Belum Ada Aksi Massa, Wakapolda Sambangi Bawaslu RI

Wahyu dan Argo masih bungkam ditanyai rencana aksi BPN 02

Jakarta, IDN Times - Wakil Kepala Polda (Wakapolda) Metro Jaya Brigjen Wahyu Hadiningrat terlihat menyambangi Gedung Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI pada Jumat (10/5) pukul 10.00 WIB.

Wahyu datang bersama Kabid Humas Metro Jaya Argo Yuwono. Mereka langsung memasuki Gedung Bawaslu RI tanpa memberikan komentar kepada pewarta.

Selang satu jam berikutnya, Tim Badan Pemenangan Nasional (BPN) 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno juga terlihat sudah datang pada pukul 11.01 WIB.

Hingga saat ini, suasana Jalan Thamrin, tepatnya di dalam dan di luar Gedung Bawaslu RI, masih kondusif. Belum terlihat pergerakan aksi massa Tim BPN yang menurut rencana akan turun siang ini.

Baca Juga: 10 Ribu Personel TNI/Polri Dikerahkan Kawal Demo Ulama di Bawaslu RI

1. Menurut agenda BPN, hari ini akan ada demo di Bawaslu RI

Belum Ada Aksi Massa, Wakapolda Sambangi Bawaslu RIIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Wahyu dan Argo bungkam seribu bahasa ketika ditemui jurnalis di Bawaslu RI. Padahal menurut rencana, Jumat (10/5) ini akan digelar demo dari kubu pasangan calon presiden Prabowo-Sandiaga di Bawaslu RI.

2. Ahmad Hanafi Rais jawab rencana agenda demo

Belum Ada Aksi Massa, Wakapolda Sambangi Bawaslu RIIDN Times/Denisa Tristianty

Calon legislatif (Caleg) dari Partai Amanat Nasional (PAN) Ahmad Hanafi Rais terlihat berada dalam satu rombongan dengan Tim BPN 02. Hanafi pun kali ini didaulat sebagai juru bicara ketika Ketua Advokasi dan Hukum BPN Sufmi Dasco mempersilakan.

"Ini kan kami datang. Ya, nanti kita lihat saja (demo atau tidak)," kata Hanafi menjawab pertanyaan IDN Times sebelum meninggalkan Gedung Bawaslu pukul 11.15 WIB.

3. BPN 02 bersiap menjalani persidangan penanganan pelanggaran

Belum Ada Aksi Massa, Wakapolda Sambangi Bawaslu RIIDN Times/Denisa Tristianty

Sementara ini, Sufmi Dasco enggan memberikan keterangan terkait agenda aksi massa siang ini. Dia bersama tim hukum BPN 02 hanya terlihat sibuk berkumpul mempersiapkan persidangan.

Menurut jadwal Bawaslu RI, Sidang Penanganan Pelanggaran dengan agenda mendengar keterangan pihak terkait dari terlapor atas laporan dugaan pelanggaran administratif Pemilu Nomkr 08/LP/PP/ADM/00.00/V/2019, akan berlangsung pada Jumat (10/5) pukul 14.00 WIB, di Ruang Sidang Bawaslu RI.

4. Ribuan aparat Kepolisian Polda Metro Jaya

Belum Ada Aksi Massa, Wakapolda Sambangi Bawaslu RItimlo.net

Meski sejak pagi hingga Jumat (10/5) siang ini belum ada pergerakan aksi massa BPN 02, Gedung Bawaslu RI dijaga ketat oleh aparat kepolisian.

Dari pantauan IDN Times, lebih dari 3 kompi Brimob terparkir di samping Gedung Bawaslu RI, tepatnya di Jalan KH.Wahid Hasyim. Keamanan ketat pun dilakukan dengan melarang kendaraan motor roda dua parkir di halaman Gedung Bawaslu RI.

"Wartawan dari pintu depan. Gak boleh dari sini, gak tau," kata seorang petugas keamanan Bawaslu RI saat ditemui IDN Times di pintu Jl. KH Wahid Hasyim.

Memang, selama proses pemungutan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 digelar, pasukan Brimob Polri membangun tenda di halaman parkir Bawaslu RI. Tetapi, hari ini jumlah pasukan diperkirakan akan bertambah.

Apalagi, pagi ini kelompok Brimob juga sempat memenuhi ruang Media Center Bawaslu RI. Mereka sempat membuat para jurnalis berada di luar ruangan, sebelum akhirnya seorang petugas keamanan Bawaslu RI meminta mereka keluar ruangan.

Baca Juga: [UPDATE] Situng KPU, Prabowo-Sandi Kalah Telak di Bali 

Topik:

  • Elfida

Berita Terkini Lainnya