Ribuan Massa Aksi dari 'Gerak' Desak Bawaslu Usut Pemilu Curang

Massa aksi berjumlah ribuan orang berdemo di depan Bawaslu

Jakarta, IDN Times - Ribuan massa aksi  memadati depan Gedung Bawaslu RI, Thamrin, Jakarta Pusat, pada Jumat (10/5) ini. Mereka rata-rata datang mengenakan dan membawa atribut berbagai organisasi masyarakat (ormas). Namun, massa aksi kali ini tergabung dalam nama Gabungan Elemem Rakyat untuk Keadilan dan Kebenaran (Gerak) inisiasi Kivlan Zein dan Eggi Sudjana.

1. Mulai aksi di depan Bawaslu pukul 13.12 WIB

Ribuan Massa Aksi dari 'Gerak' Desak Bawaslu Usut Pemilu CurangIDN Times/Denisa Tristianty

Orasi para komando aksi mulai terdengar dari dalam media center Bawaslu RI sejak pukul 13.12 WIB. Ratusan massa aksi yang terdiri dari perempuan dan laki-laki sudah berkumpul dan hampir menutup Jalan MH Thamrin.

"KPU curang, KPU curang, KPU curang," seru massa aksi Gerak memulai aksi di depan Gedung Bawaslu RI. "KPU jangan curang! Bawaslu jangan impoten!," adalah salah satu isi tuntutan aksi dalam papan aksi yang terlihat dipegang seorang massa aksi.

Baca Juga: Belum Ada Aksi Massa, Wakapolda Sambangi Bawaslu RI

2. Para perempuan di massa aksi

Ribuan Massa Aksi dari 'Gerak' Desak Bawaslu Usut Pemilu CurangIDN Times/Denisa Tristianty

Sebagian massa aksi yang merupakan para perempuan dari berbagai kalangan ini juga terlihat kompak membawa papan reklame berisi sindiran bagi kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS), PPS, dan PPK.

Reni, seorang perempuan dari massa aksi, mengaku datang dari Persatuan Emak Emak Rakyat Pendukung Prabowo-Sandi.

"Ya, kami dari Jakarta, gabungan dari berbagai daerah. Kami menuntut pelaksanaan Pemilu jangam ada yang curang," kata Reni kepada IDN Times di depan Bawaslu RI, Jumat (10/5).

Mereka juga kompak membentangkan poster bertuliskan "Lawan Pemilu Curang!!."

3. Keprihatinan KPPS tewas

Ribuan Massa Aksi dari 'Gerak' Desak Bawaslu Usut Pemilu CurangIDN Times/Denisa Tristianty

Seorang pria mengenakan pakaian kemeja batik motif hitam dasar putih dengan semangat mengecam para pihak yang hanya memandang sebelah mata para petugas KPPS meninggal dunia. 

Dia mengenalkan diri sebagai Ketua Dakwah Khusus Muhammadiyah DKI Jakarta, Muh.Naufal Duggiyo. "Saudara saudara kita yang sudah mati sampai 570 orang, itu tidak lebih mereka dianggap hanya seperti binatang. Betul?," kata Naufal dan dijawab betul oleh massa aksi.

4. Pertanyaan autopsi korban KPPS

Ribuan Massa Aksi dari 'Gerak' Desak Bawaslu Usut Pemilu CurangIDN Times/Denisa Tristianty

Naufal yang berorasi menggunakan toa itu juga mempertanyakan larangan pemerintah terkait autopsi yang dapat dilakukan para medis di seluruh penjuru Indonesia.

 "Apakah pemerintah rezim ini masih berhati manusia?," seru Naufal.

"Tidak..," jawab massa aksi.

"Sudah pasti, rezim yang berotak komunis dan Namrud sudah harus kita lawan! Siap jihad? Siap jihad?," kata Naufal dijawab massa aksi dengan teriakan lantang, "Siaaaap!".

5. Sufmi Dasco ikut berorasi di atas mobil komando

Ribuan Massa Aksi dari 'Gerak' Desak Bawaslu Usut Pemilu CurangIDN Times/Denisa Tristianty

Ketua Advokasi dan Hukum BPN, Sufmi Dasco, juga ikut berorasi dari atas mobil komando tepat di depan gerbang Bawaslu RI.

"Kami pada hari ini telah melaporkan dugaan kecurangan TSM, terstruktur, sistematis, dan masif yang dilakukan agar ASN tidak netral oleh pemerintah, dari menteri sampai kepala daerah," kata Sufmi dengan lantang sekitar pukul 14.30 WIB.

Ia pun meminta kepada massa aksi agar terus mengawal proses laporan dugaan kecurangan di Bawaslu RI. "Kita kawal terus, setuju...?," kata Sufmi dengan jawaban sepakat dari massa aksi.

Baca Juga: BPN Kembali Ajukan Laporan Kecurangan Pemilu 2019 ke Bawaslu RI 

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya