Kampanye di Sentul, Jokowi Targetkan 50 Persen Suara dari Bogor

Elektabilitas Jokowi menurun di Bogor dalam sepekan terakhir

Sentul, IDN Times - Calon presiden nomor urut 01, Joko "Jokowi" Widodo, memulai orasi dengan mengingatkan massa kampanye Sentul tentang jumlah torehan suara Pemilu 2014 di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, adalah 34 persen.

Jokowi menghadiri kampanye di Lapangan Sirkuit, Sentul, mengenakan pakaian kemeja putih dengan celana jins biru tua dan sepatu hitam campur putih seperti biasanya. Orasi Jokowi hanya berlangsung sekisar 15 menit, dari jam 10.30 sampai 10.45 WIB.

1. Jokowi minta menang minimal 50 persen tahun ini di Bogor

Kampanye di Sentul, Jokowi Targetkan 50 Persen Suara dari BogorANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

"Tahun ini saya mau menang 50 persen di Bogor. Minimal, lho," kata Jokowi dari atas podium yang berada di tengah massa kampanye Lapangan Sirkuit Sentul, Bogor, Jumat (12/4).

Sebelumnya, tuan rumah tempat kampanye yaitu Ketua Dewan Pengarah Relawan Pengusaha Muda Nasional (Repnas) Kabupaten Bogor, Bahil Lahadila, mengatakan bahwa suara Jokowi dan pendampingnya, cawapres Ma'ruf Amin, mampu menguasai wilayah andalan paslon nomor urut 02, Parabowo Subianto-Sandiaga Uno, yaitu di Bogor.

Baca Juga: Dukung Jokowi, Emil: Ini Politik Rasional Saya 

2. Jokowi sebut hasil survei elektabilitas terbaru turun

Kampanye di Sentul, Jokowi Targetkan 50 Persen Suara dari BogorIDN Times/Irfan fathurohman

Meski sudah optimistis lantaran menyebutkan kumpulan massa kampanye hari ini semangat dan penuh militansi, petahana Pilpres 2019 satu ini mencoba buka torehan suara di Kabupaten Bogor dalam minggu ini.

"Nih saya buka ya, sebenarnya posisinya sudah menang kemarin, menang sedikit. Tapi, dua minggu ini kok turun? Sehingga, posisinya saat ini fifty-fifty,"  ujar mantan Wali Kota Solo ini.

Jokowi langsung mengimbau agar massa kampanye dan semua relawan yang sudah tergabung dalam Tim Kemenangan Nasional (TKN) Jokowi-Amin melakukan sesuatu demi mempertahankan kemenangan pemilihan presiden (Pilpres) pada Rabu, 17 April 2019 mendatang.

"Agar kita bisa kerja keras dalam sisa waktu 5 hari yang ada ini. Setuju?," tanya Jokowi kepada massa kampanye dengan seruan tunjukkan jari satu sebagai simbol dukungan.

"Setuju....," jawab ribuan massa kampanye Jokowi.

3. Jokowi minta dukungan seluruh kiai dan ulama lain di Bogor

Kampanye di Sentul, Jokowi Targetkan 50 Persen Suara dari Bogor

Tak hanya relawan, calon pemilih dan pendukung Jokowi dari kalangan elite juga banyak yang datang. Kehadiran sejumlah koai dan ulama setempat dianggap dapat membantunya mencari suara di Bogor.

"Saya tahu di sini hadir beberapa kiai dan ulama dari kabupaten-kabupaten dan desa-desa. Kalau beliau-beliau bergerak, saya yakin kita akan menang. Kalau tidak menang, kebangetan," kata dia. Angka minimal dikatakannya di angka 50-70 persen.

4.Obor Repnas dari Jawa Tengah dibawa ke Sentul

Kampanye di Sentul, Jokowi Targetkan 50 Persen Suara dari BogorDenisa/IDN Times

Tak banyak waktu digunakan Jokowi kampanye di Lapangan Sirkuit Sentul. Bahil kembali ke atas panggung kecil di tengah massa. Sebagai simbol, kampanye di Kabupaten Bogor diklaimnya terdapat perjuangan besar dari Repnas. 

"Ada obor yang dibawa pelari Repnas dari Jawa Tengah, jauhnya 1.000 kilometer, Pak. Demi Pak Jokowi," kata Bahil.

Baca Juga: Kampanye Jokowi di Sentul Dibuka dengan Lagu Ciptaan Ahmad Dhani

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya