Comscore Tracker

Induk Ular Kobra Dievakuasi di Jeruk Purut, Sempat Semburkan Bisa

Induk ular kobra ditemukan pemilik warung di atas laci

Jakarta, IDN Times - Evakuasi terhadap induk ular kobra di kawasan Jeruk Purut, Cilandak Timur, Jakarta Selatan, Kamis (18/12) dini hari. Evakuasi tersebut dilakukan oleh Petugas Suku Dinas (Sudin) Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) Sektor Pasar Minggu.

1. Induk ular kobra ditemukan di dalam warung milik warga

Induk Ular Kobra Dievakuasi di Jeruk Purut, Sempat Semburkan Bisa(Petugas dinas pemadam kebakaran melakukan evakuasi seekor ular King Kobra (Ophiophagus Hannah) saat ditemukan di kawasan permukiman warga Jakasampurna, di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (12/12)) ANTARA FOTO/Risky Andrianto

Seperti yang dilansir dari Antara, Komandan Pleton Sudin PKP Sektor Pasar Minggu Grup C, Ruwanto mengatakan evakuasi dilakukan Kamis dini hari sekitar pukul 01.30 WIB. Penemuan induk ular kobra itu berada di Jalan Benda Atas, RT 07 RW 03 Jeruk Purut, Cilandak Timur, Pasar Minggu.

"Ular itu ditemukan di atas laci warung oleh Bapak Umar, pemilik warung," ucap Ruwanto.

Baca Juga: Dalam 17 Hari, 63 Ular Kobra Berhasil Dievakuasi dari Kota Bekasi

2. Proses evakuasi dilakukan tim penyelamatan

Induk Ular Kobra Dievakuasi di Jeruk Purut, Sempat Semburkan BisaPetugas dinas pemadam kebakaran melakukan evakuasi seekor ular King Kobra (Ophiophagus Hannah) saat ditemukan di kawasan permukiman warga Jakasampurna, di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (12/12). ANTARA FOTO/Risky Andrianto

Tim penyelamatan sektor Pasar Minggu menurunkan 10 personelnya yang merupakan gabungan dari Sektor XI dan Jeruk Purut.

Personel itu dilengkapi peralatan yang sesuai dengan SOP, seperti sarung tangan, tongkat besi, dibantu dengan peralatan lainnya seperti tongkat bambu dan topi caping.

Ular berwarna gelap dengan panjang satu meter berhasil dievakuasi dari tumpukan galon yang ada di dalam warung.

"Saat kejadian ular sempat menyemburkan bisa dua kali mengenai kening Pak Umar," kata Ruwanto.

Setelah berhasil ditangkap ular tersebut diberi lakban transparan untuk menutup mulutnya agar tidak menyerang dan mengeluarkan bisa.

3. Penemuan ular kobra di wilayah Kecamatan Pasar Minggu Jakarta Selatan bukan kali pertama

Induk Ular Kobra Dievakuasi di Jeruk Purut, Sempat Semburkan BisaLima baby ular kobra ditangkap petugas Damkar Kota Bekasi di gudang pabrik di KH Agus Salim 22 RT 1 /08, Kelurahan Bekasi Jaya, Bekasi Timur, Kota Bekasi pada Selasa (17/12) (Dok. Damkar Bekasi)

Ada tiga kejadian penemuan ular yang terjadi di Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Pertama, Sabtu (14/12) penemuan di wilayah Cilandak Timur, komplek perumahan ditemukan sebanyak lima ekor anak kobra di antara tumpukan kardus, salah satunya mati terinjak.

Kejadian kedua, Senin (16/12) tiga ekor anak kobra ditemukan di rak-rak rumah warga di Jalan B Rawa Bambu I RT 08 RW 06.

Dari tiga kejadian penemuan ular kobra, total sudah ada delapan anak kobra dan satu ekor induk kobra yang berhasil di evakuasi dari pemukiman warga di Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Ular-ular tersebut diamankan di Markas Sudin PKP Sektor Pasar Minggu, petugas setempat berharap ada komunitas atau Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) yang datang untuk mengambil ular tersebut.

Baca Juga: Kisah Mistis di Balik Penemuan 30 Cangkang Telur Ular Kobra di Bekasi

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya