Comscore Tracker

Dibantu Lazada, Nizam dan Ratusan Bayi Bibir Sumbing Operasi Gratis

Lazada bekerja sama dengan Yayasan Smile Train

Bekasi, IDN Times - Banyak orang tidak tahu bahaya bibir sumbing. Banyak pula yang tidak tahu apa penyebabnya. Widodo salah satunya. Bapak dua anak yang tinggal di Babelan, Bekasi, Jawa Barat ini mengaku tidak tahu harus membawa Nizam Alfarizqi ke mana saat lahir lima bulan lalu.

Nizam, buah hati Widodo dan istrinya, Nia Yunia, lahir dengan bibir sumbing pada Januari 2019. Nizam adalah anak kedua pasangan suami istri di Bekasi ini. Kakak Nizam juga laki-laki, tetapi tidak mengalami bibir sumbing. Dia sehat sempurna.

Baca Juga: Bupati Ismu Apresiasi KPC Eksis Tangani Bibir Sumbing 

1. Mencari informasi yayasan penyalur bantuan lewat internet

Dibantu Lazada, Nizam dan Ratusan Bayi Bibir Sumbing Operasi GratisPixabay.com/photoMix-company

Widodo dan Nia tidak hilang harapan ketika mengetahui putra kecilnya lahir dengan bibir sumbing. Walaupun di sisi lain, mereka tidak menyangka diberi keturunan dengan kelainan di bagian tubuh.

"Kami langsung mencari informasi yayasan yang dapat membantu operasi bibir sumbing anak kami dari Google. Dari Nizam usia satu bulan," kata Widodo bersama Nia saat ditemui IDN Times di Rumah Sakit Hermina Galaxy, Bekasi, Sabtu (25/5).

2. Widodo dan Nia menemukan yayasan yang dibutuhkan sang anak

Dibantu Lazada, Nizam dan Ratusan Bayi Bibir Sumbing Operasi GratisIDN Times/Denisa Tristianty

Usaha pasangan suami istri ini mendapat jawaban. Mereka menemukan yayasan yang dibutuhkan untuk membantu Nizam terbebas dari bibir sumbing. Tapi, itu setelah Nizam berusia dua bulan.

"Terus, kami lihat ada (yayasan) Smile Train. Kami langsung daftar. Hanya menunggu dua minggu, Nizam langsung dioperasi di RS Hermina Galaxy ini," lanjut Widodo dan Nia.

Soal persyaratan, menurut Nia sangat mudah. "Cuma diminta KK (Kartu Keluarga) dan KTP kami (orangtua). Tapi Nizam harus (berusia) tiga bulan, baru boleh operasi," ujar Nia.

3. Nia baru tahu penyebab bibir sumbing

Dibantu Lazada, Nizam dan Ratusan Bayi Bibir Sumbing Operasi GratisIDN Times/Denisa Tristianty

Sebagai ibu, Nia mengaku memiliki perasaan cemas. Apalagi, ia sampai tidak bisa menyusui Nizam sejak dilahirkan.

"Gak bisa kasih ASI, mungkin karena stres ya, jadi gak keluar. Nizam sumbing, kata dokter karena kurang asam folat waktu di kandungan. Jadi, saya yang kurang konsumsi asam folat kata dokter," ungkap dia.

Saat ditemui IDN Times, Nizam dalam keadaan sehat dengan kondisi bibir sudah rata seperti bibir bayi pada umumnya. Namun, perjalanan Nizam di ruang operasi belum selesai.

Sebab, kata Nia, melalui Yayasan Smile Train juga, Nizam akan dibantu untuk operasi kedua. Menurut rencana, operasi kedua nanti dijadwalkan saat Nizam berusia sepuluh bulan.

"Nanti kami daftar lagi untuk operasi langit langit mulut Nizam. Kan, bolong. Jadi, kalau dia minum, kadang masih suka keluar ke hidung," kata Nia.

Selama ini, Nizam selalu diberikan susu bayi dengan posisi selalu didudukkan agar tidak tersedak dan keluar dari hidung air susunya.

"Kalau bangun malam, ya begini juga, agak diangkat saat nyusu," kata Nia sambil menunjukkan posisi itu ketika Nizam minum susu.

Di tempat yang sama, juga hadir bayi bernama Abi Rama. Ibu dan ayah Abi Rama terlihat bahagia dan antusias terhadap layanan operasi gratis ini.

Abi Rama bernasib sama dengan Nizam. Abi juga memiliki kakak tidak berbibir sumbing seperti kakak Nizam. Ibu Abi Rama mengatakan, sempat shock di hari pertama kelahiran.

"Padahal, saya tidak kurang asam folat kata dokter. Saya juga gak tahu kenapa Abi bisa sumbing," kata Ibu Abi Rama.

4. Donasi Lazada memberikan senyum baru untuk Indonesia

Dibantu Lazada, Nizam dan Ratusan Bayi Bibir Sumbing Operasi GratisIDN Times/Denisa Tristianty

Platform belanja online nomor satu di Asia Tenggara, Lazada, mengajak pelanggan berbagi di bulan Ramadan 2019 ini. 

Head of Traffic Lazada Indonesia Haikal Bekti Anggoro mengatakan, Lazada akan memberikan bantuan kepada 200 anak terkena bibir sumbing di seluruh Indonesia. Program Lazada kali ini bernama Lazada Berkah Untuk Semua.

"Alhamdulillah Lazada Berkah Untuk Semua terkumpul Rp1 miliar dalam waktu hanya tiga hari. Jadi, tanggal 14,15,16 Mei Lazada kumpulkan donasi Rp1.000 dari setiap pembelian di atas Rp100 ribu di Lazada," kata Haikal di RS Hermina Galaxy, Bekasi.

Per Sabtu (25/5) ini, jumlah anak berbibir sumbing yang sudah dioperasi di atas angka 20. Pada hari ini saja, telah berjalan operasi bibir sumbing untuk 11 anak di Ruang Operasi Rekonstruksi RS Hermina Galaxy. 

"Semoga berkah untuk semua. Lebaran kita kali ini tidak hanya baju baru ya, tapi ada senyum baru di tengah keluarga kita," ujar Haikal kepada keluarga penerima donasi.

Dari pantauan IDN Times, acara kumpul keluarga penerima donasi Lazada dihadiri belasan keluarga anak berbibir sumbing. Tak hanya mereka yang sudah menerima pelayanan operasi, ada pula beberapa calon anak penerima donasi operasi bibir sumbing hadir bersama orangtua mereka.

Lazada bekerja sama dengan Yayasan Smile Train dan juga RS Hermina Galaxy Bekasi. Kegiatan ini juga sudah menyentuh Provinsi Aceh.

Baca Juga: Lazada Super Party Tarik 318 Juta Kunjungan

Topic:

  • Sunariyah

Just For You