih juga karena beliau adalah warga Jabar (yang bisa diselamatkan)," ujar dia, Selasa (7/7/2020).

1. Ridwan Kamil berharap kasus Etty Toyib jadi pelajaran bagi semua pekerja migran

TKI Etty Toyib Bebas, Ridwan Kamil: Diyat Rp15 M Tak Sebanding Nyawa(Menaker Ida Fauziyah menyambut Etty di ruang VIP Bandara Soekarno-Hatta) www.twitter.com/@idafauziyah

Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, berharap agar kejadian ini menjadi pelajaran berharga bagi seluruh pekerja migran. Jangan sampai ada kasus serupa yang menimpa pekerja lainnya di negara manapun.

Emil menyebut, kasus yang menimpa Etty memang membuat Indonesia harus merogoh kocek cukup dalam. Meski demikian, berapapun nominalnya tidak akan sebanding dengan harga nyawa manusia.

"Ini harga yang sangat mahal. Tapi bagi kita satu nyawa sama mahalnya dengan seluruh nyawa, menyelamatkan satu manusia sama dengan menyelamatkan semua kemanusiaan. Harga tidak usah kita pikirkan, yang penting warga jabar selamat dari hukuman mati dan kembali di Tanah Air," ujarnya.

2. Pemda Majalengka diminta memberikan lowongan pekerjaan agar tak ada lagi masyarakat yang jadi buruh migran

TKI Etty Toyib Bebas, Ridwan Kamil: Diyat Rp15 M Tak Sebanding Nyawa(TKI Etty binti Thoyib tiba di Tanah Air) ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Emil pun meminta Bupati Majalengka bisa turun tangan memberikan bantuan. Termasuk kepada masyarakat lain yang sudah mendapat pekerjaan di dalam negeri.

Dia berharap pemerintah daerah mampu memberikan lowongan pekerjaan yang banyak sehingga tidak ada lagi masyarakat yang harus merantau ke luar negeri untuk sekadar bekerja kasar.

"Jangan ada lagi orang yang kepepet terus akhirnya mencari pekerjaan ke luar negeri. Seenak-enaknya kerja di luar, lebih enak di Tanah Air sendiri," kata dia.

3. Kepulangan Etty ke tanah air dijemput langsung oleh Menaker Ida Fauziyah

TKI Etty Toyib Bebas, Ridwan Kamil: Diyat Rp15 M Tak Sebanding Nyawa(Menaker Ida Fauziyah menyambut kedatangan TKI Etty binti Toyib) www.twitter.com/@idafauziyah

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, secara langsung menjemput kepulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang lolos dari hukuman mati, Etty binti Toyib di Arab Saudi. Dia bersyukur dan berterima kasih kepada seluruh elemen masyarakat karena atas dukungan semua pihak akhirnya Etty bisa pulang ke Indonesia.

"Saya sebagai pemerintah ingin menyampaikan terima kasih atas dukungan, partisipasi masyarakat, terutama dari keluarga besar NU melalui LAZISNU,” kata Ida saat menjemput Etty di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, melalui siaran pers pada Senin 6 Juli 2020.

Turut hadir menjemput kepulangan Etty, Kepala BP2MI, Benny Ramdhani; Wakil Ketua MPR RI, Jazilul Fawaid; Anggota DPR RI Komisi IX, Anggia Ermarini dan Nihayatul Wafiroh.

4. Kemenaker berjanji akan mengadvokasi pekerja migran lain yang mendapat masalah

TKI Etty Toyib Bebas, Ridwan Kamil: Diyat Rp15 M Tak Sebanding NyawaIDN Times/Kemnaker

Dengan adanya kasus ini, Ida memastikan Kementerian Tenaga Kerja berkomitmen terus mengadvokasi PMI yang tengah mengalami masalah tersebut. Bahkan dalam waktu dekat, pihaknya akan menjemput PMI yang mengalami masalah imigrasi di Malaysia dan akan segera pulang.

“Dalam waktu dekat kami akan menjemput teman-teman yang mengalami masalah imigrasi di Malaysia yang alhamdulillah dibebaskan dengan tanpa denda. Itu juga atas kerja keras semua pihak melalukan diplomasi dengan teman-teman di Malaysia,” katanya.

Baca Juga: Lolos dari Hukuman Mati, Etty Toyib Pulang ke Majalengka

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya