Perbaikan Jalan Ambles di Tol Cipali KM 122 Butuh Dua Pekan

Banjir di kawasan pantura mengakibatkan banyak kerusakan

Bandung, IDN Times - Kondisi curah hujan yang tinggi dan terus menerus yang terjadi di wilayah Jawa Barat khususnya di ruas Tol Cipali. Alhasil, jalan di kilometer (KM) 122 +400 yang mengarah ke Jakarta mengalami amblas.

Kondisi ini menyebabkan jalan tidak dapat dilalui oleh kendaraan sehingga dilakukan penutupan dan diberlakukan contra flow (arus searah) mulai dari KM 117 hingga KM 126.

Direktur Operasi ASTRA Tol Cipali Agung Prasetyo mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kepolisian untuk rekayasa lalin dan diberlakukan contra flow dari kepolisian mulai pukul 01.00 pada tanggal 9 Februari 2021. Saat ini telah dilaksanakan mekanisme contra flow untuk mengurangi beban pada jalan dan juga memitigasi kemacetan.

Untuk mengurangi beban lalu lintas, dibangun lajur darurat di median, diperkirakan memakan waktu tiga hari.

"Kami juga sudah berkoordinasi dengan kontraktor untuk melakukan pekerjaan perawatan jalan pada KM 122+400, diperkirakan memakan waktu 2 minggu," kata Agung Prasetyo melalui siaran pers, Selasa (9/2/2021).

1. Terjadi kecamaten dampak amblesnya di Tol Cipali

Perbaikan Jalan Ambles di Tol Cipali KM 122 Butuh Dua PekanIlustrasi kemacetan di jalur pantura. IDN Times/Haikal Adithya

Hujan deras beberapa terakhir di wilayah Jawa Barat, membuat ruas jalan Tol Cipali di Km 122.400 jalur B (Cikampek-Palimanan arah Jakarta) mengalami amblas. Akibatnya, puluhan kendaraan yang hendak melintas di jalur tersebut terjebak kemacetan hingga 30 meter.

Petugas polisi Regional Traffic Management Centre (RTMC) Polda Jawa Barat pun memberlakukan contra flow sepanjang Km 126 sampai dengan Km 117 Tol Cipali. Bahu jalan Tol Cipali tersebut amblas sedalam dua meter di lajur satu.

Petugas RTMC Polda Jawa Barat, Dony melalui akun resmi Instagram @rtmcpoldajabar mengindikasikan bahwa petugas polisi sedang melaksanakan giat contra flow di Tol Cipali Km 122.400 arah Jakarta.

2. Pengguna jalan Tol Cipali arah Jakarta diimbau lebih berhati-hati

Perbaikan Jalan Ambles di Tol Cipali KM 122 Butuh Dua PekanIDN Times/Debbie Sutrisno

Dony juga mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati dan mengikuti arahan dari petugas kepolisian di titik lokasi Tol Amblas.

“Kami mengimbau agar pengguna tetap berhati-hati, mengikuti aturan dan arahan dari petugas di lapangan,” ujarnya.

3. Masyarakat di kawasan pantura mesti waspada bencana banjir

Perbaikan Jalan Ambles di Tol Cipali KM 122 Butuh Dua PekanIDN Times/Aji

Sejumlah daerah di Jawa Barat mengalami bencana banjir. Banjir mayoritas terjadi di kawasan pantai utara (pantura) mulai dari Bekasi, Karawang, Purwakarta, Indramayu, hingga Majalengka.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah melakukan koordinasi dengan para pemangku kebijakan termasuk BPBD Jawa Barat dalam penanganan dampak banjir tersebut.

"Ada bencana banjir di banyak tempat sesuai yang kita antisipasi. Sudah kami arahkan agar kewaspadaan siaga I banjir sudah kami sampaikan. Hari ini BPBD porvinsi bersama kota kabupaten mendatangi lokasi banjir untuk mengevakuasi, khususnya di pantura," ujar Emil.
Di Kabupaten Indramayu misalnya, gendangan banjir terjadi akibat luapan Sungai Cimanuk ditambah curah hujan tinggi sejak Minggu (7/2/2021). Berdasarkan catatan, sedikitnya sembilan kecamatan di Kabupaten Indramayu terendam banjir. 

Hingga Senin (8/2/2021) siang, intensitas hujan masih mengguyur di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Tim SAR gabungan pun mengevakuasi warga terdampak banjir di sejumlah lokasi ke tempat lebih aman.

Banjir di Indramayu pun membuat jalur pantura Indramayu-Jakarta tergenang. Akibatnya, antrean kendaraan terjadi dari arah Cirebon hingga Jakarta dan sebaliknya.

Genangan terjadi tepatnya berlokasi di Kecamatan Losarang dengan ketinggian air mencapai 39 cm. Pengendara terpaksa memperlambat laju kendaraannya agar tetap bisa melewati jalan dengan aman.

"Kalau mau menerobos, harus pelan-pelan. Akibatnya terjadi antrean kendaraan," ujar Dedy, pengendara yang melintasi jalur pantura.

Baca Juga: [FOTO] Semarang Dikepung Banjir, Jalur Pantura Putus

Baca Juga: Banjir Kabupaten Subang, Jalan Menuju Pamanukan Lumpuh

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya