AMSI Catat Korban Tewas Longsor Natuna Capai 32 Orang

Masih banyak korban yang tertimbun

Jakarta, IDN Times - AMSI mencatat ada sebanyak 32 korban tewas akibat longsor yang terjadi di Natuna, Kepulauan Riau (Kepri).

Hal tersebut disampaikan Pengurus AMSI Kepri Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Advokasi, Riky Rinovsky, dilansir dari laporan AMSI, Jumat (10/3/2023).

Menurut Riky, kondisi di lapangan menunjukkan bahwa petugas penyelamat bergerak menemukan lebih banyak mayat yang terkubur di bawah tonan lumpur pascalongsor yang terjadi di Kampung Genteng, Desa Pangkalan, Kecamatan Serasan, Kabupaten Natuna, Kepri.

"Hingga Kamis, 9 Maret 2023 ini, korban meninggal ditemukan sebanyak 32 orang sementara itu diperkirakan masih ada puluhan lagi yang belum ditemukan," kata Riky dalam laporannya.

Baca Juga: Polri Identifikasi 12 Korban Longsor Natuna, 45 Masih Hilang

1. 22 korban masih di bawah reruntuhan

AMSI Catat Korban Tewas Longsor Natuna Capai 32 OrangTanah longsor terjadi Kecamatan Serasan, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Senin (6/3/2023) (dok. BNPB)

Riky mengatakan, masih ada 22 korban yang masih berada di bawah reruntuhan material longsor.

Tim SAR gabungan juga menemukan korban meninggal yang tertimbun longsor di Desa Pangkalan, Kecamatan Serasan, Kabupaten Natuna.

"Korban berjenis kelamin laki-laki dan ditemukan dalam posisi tertelungkup dan tertimbun tanah. Petugas langsung mengevakuasi korban dengan memasukkan ke kantong jenazah," kata dia.

Per Kamis (9/3/2023) pukul 18.30 WIB, ujar Riky, Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi 11 orang korban meninggal dunia tanah longsor di Serasan tersebut.

Baca Juga: Evakuasi Korban Longsor Natuna, Polri Kerahkan 145 Personel

2. Terkendala cuaca

AMSI Catat Korban Tewas Longsor Natuna Capai 32 OrangTanah longsor terjadi Kecamatan Serasan, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Senin (6/3/2023) (dok. BNPB)

Sementara itu, Kepala Kantor SAR Natuna, Abdul Rahman, mengatakan cuaca yang masih berubah-ubah menjadi kendala dalam proses evakuasi dan pencarian.

Padahal, pencarian sudah memasuki hari keempat.

"Kondisi medan, tanah terdapat banyak puing-puing bangunan serta tumbangan pohon-pohon besar ditambah kondisi tanah juga basah dan berlumpur menjadi sedikit penghalang bagi Tim SAR gabungan untuk menemukan dan mengevakuasi korban," kata dia.

Baca Juga: Kepala BNPB: 11 Korban Longsor Natuna Meninggal, 47 Orang Hilang

3. Data BNPB 15 orang tewas

AMSI Catat Korban Tewas Longsor Natuna Capai 32 OrangTanah longsor terjadi Kecamatan Serasan, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Senin (6/3/2023) (dok. BNPB)

Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat sebanyak 15 orang meninggal dunia, 35 orang hilang, dan 1.300 jiwa mengungsi akibat longsor di Kampung Genteng, Desa Pangkalan, Kecamatan Serasan, Kabupaten Natuna pada hari Senin (6/3/2023).

BNPB menyebut, tingginya curah hujan, kondisi tanah yang labil, dan area perbukitan dengan kemiringan yang curam menjadi beberapa faktor pemicu terjadinya bencana tanah longsor tersebut.

Longsor itu setidaknya mengubur 30 rumah di desa tersebut.

Baca Juga: Tanah Longsor di Natuna, 10 Orang Meninggal Dunia

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya