Comscore Tracker

Masyarakat Harus Pakai Masker Lagi Walau Level COVID-19 Indonesia Aman

Kasus COVID-19 di Indonesia mencapai 2.000 per hari

Jakarta, IDN Times - Masyarakat kembali diminta untuk memakai masker menyusul kenaikan kasus COVID-19 di Tanah Air belakangan ini.

Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, mengatakan, masyarakat harus tetap kembali memakai masker walaupun WHO menilai bahwa kasus positif COVID-19 di Indonesia masih dalam level aman.

"Presiden mengimbau (memakai masker lagi), karena sekarang sedang ada kenaikan kasus. Lebih baik kita waspada," kata Budi, Selasa (12/7/2022), dikutip dari ANTARA.

1. Skala kasus positif COVID-19 capai 2.000 per hari

Masyarakat Harus Pakai Masker Lagi Walau Level COVID-19 Indonesia AmanWarga beraktivitas menggunakan masker di kawasan Bunderan Hotel Indonesia, Jakarta, Senin (2/3/2020) (ANTARA FOTO/Galih Pradipta/ama)

Budi mengatakan, saat ini kasus COVID-19 di Indonesia kembali mencapai angka 2.000 per hari. Padahal sebelumnya, jumlah kasus positif harian hanya berjumlah ratusan saja.

Meskipun mencapai 2.000 per hari, tetapi menurut Budi jumlah tersebut masih berada pada level aman berdasarkan standar yang ditetapkan WHO.

"Dalam standar WHO itu, level Indonesia akan berubah jika kasus positif harian menyentuh 7.800. Sekarang kan masih 2.000-an, selama masih di bawah 7.800 masih level satu, kondisinya masih sangat baik dan normal," ujar Budi.

Baca Juga: Data Lengkap Kasus COVID-19 di Indonesia Selasa, 12 Juli 2022 

Baca Juga: [UPDATE] Hari Ini Kasus Baru COVID-19 di RI Bertambah 3.361

2. Masyarakat diminta ikuti arahan Presiden

Masyarakat Harus Pakai Masker Lagi Walau Level COVID-19 Indonesia Amanilustrasi mobilitas warga di tengah pandemi COVID-19 (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Budi tetap mengimbau masyarakat untuk mengikuti arahan Presiden Joko "Jokowi" Widodo agar kembali mengenakan masker dalam setiap kegiatan.

Budi bahkan mengaku sempat dihubungi Jokowi untuk menanyakan kondisi pandemik COVID-19 dan upaya yang perlu diterapkan. Salah satunya tentang penggunaan masker yang kembali digaungkan.

3. Jokowi minta masyarakat kembali gunakan masker

Masyarakat Harus Pakai Masker Lagi Walau Level COVID-19 Indonesia AmanPresiden Jokowi bersama dengan Istrinya Ibu Iriana (Dok. IDN Times/Biro Pers Kepresidenan)

Pada Minggu (10/7/2022), Presiden Jokowi meminta masyarakat untuk kembali memakai masker baik di dalam maupun di dalam ruangan.

Masyarakat juga dimintanya untuk berhati-hati, mengingat munculnya varian baru COVID-19.

"Saya ingin mengingatkan, COVID-19 masih ada. Oleh sebab itu, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan, memakai masker adalah masih sebuah keharusan," katanya.

Baca Juga: [LINIMASA-10] Perkembangan Terkini Pandemik COVID-19 di Indonesia

Baca Juga: [LINIMASA-5] Perkembangan Terkini Vaksinasi COVID-19 Indonesia

Topic:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya