Lahan Terbatas di Sekolah Jakarta Utara Didorong Jadi Urban Farming

Urban farming bagus untuk diterapkan di semua sekolah

Jakarta, IDN Times - Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim mendorong lahan terbatas di lingkungan sekolah dimanfaatkan untuk urban farming.

Hal tersebut seperti yang dilakukan di SMAN 13 Jakarta yang memanfaatkan lantai atas Masjid Ath-Thalabah di sekolah itu.

"Lahan terbatas yang tersedia di lingkungan sekolah bisa dimanfaatkan sebagai lokasi pengembangan konsep pertanian perkotaan atau urban farming. Ini bagus untuk diterapkan di semua sekolah," kata Ali saat meninjau ke lokasi, Jumat (4/11/2022), dikutip dari siaran pers.

Baca Juga: Hadapi Musim Hujan, SDA Penjaringan Jakut Perbaiki Drainase

1. Kegiatan menanam dimulai sejak dini

Lahan Terbatas di Sekolah Jakarta Utara Didorong Jadi Urban FarmingRooftop garden di SMAN 13 Jakarta. (Dok. Humas Pemkot Jakarta Utara)

Menurut Ali, kegiatan menanam bisa dimulai sejak dini. Salah satunya dengan memanfaatkan lahan di sekolah atau di rumah masing-masing.

"Saat menanam, mereka akan merasa gembira dan setelah panen hasilnya bisa dinikmati bersama-sama. Ini bisa menjadi satu kekuatan pangan di keluarga tersebut," ujarnya.

2. Urban farming dengan menanam beragam jenis tanaman

Lahan Terbatas di Sekolah Jakarta Utara Didorong Jadi Urban FarmingAnggur hasil urban farming di SMAN 13 Jakarta. (Dok. Humas Pemkot Jakarta Utara)

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 13 Jakarta, Tuti Sukarni, mengatakan, di area rooftop garden SMAN 13 Jakarta menanam beragam jenis tanaman.

Mulai dari anggur, jambu air, jeruk, kedondong, dan masih banyak lagi. Bahkan untuk anggur, terdapat tiga jenis yang ditanam yaitu Julian, Jupiter, dan Ninel.

"Ini selalu panen setiap bulannya secara bergantian karena ada 11 batang tanaman anggur. Insyaallah, bulan Desember kami akan panen lebih banyak lagi," kata dia.

Baca Juga: SiPetani, Solusi Urban Farming dan Adaptasi Perubahan Iklim Warga DKI

3. Urban farming untuk edukasi para murid

Lahan Terbatas di Sekolah Jakarta Utara Didorong Jadi Urban FarmingWali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim saat panen anggur di rooftop garden SMAN 13 Jakarta, Jumat (4/11/2022). (Dok. Humas Pemkot Jakarta Utara)

Lebih lanjut Tuti mengatakan, pengembangan konsep urban farming di lingkungan sekolahnya karena ia ingin mengedukasi para murdi untuk lebih mencintai lingkungan sekitar.

"Hanya dengan menggunakan wadah pot saja tapi sudah bisa berbuah banyak dan ini akan memacu mereka untuk gemar menanam," ucap dia.

Baca Juga: Pelajar di Jakarta Utara Kedatangan Bus Anti Korupsi

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya