Motif Pembunuhan Berantai Wowon Cs: Kuasai Harta untuk Jadi Kaya 

Sudah ada 9 orang korban

Jakarta, IDN Times - Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran, mengatakan, motif Wowon Cs melakukan pembunuhan berantai adalah menipu untuk menguasai harta para korban. Hal itu berdasarkan pengakuan dari tersangka.

"Mereka melakukan serangkaian pembunuhan atau biasa disebut serial killer dengan motif janji-janji yang dikemas dengan kemampuan supranatural untuk buat orang jadi sukses atau kaya," kata Fadil dalam konferensi pers yang digelar Kamis (19/1/2023), dikutip dari ANTARA, Minggu (22/1/2023).

Dalam melakukan aksi serial killer atau pembunuhan berantai, Wowon melakukannya bersama Solihin alias Duloh dan Dede Solehudin.

Baca Juga: Wowon Cs Kubur Tiga Korbannya di Pekarangan Rumah di Cianjur

1. Ada 9 orang jadi korban

Motif Pembunuhan Berantai Wowon Cs: Kuasai Harta untuk Jadi Kaya Ilustrasi Tersangka Pembunuhan (IDN Times/Aditya Pratama)

Polda Metro Jaya mengungkap 9 orang tewas atas kasus pembunuhan berantai yang dilakukan komplotan Wowon Erawan alias Aki. Para korban ditemukan di Bekasi dan Cianjur.

Ada tiga orang korban yang ditemukan di Bekasi. Mereka adalah Ai Maemunah, Ridwan Abdul Muiz, dan M Riswandi.

Kemudian, terdapat lima orang korban yang ditemukan di Cianjur, yaitu Wiwin (istri Wowon), Bayu (anak Wowon), Noneng (mertua Wowon), dan Halimah (istri Wowon lainnya). Halimah diketahui dibunuh oleh Solihin alias Duloh.

Selain itu, di Garut ditemukan satu orang korban yang dibuang ke laut oleh komplotan Wowon. Belakangan, korban tersebut diketahui bernama Siti yang dibunuh di Cianjur.

Adapula seorang Tenaga Kerja Wanita (TKW) bernama Farida yang juga dibunuh di Cianjur.

"Jadi, korban tewas sementara berjumlah 9 orang," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, dikutip dari ANTARA, Minggu.

Baca Juga: Polisi: Korban Tewas Pembunuhan Wowon Cs Jadi 9 Orang

2. Wowon punya enam istri

Motif Pembunuhan Berantai Wowon Cs: Kuasai Harta untuk Jadi Kaya Ilustrasi menikah (IDN Times/Alfisyahrin Zulfahri Akbar)

Wowon tak segan-segan membunuh keluarganya, termasuk para istrinya. Wowon yang diketahui memiliki 6 istri, telah membunuh 3 di antaranya.

Keenam istri Wowon itu adalah Wiwin, Ende, Heni, Iis, Halimah, dan Ai Maemunah.

Diketahui, Halimah merupakan ibu dari Ai Maemunah. Ia tewas dibunuh oleh rekan Wowon, Duloh di Cianjur.

Istri Wowon yang bernama Wiwin juga dibunuh dan dikubur di satu lubang yang sama dengan ibunya atau mertua Wowon, bernama Noneng.

Baca Juga: Polisi Ungkap Kronologi Penangkapan Pembunuh Berantai Wowon Cs

3. Berawal dari temuan tiga orang keluarga tewas diracun

Motif Pembunuhan Berantai Wowon Cs: Kuasai Harta untuk Jadi Kaya Ilustrasi korban pembunuhan (IDN Times/Sukma Shakti)

Kasus pembunuhan berantai yang dilakukan Wowon ini terkuak ketika ditemukan 3 orang dari 5 anggota keluarga tewas diracun di Bekasi pada Kamis (12/1/2023).

Ketiga orang itu adalah Ai Maemunah dan dua anaknya, Abdul Muiz serta M Riswandi. Mereka merupakan istri dan anak Wowon.

Menurut Fadil, mereka dibunuh karena dianggap berbahaya setelah mengetahui praktik kejahatan yang dilakukan Wowon dan komplotannya.

Baca Juga: 5 Fakta di Balik Pembunuhan Berencana Wowon Cs

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya