Sidak TMC Polda Metro Jaya, Ombudsman Pertanyakan CCTV 22 Mei

Rekaman CCTV yang terintegrasi ke Pemda DKI bisa jadi bukti

Jakarta, IDN Times - Ombudsman RI melakukan sidak ke dalam ruang pemantauan Traffic ManagementCenter (TMC) Polda Metro Jaya, Sabtu (8/6) pukul 19.00 WIB.

Selama kurang lebih 30 menit, sidak berlangsung di TMC Polda Metro Jaya dipimpin langsung Komisioner Ombudsman RI, Adrianus Meilala. Kegiatan hari ini bertajuk 'Pemantauan Pelayanan Publik Selama Libur Lebaran 2019.'

Kedatangan tim Ombudsman RI bersama puluhan wartawan juga membuat seorang petugas TMC kaget ketika membuka pintu ruangan sekitar pukul 18.55 WIB.

1. Integrasi ribuan CCTV dengan Pemda DKI Jakarta

Sidak TMC Polda Metro Jaya, Ombudsman Pertanyakan CCTV 22 MeiIDN Times/Denisa Tristiantt

Suasana aktif layar lebar video pantauan CCTV terus menyala dari berbagai sudut Kota Jakarta. Tetapi terlihat sedikit petugas TMC yang sedang bekerja. Dari pantauan IDN Times di ruang TMC Polda Metro Jaya pukul 19.00, beberapa petugas sedang memantau kegiatan lalu lintas di komputer yang tersedia.

Kasubag Teknologi Info TMC Polda Metro Jaya, Kompol Purwono T., menjelaskan secara singkat jumlah CCTV yang termonitor langsung dengan TMC Polda Metro Jaya.

"Kami ada tiga ribu kamera di banyak sisi daerah Jakarta ini. Semua kami pantau dari sini, dan ini juga integrasi dengan Pemda DKI," kata Purwono di RTMC Polda Metro Jaya.

2. Petugas TMC Polda dibagi tiga shift

Sidak TMC Polda Metro Jaya, Ombudsman Pertanyakan CCTV 22 MeiIDN Times/Denisa Tristianty

Meski terlihat tak banyak petugas malam ini, Purwono memastikan tim TMC terus bekerja di tengah libur bersama nasional. "Kami ada 15 petugas setiap satu shift. Kami selalu ada yang bekerja, ada tiga shift setiap harinya," ujar dia.

Baca Juga: Ombudsman Kritik Banyak PNS Cuti di Puskesmas Setiabudi 

3. Tim OPR media sosial Polda Metro Jaya pantau linimasa daring

Sidak TMC Polda Metro Jaya, Ombudsman Pertanyakan CCTV 22 MeiIDN Times/Denisa Tristianty

Selain itu, ruang TMC Polda Metro Jaya ini dilengkapi dengan beberapa komputer khusus Operator (OPR) Media Sosial (Medsos). Terlihat beberapa komputer memonitor lini massa Twitter saat sidak Ombudsman RI kali ini.

"Ya, media sosial Twitter kami ada 7,5 juta followers, Facebook ada 550 ribu. Semua laporan masyarakat kami terima dan tindaklanjuti dari sini. Kami juga pantau langsung dari lapangan, diinformasikan lagi lewat medsos ini," terang dia.

4. Meja bertingkat untuk tamu undangan

Sidak TMC Polda Metro Jaya, Ombudsman Pertanyakan CCTV 22 MeiIDN Times/Denisa Tristianty

Di belakang meja petugas TMC Polda Metro Jaya tampak pula ada meja bertingkat. Ternyata, itu bukan tempat duduk para petugas Kepolisian Dirlantas Polda Metro Jaya saat memantau lalu lintas Jakarta.

"Oh, ini untuk anak-anak sekolah yang datang. Anak TK juga pernah datang ke sini. Mereka ikut belajar dan bagian dari sosialisasi kami," ucapnya.

5. Adrianus ungkap hasil sidak dengan wacana pinjam rekaman video

Sidak TMC Polda Metro Jaya, Ombudsman Pertanyakan CCTV 22 MeiIDN Times/Denisa Tristianty

Usai melakukan sidak dengan banyak tanya bersama Purwono selaku penanggung jawab Ruang TMC, Adrianus menanyakan integrasi CCTV TMC Polda Metro-Pemda DKI.

"Kalau benar terintegrasi dengan Pemda DKI dari 3 ribu unit CCTV yang ada ini, kok Pemda bilang gak ada saat ditanya kerusuhan 22 Mei lalu? Nah kalau memang terintegrasi, boleh nanti kami pinjam video untuk kasus yang sudah bergulir dari kerusuhan itu?," tanya Adrianus.

Baca Juga: Ombudsman Tolak Undangan Ditjen PAS KPK Terkait Sidak

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya