Comscore Tracker

Polisi Amankan Mobil YouTuber Ferdian Paleka yang Dipakai dalam Vlog

Pencarian terhadap tersangka terus dilakukan kepolisian

Bandung, IDN Times - Hingga saat ini polisi masih mencari YouTuber Ferdian Paleka terkait kasus video prank kardus sembako berisi sampah yang dilakukan  bersama sejumlah temannya. Ferdian menghilang setelah videonya viral dan mendapat hujatan dari masyarakat.

Jajaran Polrestabes Bandung masih melakukan penyelidikan terkait kasus tersebut dan polisi sudah mengamankan mobil yang digunakan Ferdian dalam video tersebut saat melakukan penipuan pembagian sembako pada waria atau transpuan tersebut.

"Kita sudah berhasil mengamankan mobil yang digunakan oleh para pelaku," ujar Kasat Reskrim Polrestabes Bandung AKBP Galih Indragiri saat dikonfirmasi, Rabu (6/5).

Giri masih enggan menjelaskan secara rinci mengenai penyitaan mobil tersebut. Namun dipastikan mobil bercat hitam bernomor polisi D 1030 CW itu milik Ferdian.

1. Polisi buru Ferdian bersama rekannya berinisial A

Polisi Amankan Mobil YouTuber Ferdian Paleka yang Dipakai dalam Vlog(Mobil milik YouTuber Ferdian Paleka diamankan polisi) Dok. IDN Times/Istimewa

Galih mengatakan, polisi masih terus melakukan penyelidikan dan memburu aktor utama yakni Ferdian Paleka. Polisi pun sudah memeriksa sejumlah saksi. Total ada empat saksi yang diperiksa, semuanya korban prank Ferdian dan rekannya.

"Saksi sementara ada empat ya yang sudah kita periksa. Ini akan berkembang nantinya, melihat dari perkembangan situasi dan hasil pemeriksaan-pemeriksaan kita yang sebelumnya," tutur Galih.

Baca Juga: Ikut Prank Bareng Ferdian Paleka, Polisi Tetapkan TF Jadi Tersangka

2. Gubernur Jabar Ridwan Kamil minta YouTuber yang bagikan sampah ditindak tegas

Polisi Amankan Mobil YouTuber Ferdian Paleka yang Dipakai dalam VlogDok.Humas Jabar

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengecam tindakan amoral YouTuber asal Bandung yang sempat viral di media sosial karena konten prank memberikan kotak sembako yang ternyata berisi sampah kepada transpuan dan anak-anak di jalanan.

Menurut Emil, proses hukum kepada yang bersangkutan bersama sejumlah temannya harus ditegakkan. Sehingga ada efek jera kepada mereka yang melakukan tindak amoral seperti ini.

"Seharusnya di bulan Ramadan ini akhlak baik naik, ini malah turun," ujar Emil saat ditemui di Cimahi, Selasa (5/5).

3. Ridwan Kamil sebut perilaku Ferdian Paleka contoh terburuk dari sifat manusia

Polisi Amankan Mobil YouTuber Ferdian Paleka yang Dipakai dalam VlogInstagram.com/lambe_turah

Emil mengatakan, apa yang dilakukan pria bernama Ferdian Paleka bersama rekannya adalah tindakan yang menghinakan sesama manusia. Meski yang bersangkutan telah meminta maaf tapi ucapan tersebut tidak serius.

"Di bulan Ramadan kita harusnya tolong menolong, ini malah bikin prank. Itu (video) minta maaf juga bohong. Itu contoh terburuk dari sifat manusia," paparnya.

4. Warga millennial Jabar harus buat konten yang kreatif dan bermanfaat

Polisi Amankan Mobil YouTuber Ferdian Paleka yang Dipakai dalam VlogInstagram.com/Ferdianpalekaaa

Emil juga berpesan pada YouTuber ataupun konten kreator asal Bandung untuk membuat konten yang positif agar memberikan contoh yang baik bagi penontonnya.

"Kreatiflah dengan positif jangan membuat konten negatif dengan menghinakan manusia lainnya dengan ketenaran," ujarnya.

Baca Juga: Kasus Prank Sembako Sampah Ferdian Paleka, Transpuan Angkat Bicara

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya