Jepang Hibahkan 300 Unit Refrigerator Vaksin ke Indonesia

Jepang hibah untuk dukung sistem kesehatan Indonesia

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 300 unit alat refrigerator vaksin dihibahkan oleh Pemerintah Jepang kepada Indonesia. Bantuan tersebut diberikan Jepang untuk mendukung program vaksinasi COVID-19 di Tanah Air.

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin menerima langsung bantuan yang dikirim melalui Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara itu, Minggu (26/6/2022).

Menurut Budi, fasilitas logistik merupakan salah satu kunci keberhasilan Indonesia dalam menjalankan program vaksinasi COVID-19.

"Kenapa Indonesia sukses melaksanakan vaksinasi dalam 17 bulan sudah mencapai 415 juta suntikan ke lebih dari 205 juta orang? Salah satunya karena logistik," kata Budi, dikutip dari ANTARA, Minggu.

1. Alat penyimpanan vaksin bekontribusi 15 persen

Jepang Hibahkan 300 Unit Refrigerator Vaksin ke Indonesiailustrasi vaksin COVID-19 (IDN Times/Aditya Pratama)

Budi mengatakan, ketersediaan logistik berupa refrigerator atau alat penyimpanan vaksin tersebut berkontribusi sebanyak 15 persen untuk persiapan negara menggelar vaksinasi.

"Selama pandemik COVID-19, sistem kesehatan di Indonesia diperkuat dengan adanya tempat penyimpanan vaksin rantai dingin berkisar 82 minus derajat Celcius yang ideal untuk negara tropis," katanya.

Dengan demikian, Kementerian Kesehatan pun disebutkannya dapat melayani dan mendistribusikan vaksin COVID-19 ke 17.000 pulau dan 270 juta penduduk Indonesia.

Baca Juga: Mengenal Jenis Vaksin, Mulai dari Vaksin Hidup hingga Vaksin Vektor

Baca Juga: Datang ke Jakarta Fair 2022 Bisa Sekalian Vaksin COVID-19

2. Jepang dukung Indonesia wujudkan ketahanan sistem kesehatan global

Jepang Hibahkan 300 Unit Refrigerator Vaksin ke IndonesiaPresiden Joko Widodo menyampaikan pidatonya pada sesi KTT G20 yang membahas soal ekonomi dan kesehatan global di La Nuvola, Roma, Italia, pada Sabtu (30 /10/2021). Presiden Joko Widodo mengajak semua negara untuk memperkuat arsitektur kesehatan global. (ANTARA/HO-Biro Pers Setpres/Laily Rachev/am)

Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kanasuki Kenji yang hadir dalam serah terima bantuan tersebut mengatakan, bantuan 300 unit alat refrigerator vaksin diberikan untuk mendukung Indonesia mewujudkan ketahanan sistem kesehatan global.

Apalagi, katanya, vaksin merupakan kunci utama suatu negara dalam menghadapi tantangan pandemik COVID-19.

"300 unit refrigerator vaksin telah terdistribusi sejak dua hari lalu dan lebih banyak lagi yang akan datang tahun ini untuk memastikan vaksin COVID-19 di seluruh negara berjalan baik," ujar Kenji.

3. Jepang alokasikan 7 juta dosis vaksin untuk Indonesia

Jepang Hibahkan 300 Unit Refrigerator Vaksin ke IndonesiaSatu juta vaksin Sinopharm tiba di Tanah Air yang merupakan kedatangan vaksin tahap ke-16, Jumat (11/6/2021) siang. (Dok. Kominfo)

Kenji mengatakan, sejauh ini Jepang telah mengalokasikan hampir 7 juta dosis vaksin COVID-19 untuk Indonesia.

"Pemerintah Indonesia saat ini telah memiliki ketersediaan vaksin yang aman untuk penduduknya," katanya.

Baca Juga: Survei FJPI: Jurnalis Perempuan Alami Beban Ganda Saat Pandemik COVID

Baca Juga: Kemen PPPA: 86 Persen Wirausaha Perempuan Terdampak Negatif COVID-19 

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya