5 Film Wabah Penyakit yang Penularannya Mirip COVID-19

Bahkan, ada yang mirip dengan kasus corona saat ini!

Maraknya wabah virus Corona saat ini, mengharuskan kita melakukan social distancing. Hal tersebut bertujuan untuk memutuskan penyebaran virus Corona yang kian merajalela.

Salah satu hal yang bisa kita lakukan saat social distancing ialah berdiam diri di rumah. Namun jangan berfikir berdiam diri di rumah merupakan hal yang membosankan! Kenapa?! Sebab, kalian masih bisa mengisi waktu kalian dengan menonton film.

Film yang bisa kalian tonton pun beragam. Namun mengikuti hal yang sedang hangat dibicarakan, film bertema wabah penyakit pun juga asik ditonton. Selain bisa dijadikan pembelajaran, kita juga bisa memetik hikmah dari film tersebut lho! Yuk, simak ulasan 5 film berikut! 

1. Contagion (2011)

https://www.youtube.com/embed/jFlglRvm2Xc

Film Contagion yang disutradarai Steven Soderbergh ini digadang - gadang sebagai film yang meramalkan terjadinya virus Corona saat ini. Alur filmnya pun menggambarkan penyebaran sebuah virus yang berbahaya serta upaya dari para peneliti maupun petugas kesehatan untuk mengidentifikasi dan mencari vaksin jenis penyakit tersebut. 

Dilihat dari sinopsisnya sih, keren ya! So, film ini wajib kalian tonton jika tidak ingin kehabisan bahan diskusi dengan teman! Hihi...

2. I Am Legend (2007)

https://www.youtube.com/embed/dtKMEAXyPkg

Aktor terkenal Will Smith merupakan pemeran utama dalam film ini. Di dalam film, Will berperan sebagai ahli virus bernama Robert Neville. Uniknya, Robert memiliki kekebalan dan sukar untuk terinfeksi. Dan dengan kelebihannya itulah ia berusaha untuk menciptakan vaksin virus tersebut sembari mencari orang - orang yang masih selamat.

Bisa kalian bayangkan bagaimana rasanya terkepung dengan banyaknya orang yang positif virus. Hmm, sereeeem!

3. Outbreak (1995)

https://www.youtube.com/embed/Y5povsMKfT4

Jika kalian pecinta film lama, Outbreak tidak ketinggalan dong pastinya! Film bencana medis Amerika Serikat ini berawal dari penyelundupan sebuah monyet dari Afrika ke California, Amerika Serikat. Mungkin karena kurangnya pengecekan, ternyata monyet - monyet ini membawa virus Motaba yang merupakan virus mematikan. Virus ini menyebabkan kematian masal di California. James Scott, pria yang menyelundupkan pun tidak sadar jika ia telah terinfeksi virus tersebut. 

Wow! Bisa kalian bayangkan sih bagaimana rasanya tidak mengetahui hal - hal yang terjadi pada tubuh kalian sendiri.

Baca Juga: Film 'Call' Segera Rilis, 7 Film yang Juga Diperankan Park Shin Hye

4. Deranged ( 2012)

https://www.youtube.com/embed/A4NjPVRuSEw

Film fiksi ilmiah ini berasal dari Korea Selatan. Film dengan judul asli Yeongasi ini disutradarai oleh Park Jung Woo. Diceritakan Jae - hyuk yang merupakan ahli farmasi bangkrut karena adiknya, Jae - pil yang seorang polisi memiliki hobi bermain saham. 

Ditengah situasi tersebut, tersiar kabar penemuan banyaknya jasad manusia yang mengambang. Hal tersebut membuat para polisi kalang kabut mengungkap kasus tersebut. Namun anehnya pada rekaman CCTV yang ada, para korban yang tewas sebelumnya berlarian dan menceburkan dirinya sendiri.

Hmm, wajib ditonton nih!

5. The Flu (2013)

https://www.youtube.com/embed/1BvKZMg2LjU

Film yang menceritakan tentang virus H5N1 atau flu burung ini melanda Bundang, Korea Selatan. Virus ini diketahui dibawa oleh kapal pengiriman barang yang ternyata membawa tumpukan mayat imigran gelap dari Filiphina. Kondisi ini mengakibatkan Kota Bundang ditutup dari dunia luar agar wabah tidak semakin menyebar.

Di akhir cerita, terjadi pertentangan antara Kementerian Pertahanan yang ingin melenyapkan virus beserta warganya dengan Presiden Korea yang ingin menemukan antibodi dan menyelamatkan warganya.

Wah, sepertinya seru ya!

Nah, itulah 5 rekomendasi film wabah penyakit yang bisa ditonton untuk mengisi waktu senggang kalian. So, mana dulu nih yang mau kalian tonton?

Baca Juga: 5 Resep Makanan Jepang di Film-film Ghibli, Bisa Bikin Sendiri!

Adella Titah Photo Writer Adella Titah

life's not a fairytale.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya