Comscore Tracker

Menko PMK Jadi Irup HUT ke-77 RI di Ponpes Ngruki, Ba'asyir Ikut Hadir

Muhadjir Effendy memenuhi undangan Ponpes Al Mukmin Ngruki

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, menjadi Inspektur Upacara HUT ke-77 RI yang digelar di Pondok Pesantren (Ponpes) Al Mukmin Ngruki, Sukoharjo, Jawa Tengah, Rabu (17/8/2022).

Dalam kesempatan itu, Muhadjir meminta para santri tetap mengimbangi ilmu agama dan ilmu pengetahuan umum dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut dinilainya merupakan cara terbaik untuk mengisi kemerdekaan Republik Indonesia.

"Saya yakin kalau itu dilakukan maka kalian semua bisa berhasil. Tidak ada halangan bagi para santri untuk berhasil, bisa jadi polisi, tentara, pejabat negara. Tidak ada halangan juga bagi kalian untuk menjadi Presiden mencapai cita-cita," ujar Muhadjir dalam amanatnya, dikutip dari siaran pers.

Baca Juga: Kepala Badan Otorita Pimpin Upacara HUT RI ke 77 di IKN Nusantara

1. Silaturahmi dengan Ustaz Abu Bakar Ba'asyir

Menko PMK Jadi Irup HUT ke-77 RI di Ponpes Ngruki, Ba'asyir Ikut HadirMenko PMK, Muhadjir Effendy, saat menyalami pendiri Ponpes Al-Mukmin Ngruki, Ustaz Abu Bakar Ba'asyir di ponpes tersebut, Rabu (17/8/2022). (dok. Humas Kemenko PMK)

Usai upacara, Muhadjir bersilaturahmi dengan pendiri Ponpes Al Mukmin Ngruki, yakni Ustaz Abu Bakar Ba'asyir yang juga menghadiri upacara.

Momen kehadiran Ba'asyir menjadi sorotan tersendiri mengingat dirinya dianggap memiliki keterkaitan dalam aksi terorisme dan menolak Pancasila dan pemerintahan Indonesia.

Saat menjalani hukuman, ia juga pernah menolak menandatangani kesetiaan pada Pancasila ketika dalam pembebasan bersyarat yang diberikan padanya beberapa tahun lalu.

Ba'asyir sendiri baru bebas murni dari hukumannya pada Januari 2021.

Selain bersilaturahmi dengan Ba'asyir, Muhadjir juga melakukan peninjauan ke sejumlah tempat di pesantren tersebut. Antara lain ke Balai Pengobatan Ponpes Al Mukmin Ngruki.

Baca Juga: Sejarah, Abu Bakar Ba'asyir Ikut Upacara HUT RI ke-77 di Ponpes Ngruki

2. Memberikan lambang Garuda Pancasila

Menko PMK Jadi Irup HUT ke-77 RI di Ponpes Ngruki, Ba'asyir Ikut HadirMenko PMK, Muhadjir Effendy saat menghadiri upacara HUT ke-77 RI di Ponpes Al Mukmin Ngruki, Sukoharjo, Jawa Tengah, Rabu (17/8/2022). (dok. Humas Kemenko PMK)

Tak hanya itu, Muhadjir juga sempat memberikan lambang Garuda Pancasila kepada Direktur Ponpes Al Mukmin Ngruki, Ustaz Yahya.

Selain itu, pihaknya juga memberikan bantuan berupa Al-Qur'an, buku-buku agama dan pengetahuan umum, serta alat kesehatan seperti oksimeter untuk ponpes.

3. Ponpes Al Mukmin Ngruki buktikan cinta NKRI

Menko PMK Jadi Irup HUT ke-77 RI di Ponpes Ngruki, Ba'asyir Ikut HadirPara santri Ponpes Al Mukmin Ngruki, Sukoharjo, Jawa Tengah jadi petugas upacara dalam upacara HUT ke-77 RI yang dipimpin Menko PMK, Muhadjir Effendy, Rabu (17/8/2022). (dok. Humas Kemenko PMK)

Sementara itu, Direktur Ponpes Al Mukmin Ngruki, Ustaz Yahya mengatakan, tujuan upacara HUT ke-77 RI dengan mengundang Menko PMK merupakan pembuktian bahwa ponpes yang dipimpinnya mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Ini untuk membuktikan bahwa Ponpes mencintai NKRI dan upacara besar ini merupakan upaya Bapak Dandim, Kapolres, Danramil. Kami maunya sederhana saja tapi kata beliau besarkan sekalian biar dunia melihat kalau kita bukan anti-NKRI," ucapnya.

Adapun pelaksanaan upacara HUT ke-77 RI tersebut melibatkan Kodim dan Polres Sukoharjo sebagai pelatih seluruh perangkat upacara yang terdiri dari para santri laki-laki.

Mulai dari latihan baris berbaris hingga pengibaran bendera.

Baca Juga: Ini yang Akan Dilakukan Abu Bakar Ba'asyir di Ngruki Setelah Bebas

Topic:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya