Comscore Tracker

Ambulans Pemprov DKI Jakarta Tetap Siaga di Jalan Medan Merdeka Barat 

Bukan hanya untuk pendemo

Jakarta, IDN Times - Sri Sukma Lestari terlihat kompak bersama dua petugas kesehatan pria duduk berjaga di dalam ambulans dengan semua sisi pintu terbuka. Ambulans berlambang Pemprov DKI Jakarta ini tampak terparkir di depan pintu Kementerian Pertahanan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (19/6).

Sri adalah dokter muda yang bertugas sehari- hari di Puskesmas Cideng, Jakarta Pusat. Ia menjelaskan penugasan tim kesehatan lengkap dengan ambulans hari ini di tengah kondisi Jalan Medan Merdeka Barat sudah dibuka dan lalu lintas lancar.

"Kalau kami dari Dinas Kesehatan Provinsi Jakarta memang ada arahan bahwa sesuai dengan jadwal. Jadi, memang beberapa Puskesmas dan rumah sakit umum daerah yang diharapkan," kata Sri kepada IDN Times.

Penugasan lapangan tim kesehatan DKI, kata dia, datang dari tingkatan berbeda. Seperti diketahui, itu dimulai dari Dinas Kesehatan, Suku Dinas Kesehatan hingga Puskesmas dan rumah sakit daerah.

Kehadiran mereka saat ini juga bukan tanpa sebab yang pasti. Saat ini sidang sengketa perselisihan hasil pemilihan umum (PHP) Pilpres 2019 masih berlanjut di Mahkamah Konstitusi dengan jadwal keterangan pemohon, yaitu Tim Hukum Badan Pemenangan Nasional Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sebagai calon prrsiden dan wakil presiden nomor urut 02.

"Sampai saat ini kami memang masih berjaga karena masih dalam keadaan sidang (MK), mungkin ada beberapa ketakutan kalau ada apa apa kan. Jadi, diperlukan adanya kerja sama dari beberapa instansi," ujar dia.

Tim Kesehatan Pemprov DKI Jakarta ini berjada sejak pukul 07.00 WIB hingga sore nanti, waktu yang belum ditentukan. Soal ambulans dan pelayanan kesehatan, Sri menyatakan ini bukan hanya untuk aparat keamanan yang berjaga di sepanjang Jalan Medan Merdeka Barat. Sebab, tidak tampak demonstrasi hari ini.

"Untuk semua. Bukan untuk pendemo, atau untuk petugas, tidak. Semua orang memang membutuhkan bantuan kesehatan, kami akan berikan bantuan kesehatan," tutur Sri.

Baca Juga: Sidang Hari Ketiga, Jalanan di Sekitar MK Tidak Lagi Diblokade

Topic:

  • Doni Hermawan

Just For You