Comscore Tracker

Ridwan Kamil: Pemenang Desain Ibu Kota Baru Juga Arsitek Kalimalang

Ridwan Kamil menilai desain ibu kota baru sangat cemerlang

Bandung, IDN Times - Urban+ menjadi pemenang utama sayembara gagasan desain kawasan Ibu Kota Negara (IKN) yang diadakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Disaksikan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, desain Nagara Rimba Nusantara diumumkan sebagai pemenang sayembara di Auditorium Kementerian PUPR, Jakarta, Senin (23/12).

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang ikut serta dalam penjurian ini menyebut desain karya Sibarani Sofian yang menjadi juara memang layak. Sebab, dia mampu memadupadankan semua unsur lokal dan kemajuan teknologi dalam kota tersebut. Dia menyebut, Sibarani merupakan alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) yang desainnya juga akan digunakan untuk perbaikan Kalimalang.

"Dia itu arsitek yang juga mendesain Kalimalang. Sibarani ini pimpinan timnya," ujar Ridwan Kamil ditemui di Gedung Sate, Bandung.

1. Ridwan Kamil menilai desain ibu kota baru karya Sibarani sangat cemerlang

Ridwan Kamil: Pemenang Desain Ibu Kota Baru Juga Arsitek KalimalangIDN Times/Yogi Pasha

Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, tak bisa menutupi kegembiraannya atas kemenangan desain Sibarani. Sebab ide desain itu sangat cemerlang.

Selama ini Emil agak takut dengan desain ibu kota baru di Kalimantan Timur akan seperti apa. Namun, dengan terpilihnya desain ini dia merasa lega.

"Sekarang saya tenang. Kenapa saja jadi juri karena ingin mengawal jangan sampai (desain ibu kota) salah. Itu (desain Sibarani) juga pilihan saya," ujarnya.

2. Jokowi senang dalam desain posisi Istana Negara dibuat persis di atas bukit sesuai dengan keinginannya

Ridwan Kamil: Pemenang Desain Ibu Kota Baru Juga Arsitek KalimalangMiniatur pemenang desain ibu kota negara. (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Menurut Emil, Presiden Joko 'Jokowi' Widodo kepincut dengan desain yang dihasilkan Sibarani. Dalam desain tersebut fungsi berbagai elemen bisa dipertanggungjawabkan. Selain itu desain ini efisien sehingga tidak memakan banyak lahan.

Di sisi lain desain ini memperlihatkan identitas Indonesia dengan keberadaan danau Pancasila. Di danau tersebut ada bangunan yang mencirikan lima sila dalam Pancasila.

"Kemudian ada koridor monumen dan ini sangat penting untuk sebuah ibu kota. Posisi Istana Negara yang dibuat juga persis di atas bukit sesuai dengan posisi yang diinginkan presiden," ujar Emil.

Baca Juga: Diganjar Hadiah Rp2 Miliar, Urban+ Jadi Pemenang Desain Ibu Kota Baru

3. Desain Urban+ menggunakan lahan 40 hektare

Ridwan Kamil: Pemenang Desain Ibu Kota Baru Juga Arsitek KalimalangMiniatur desain pemenang sayembara ibu kota negara baru. (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Emil yang juga seorang arsitek menyebut dalam desain ini menggabungkan konteks air, hutan, pelestarian satwa yang bergaung dalam satu irama pembangunan.

Selain itu, tim ini mampu membuat desain yang paling keren dibandingkan dengan desain kota yang ada di Indonesia. Di mana masyarakat bisa berjalan kaki, kemudian modelnya smart city dan ada central park di dalamnya.

"Lahan yang digunakan sekitar 40 ribu hektare," kata dia.

Tak hanya bangunan, dalam desain ini juga ada letak hunian yang nantinya bisa digunakan masyarakat.

Baca Juga: Siap-siap, Ada Sayembara Istana Presiden dan Gedung DPR Ibu Kota Baru

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya