Sebelum Jadi Tersangka, Ridwan Kamil Pernah Bela Iwa Karniwa

Seorang Sekda seharusnya tak berurusan dengan perizinan

Bandung, IDN Times - Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat Iwa Karniwa akhirnya ditetapkan sebagai salah satu tersangka kasus korupsi mega proyek Meikarta oleh KPK, Senin(29/7). 

Pada saat kasus dibahas di persidangan Pengadilan Negeri Bandung, nama Iwa kerap disebut oleh sejumlah saksi dan tersangka terkait perannya meminta uang suap. Namun, Iwa sendiri menampik pernyataan tersebut.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bahkan sempat membela Iwa Karniwa terkait kasus ini. Pada pertengahan Januari 2019, dia meminta semua pihak mengedepankan asas praduga tak bersalah terkait disebutnya nama Iwa dalam sidang lanjutan perkara suap Meikarta, di Pengadilan Tipikor Bandung.

"Kita kedepankan asas praduga tak bersalah, kan baru satu pihak menyampaikan informasi. Tentu harus dikonfirmasi. Kalau saya dengar juga kan masih katanya bukan kesaksian langsung," kata Kamil dilansir antara.

1. Ridwan Kamil akan ikuti aspek hukum yang berlaku

Sebelum Jadi Tersangka, Ridwan Kamil Pernah Bela Iwa KarniwaIDN Times/Debbie Sutrisno

Emil, sapaan akrabnya, tetap meminta semua pihak di lingkup Pemprov Jabar untuk mengikuti semua proses persidangan dan hukum yang berlaku dalam perkara suap Meikarta dengan salah satu terdakwanya Bupati Bekasi nonaktif, Neneng Hasanah Yasin.

"Saya juga baca, saya juga dengar, yang pertama kita tentunya harus menghormati proses persidangan. Kalau terungkap ada informasi seperti itu berarti ya kami lihat tindaklanjuti dari aspek hukumnya," kata Emil.

2. Emil menilai Iwa seharusnya tak miliki kewenangan memberi izin

Sebelum Jadi Tersangka, Ridwan Kamil Pernah Bela Iwa KarniwaIDN Times/Galih Persiana

Lebih lanjut Emil mengatakan, selama ini Iwa Karniwa tidak ada kewenangan dengan Badan Koordinasi Penataan Ruang Daerah (BKPRD) Jawa Barat.

"BKPRD selama itu kan oleh Pak Wagub. Jadi sementara itu yang saya dapat. (Kewenangan sekretaris daerah Jawa Barat di BKPRD) Tidak ada, itu kan gubernur, gubernur memberikan kewenangan, kewenangannya dulu ke Wagub kalau urusan perizinan," kata dia.

3. Iwa kerap membantah ketika disebut dalam kasus Meikarta

Sebelum Jadi Tersangka, Ridwan Kamil Pernah Bela Iwa KarniwaInstagram/Iwa Karniwa

Meski namanya terus disebut-sebut dalam permasalahan kasus korupsi, Iwa kerap kali membantah telah menerima aliran dana untuk memuluskan proyek tersebut. Bahkan dia pun memastikan tidak pernah bertemu dengan Bupati Neneng maupun perwakilan dari Lippo Group.

"Selama urusan Meikarta ini, saya tidak pernah bertemu Bupati Neneng ataupun pihak Lippo sama sekali," kata Iwa, ketika itu.

Kemudian, ia menekankan dalam urusan Meikarta, dirinya tak punya kewenangan untuk ikut membahas. Terkait kasus ini, ia pun merasa sudah memberikan keterangan kepada penyidik KPK, beberapa waktu lalu.

“Bahkan mengikuti sekalipun rapatnya tidak pernah. Semua yang saya ketahui dan saya pahami sudah disampaikan pada penyidik KPK saat diminta memberi kesaksian beberapa waktu lalu,” ujarnya.

Topik:

  • Galih Persiana
  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya