Ridwan Kamil Sebut PNS Sangat Memungkinkan Kerja dari Rumah

Tapi semua ini mesti dikaji karena ada plus minusnya

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberi sinyal positif terkait wacana aparatur sipil negara (ASN/PNS) untuk bekerja tidak dari kantor melainkan dari rumah masing-masing. Dia menyebutkan, dalam sebuah pekerjaan hal yang paling penting adalah produktivitas yang bersangkutan atas hal yang dikerjakan.

"Jadi asal bisa menyesuaikan selama target dan produktivitas, bisa dipertanggungjawabkan," ujar Ridwan Kamil, Minggu (11/8).

Emil, sapaan akrabnya, menuturkan, ketika ASN bekerja dari rumah mereka tetap harus dipantau. Jangan sampai ketika wacana ini dijalankan pekerjaan sebagai seorang pegawai negeri justru terbengkalai dan merugikan masyarakat.

1. Sejumlah bidang memang memungkinkan dikerjakan dari rumah

Ridwan Kamil Sebut PNS Sangat Memungkinkan Kerja dari RumahIDN Times/Yogi Pasha

Menurut mantan Wali Kota Bandung ini, ketika teknologi semakin berkembang maka kemungkinan ada sejumlah bidang yang selama ini bisa dikerjakan di kantor kemudian mampu dilakukan di rumah. Apalagi yang berhubungan dengan media sosial atau informasi aduan dari masyarakat.

"Aduan online itu bisa dikerjakan di mana saja tanpa harus bertemu orang," ujarnya.

Kemudian untuk ketika hal ini harus dikomunikasikan dengan pihak lain, operator tersebut bisa mengkonversi melalui teknologi. "Dan saya kira itu masih memungkinkan," kata dia.

2. Tetap harus dikaji

Ridwan Kamil Sebut PNS Sangat Memungkinkan Kerja dari RumahIDN Times/Maulana

Meski demikian, Emil memang menyebut tidak semua pekerjaan ASN bisa dilakukan di rumah karena ada yang mengharuskan sebuahh pekerjaan bertatap muka dalam kegiatan keseharian. Untuk itu dia pun meminta pemerintah pusat tetap melakukan kajian dan bereksperimen.

"Karena pasti ada plus minusnya," papar Emil.

3. Birokrasi 4.0 bisa dilakukan dengan kecanggihan teknologi

Ridwan Kamil Sebut PNS Sangat Memungkinkan Kerja dari RumahPexels/Lisa Fotios

Sebelumnya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokraasi (Kemenpan-RB membuka wacana ASN bekerja dari rumah. Deputi Bidang SDM Aparatur Kemenpan-RB, Setiawan Wangsaatmaja menyebut kepintaran ASN dalam menggunakan teknologi menggiring sistem pemerintahan Indonesia ke birokrasi 4.0.

Dengan keahlian dan kecanggihan teknologi, maka ASN ke depan tidak perlu ke kantor dan bisa bekerja dari rumah. "Birokrasi 4.0 memiliki empat indikator. Indikator tersebut adalah percepatanan layanan, efisiensi layanan, akurasi layanan, fleksibilitas kerja, dan berdampak sosial. Dengan fleksibilitas waktu kerja ASN, pekerjaan tidak harus dikerjakan di kantor," kata Setiawan akhir pekan kemarin.

Di masa mendatang, lanjutnya, beberapa pekerjaan bisa dikerjakan melalui ponsel pintar karena dirasa akan lebih efisien dan memperpendek alur birokrasi.

Baca Juga: Kemenpan RB Buka Kemungkinan PNS Bisa Kerja dari Rumah

Baca Juga: Dirjend Kemendikbud Minta Guru PNS Fungsional Diaktifkan Kembali

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya